Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Cara Save Video Adobe Premiere Pro dengan Mudah

2 min read

Cara save video adobe premiere pro

Siapa yang belum mengenal software Adobe Premiere? Saat ini sendiri software tersebut sudah banyak digunakan untuk mengedit konten video. Terlebih, sudah ada banyak sosial media juga yang memakai video untuk berbagai keperluan. Akan tetapi, tahukah Anda cara save video Adobe Premiere Pro tersebut?

Baca juga : cara menggunakan add ons google chrome

Saat ingin mengedit video sendiri Anda akan dimanjakan dengan berbagai fitur menarik yang ada pada software tersebut. Tidak heran jika ada banyak editor video profesional yang menggunakannya. Akan tetapi, Adobe Premiere juga dapat digunakan oleh pemula sekalipun.

Mengenal Software Adobe Premiere Pro

Perlu Anda ketahui bahwa Adobe Premiere Pro merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk edit video secara profesional. Dapat dikatakan bahwa software ini merupakan yang terbaik dikelasnya.  Pengguna bahkan bisa memakainya untuk mengedit secara offline maupun online.

Software ini sendiri sudah tergabung ke seri Adobe Creativ Cloud. Nantinya, Adobe Premiere juga sudah terintegrasi dengan software lain yang mungkin saja diperlukan saat ingin mengedit sebuah video. Dengan begitu, Anda bisa mengaksesnya dengan cara yang mudah.

Contohnya saja saat memerlukan ilustrasi dari Adobe Illustrator, maka Anda dapat langsung memasukkannya ke video yang ada pada software Adobe Premiere. Software ini sendiri memerlukan biaya saat ingin digunakan dengan fitur yang lengkap. Akan tetapi, tentu saja fitur yang didapat akan sebanding.

Fitur Unggulan Adobe Premiere Pro

Pada dasarnya ada banyak fitur yang disediakan oleh software Adobe Premiere Pro. Tidak heran apabila sampai saat ini ada banyak orang yang menggunakannya. Lantas, apa saja fitur yang disediakan tersebut? Di bawah ini merupakan beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk edit video:

1. Scene Edit Detection

Fitur yang satu ini terbilang cukup baru pada Adobe Premiere Pro. Nantinya, dengan memakai Scene Edit Detection tersebut maka memungkinkan pengguna dalam mengedit cuplikan video dengan cara otomatis. Tentu saja, cara ini akan semakin mempersingkat waktu dalam edit video.

Baca juga : rekomendasi aplikasi chat bot whatsapp

Cara menggunakannya adalah dengan klik kanan pada klip video yang sudah tersedia. Kemudian langsung saja memilih fitur Scene Edit Detection. Selanjutnya, pilih apakah video tersebut langsung dipotong atau hanya diberi penanda saja.

2. Adobe Premiere Pro Production

Fitur lain yang dapat Anda gunakan adalah Adobe Premiere Pro Production. Dengan memanfaatkan fitur tersebut maka setiap pengguna dapat menggunakannya untuk melakukan kolaborasi. Oleh karena itu, pastikan untuk memakainya sesuai dengan kebutuhan.

Fitur ini sendiri akan lebih memudahkan pekerjaan yang mengharuskan adanya kolaborasi. Dengan begitu, proses kolaborasi pun dapat dengan mudah dikerjakan. Anda juga dapat mengumpulkan file UMF, EDL, AAF, atau XML sebagai meta data pada video yang ingin dikolaborasikan.

Cara Save Video Adobe Premiere Pro

Apabila Anda termasuk pertama kali dalam menggunakan software yang satu ini, tidak heran apabila sedikit bingung untuk memakainya. Terlebih mengenai bagaimana cara menyimpan video hasil editannya. Tidak perlu khawatir, karena di bawah ini merupakan beberapa langkah menyimpannya yang bisa diterapkan:

1. Pilih Menu File

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih menu file lalu export lalu pilih lagi menu media. Jika sudah, pilih menu format dan ubah menjadi H.264. Mengapa? Hal tersebut dilakukan agar nantinya hasil penyimpanan yang diperoleh jauh lebih bagus.

Baca juga : rekomendasi website penerjemah dokumen online

Dengan melakukan cara tersebut, maka tidak akan menjadikan ukuran video menjadi sangat besar. Akan tetapi, hasilnya akan menjadi ekstensi mp4 dengan kualitas yang masih sangat terjaga dan bagus. Oleh karena itu, pastikan untuk menerapkan cara tersebut.

2. Pilih Menu Preset

Jika langkah di atas sudah dilakukan, maka Anda bisa memilih menu preset kemudian ubah resolusi video sesuai dengan keinginan. Pada software ini sendiri menyediakan berbagai jenis resolusi video. Oleh karena itu, pastikan untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Jika sudah, maka Anda bisa memilih menu output name. Cara yang satu ini dapat digunakan untuk mengubah nama beserta lokasi penyimpanan video yang diinginkan. Dengan mengubah nama video tersebut tentu akan lebih mudah untuk mencarinya.

3. Pilih Menu Export

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk dapat menyimpan video tersebut adalah dengan memilih menu export. Selanjutnya, tunggu sampai proses penyimpanan tersebut diproses. Umumnya, proses menunggu tersebut perlu dilakukan sampai benar-benar selesai 100%.

Pastikan untuk menunggu proses penyimpanan sampai selesai dilakukan. Apabila tidak selesai, maka bisa saja file video tidak semuanya dapat tersimpan. Tentu saja hal tersebut akan merugikan Anda karena sudah capek-capek dan memakan banyak waktu untuk bisa membuat video tersebut.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai cara save video Adobe Premiere Pro yang bisa Anda lakukan. Software tersebut memang menyediakan berbagai fitur yang dapat diandalkan sehingga sangat cocok digunakan untuk edit video. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyimpannya agar file dapat tersedia di perangkat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.