Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Tutorial Adobe Illustrator Dasar untuk Pemula

2 min read

Tutorial Adobe Illustrator Dasar untuk Pemula

Siapa yang belum mengenal Adobe Illustrator? Adobe Illustrator merupakan salah satu software yang hasil gambarnya nanti berbentuk vektor. Apabila Anda masih tergolong sebagai seorang pemula, maka alangkah baiknya untuk segera mempelajari tutorial Adobe Illustrator dasar.

Baca juga : rekomendasi bot telegram yang berguna

Software tersebut sampai saat ini banyak digunakan untuk ilustrasi vektor wajah, desain logo, interface game, web desain, dan masih banyak lagi yang lainnya. Software yang satu ini juga terbilang cukup populer dan sudah banyak digunakan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Tutorial Adobe Illustrator Dasar

Langkah awal yang perlu dilakukan saat ingin belajar Adobe Illustrator adalah dengan mempelajari toolsnya. Pasalnya, pada software ini terdapat banyak sekali tools yang nantinya digunakan untuk berbagai keperluan. Di bawah ini beberapa hal yang bisa Anda pelajari mengenai tools Adobe Illustrator:

1. Shape

Saat ingin membuat sebuah karya pada software Adobe Illustrator, maka sangat penting bagi Anda untuk pandai menggambar. Pada software tersebut hanya memanfaatkan fungsi tools yang memang sudah disediakan. Tools yang paling penting untuk dipelajari adalah shape bentuk persegi, segitiga, dan lingkaran.

Dengan menggunakan tools Shape yang satu ini, maka Anda dapat membuat berbagai bentuk baru seperti pemandangan, karakter, atau bentuk yang lainnya. Sebagai pemula, mulailah untuk membuat bentuk persegi, segitiga, kemudian lingkaran. Lalu dilanjut dengan beberapa bentuk yang diinginkan lainnya.

2. Pen Tool

Agar Shape dapat digunakan dengan lebih maksimal, maka Anda memerlukan Pen Tool. Pen disini nantinya dapat digunakan untuk membuat bentuk yang tidak dapat dibuat oleh Shape. Hal ini berarti, Anda bisa menggunakan Pen untuk menggambar bentuk yang sesuai dengan keinginan.

Contohnya saat ingin membuat sebuah dress, maka Anda akan menggunakan Pen yang satu ini untuk menciptakan coraknya, lekuk dress, gelombang dress, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana bentuk tersebut tidak bisa dibuat jika hanya memanfaatkan Shape saja.

3. Shape Builder Tool

Tool yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat objek baru. Yakni gabungan dari beberapa objek ataupun untuk menghapus garis dan bentuk dari gabungan objek tersebut. Akan tetapi, sebelum memakai tool ini ada baiknya untuk melakukan seleksi terlebih dahulu.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan macbook pro

Pastikan Anda mengetahui manakah objek yang ingin dipisahkan atau yang ingin dibentuk menjadi objek baru. Terlebih, Shape Builder Tool yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghapus garis diantara objek. Dengan begitu, tidak perlu khawatir apabila sudah salah dalam mendesain.

4. Zoom Out dan Zoom In

Ketika Anda menggunakan Adobe Illustrator, ada baiknya untuk lebih cepat dalam memakai shortcut keyboard. Hal ini disarankan agar nantinya hasil pekerjaan lebih cepat dan mudah. Salah satu shortcut yang dapat digunakan dalam hal ini adalah Zoom Out dan juga Zoom In.

Untuk Zoom Out sendiri dapat Anda gunakan untuk memperkecil. Sementara Zoom In dapat digunakan untuk memperbesar. Caranya yakni dengan menggunakan shortcut CTRL+Zoom In atau CTRL+Zoom Out agar nantinya dapat mempercepat proses pembuatan desain di software tersebut.

5. Gradasi

Tool gradasi yang disediakan oleh software Adobe Illustrator pada dasarnya terdapat tiga jenis. Setiap jenisnya dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Pertama adalah gradasi yang dapat dihasilkan oleh Gradient Tools. Gradasi tersebut berupa garis linier serta gradasi lingkaran.

Sementara itu, gradasi yang kedua adalah Mesh Tool untuk menggradasikan lebih dari dua warna. Terakhir adalah Gradient Panel yang merupakan panel yang dapat digunakan untuk mengatur warna gradasi. Untuk menampilkannya maka gunakan shortcut CTRL+F9.

6. Clipping Mask

Tool yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk menambahkan objek maupun gambar ke dalam objek yang lainnya. Akan tetapi, umumnya Clipping Mask tersebut dipakai untuk menambahkan gambar ke sebuah objek atau ke dalam sebuah teks. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menulis di dalam objek.

Tools berupa Clipping Mask yang satu ini sangat cocok bagi para desainer yang ingin menambahkan objek atau gambar ke dalam sebuah teks. Nantinya, sebuah teks tersebut tentu akan berkesan hidup karena sudah ditambahkan dengan objek atau gambar.

7. Ungroup dan Group

Perlu Anda ketahui bahwa pada software Adobe Illustrator terdapat beberapa shortcut yang bisa digunakan untuk membuat beberapa objek menjadi 1 grup. Artinya, dengan menggunakan shortcut tersebut beberapa objek akan bersatu tanpa perlu mengubah bentuk masing-masingnya.

Baca juga : tujuan dan manfaat press release

Untuk menggunakannya, maka Anda bisa memanfaatkan shortcut CTRL+G. Kemudian apabila ingin melepaskan kembali objek tersebut atau Ungroup maka shortcut yang bisa digunakan adalah CTRL+SHIFT+G. Pastikan untuk menekannya secara bersamaan.

Penutup

Itulah beberapa tutorial Adobe Illustrator dasar yang bisa Anda terapkan. Apabila sudah mendesain pada software tersebut, maka jangan lupa untuk segera menyimpannya agar nantinya file tersebut tersimpan di perangkat dan tidak hilang. Yakni dengan memilih menu save atau save as dan export.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.