Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Perbedaan Unix dan Linux yang Perlu Diketahui

2 min read

Perbedaan unix dan linux

Tidak banyak orang yang mengetahui perbedaan Unix dan Linux. Padahal, sangat penting untuk membedakan keduanya. Terlebih keduanya merupakan sistem operasi yang sudah cukup dikenal serta digunakan oleh kebanyakan orang. Tanpa sistem operasi tersebut komputer tidak bisa berjalan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan os linux

Apabila melihat perbedaannya secara umum, maka saat Anda menggunakan komputer pribadi kebanyakan penggunaan Unix menghabiskan penyimpanan hardisk. Berbeda dengan Linux yang tidak terlalu memakan ruang penyimpanan komputer. Terlebih, Linux juga memiliki fitur yang cukup lengkap.

Apa itu Unix?

Perlu Anda ketahui bahwa Unix merupakan salah satu sistem operasi perangkat lunak yang sudah dikembangkan oleh Bell Labs sejak tahun 1970. Pengembangnya adalah Dennis Ritchie, Ken Thompson, dan beberapa tokoh yang lainnya. Saat ingin menggunakannya, maka perlu mendapatkan lisensi dahulu.

Pasalnya, Unix termasuk sebagai perangkat lunak proprietary. Dengan begitu, tidak tersedia secara gratis. Sistem operasi ini sendiri terbilang cukup populer dan dapat diandalkan. Terlebih, beberapa perusahaan IT juga sudah berhasil mengembangkan sistem operasi tersebut hingga terdapat beberapa versi.

Cara utama saat ingin berkomunikasi menggunakan sistem operasi Unix adalah dengan memanfaatkan CLI atau Command Line Interface. Akan tetapi, baru-baru ini sudah menyediakan GUI. Hanya saja, kebanyakan pengguna Unix lebih menyukai ketika mereka memakai CLI.

Apa itu Linux?

Berbeda dengan Unix, Linux merupakan salah satu sistem operasi yang sudah dikembangkan sejak tahun 1991. Yakni oleh Linus Torvalds yang membangun berdasarkan kernel MINIX. Kemudian, ia juga menambahkan GUI dan driver. Sampai akhirnya Linux tersebut sudah mengubah tren teknologi komputer.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft windows

Terlebih Linux juga dibuat bukan hanya dapat dijadikan sebagai sistem operasi yang bersifat open source. Akan tetapi, ia juga menjadi sistem operasi yang mudah digunakan, ringan, gratis, serta kompatibel untuk berbagai jenis hardware. Tidak heran jika ada banyak orang yang menggunakannya.

Awal kemunculan Linux sendiri dijadikan sebagai sistem operasi yang bersifat personal. Seiring berkembangkan Linux, maka ia tumbuh dengan kualitas yang baik sehingga sudah mulai digunakan oleh kantor-kantor, server, dan lain sebagainya.

Perbedaan Unix dan Linux

Setelah mengetahui apa itu Unix dan Linux, maka kini waktunya Anda untuk mengetahui apa saja perbedaan antara kedua sistem operasi tersebut. Dengan begitu, nantinya akan jauh lebih mudah untuk membandingkan saat ingin menggunakan salah satu diantaranya. Di bawah ini beberapa perbedaan yang bisa diketahui:

1. Biaya Unix dan Linux

Perbedaan pertama yang bisa Anda lihat antara Unix dan juga Linux adalah mengenai biayanya. Perlu diketahui bahwa Linux tersedia secara open source sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Hal ini berarti, siapa saja yang ingin menggunakannya hanya perlu mengunduh salinan Linux di internet gratis.

Akan tetapi, untuk versi server besarnya diperlukan sejumlah biaya. Sementara itu, Unix merupakan salah satu sistem operasi yang terbilang cukup mahal. Anda bahkan perlu menyiapkan sejumlah uang untuk menggunakannya. Terlebih setiap versi Unix juga mempunyai nominal harga yang tidak sama.

2. Tingkat Keamanan

Dari kedua sistem operasi tersebut, manakah yang paling aman? Pada dasarnya, baik Linux maupun Unix terbilang cukup rentan terhadap adanya ancaman keamanan yang berbeda. Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa Linux terbilang jauh lebih aman dibandingkan dengan Unix.

Pasalnya, Linux memakai kata sandi yang dapat dikelola dari jarak jauh sekalipun. Selain itu, bug yang ada pada Linux juga dapat dilaporkan pengguna dan pengembang dengan cara yang mudah. Sementara itu, hal tersebut tidak dapat terjadi pada Unix.

3. Basis Pengguna dan Portabilitas

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang dapat digunakan oleh siapa saja. Untuk userbasenya sendiri terdiri dari komputer biasa yang biasa digunakan sebagai pemrogram berpengalaman. Sementara Unix dapat digunakan pada server internet, workstation, ataupun komputer.

Baca juga : metode cepat cara menghilangkan password windows

Sementara itu, jika melihat dari segi portabilitasnya dapat dikatakan bahwa Linux menjalankannya dengan baik. Sistem operasi tersebut terbilang sangat portabel dengan begitu bisa dilakukan boot dari stik USB. Berbeda dengan Unix yang terlihat lebih kaku pasalnya tidak portabel.

4. Kode Sumber dan Pasaran

Perlu diketahui bahwa Linux merupakan sistem operasi dengan sifatnya yang open source. Untuk kode sumbernya sendiri tersedia bagi masyarakat secara umum. Siapa saja bisa melihat kode sumber yang dipakai agar dapat menjalankan sistem. Sedangkan kode sumber pada Unix tidak tersedia untuk umum.

Untuk pasaran atau pangsa pasar merupakan sejumlah orang yang memakai sistem operasi tertentu. Linux sendiri memiliki pangsa pasar yang terbilang jauh lebih besar dari Unix. Pasalnya, sistem operasi tersebut sudah diinstal hingga lebih dari 25 juta di seluruh dunia.

Penutup

Jadi, manakah sistem operasi yang akan digunakan? Anda bisa mengetahui perbedaan Unix dan Linux yang sudah dijelaskan di atas. Kedua sistem operasi tersebut pada dasarnya memiliki kelebihan dan keterbatasannya masing-masing sehingga pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan.

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat saya yang dapat saya bagikan kepada Anda mengenai beberapa perbedaan unix dan linux yang perlu Anda ketahui. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.