Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tips Cara Membuat Shadow di Illustrator dengan Mudah

2 min read

Cara Membuat Shadow di Illustrator

Apakah Anda ingin menambahkan shadow atau bayangan pada objek yang dibuat pada software Adobe Illustrator? Jika iya, maka Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuat shadow di Illustrator. Untuk cara membuatnya sendiri sangatlah mudah dilakukan.

Baca juga : tips cara aktivasi office 2016 tanpa software

Anda bisa menambahkan shadow atau bayangan tersebut baik pada tulisan ataupun sebuah objek sesuai dengan keinginan. Terlebih, jika dibandingkan dengan software lain seperti Corel Draw, dapat dikatakan bahwa menggunakan Adobe Illustrator terbilang lebih simpel dan mudah untuk membuat shadow.

Mengenal Adobe Illustrator

Bagi Anda yang baru saja mengetahui software Adobe Illustrator, maka kemungkinan masih belum terlalu paham mengenai apa itu shadow atau drop shadow. Shadow sendiri merupakan bayangan yang jatuh. Yakni merupakan sebuah efek bayangan yang sering Anda jumpai pada gambar, tabel, atau tulisan.

Dapat dikatakan juga bahwa shadow merupakan salah satu efek visual yang terdiri dari elemen gambar. Elemen tersebut layaknya bayangan pada sebuah objek. Dengan begitu, akan memberikan kesan bahwa objek dibangkitkan di atas objek yang sudah ada di belakangnya.

Umumnya, shadow tersebut banyak dipakai untuk elemen antarmuka pengguna grafis. Nantinya, efek shadow atau bayangan tersebut akan memperindah desain visual yang Anda buat. Dengan begitu, akan terlihat lebih enak saat dipandang oleh mata.

Cara Membuat Shadow di Illustrator

Pada dasarnya, keberadaan bayangan atau shadow pada sebuah objek maupun tulisan sangatlah penting. Bayangan tersebut nantinya dapat digunakan agar objek yang sudah dibuat tampak lebih hidup serta terhindar dari kesan monoton. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui cara membuat shadow tersebut.

Baca juga : cara save video adobe premiere pro

Untuk membuat membuat shadow atau bayangan pada software Adobe Illustrator sendiri pada dasarnya sangatlah mudah. Anda bisa membuatnya baik pada tulisan ataupun objek yang diinginkan. Caranya adalah dengan memilih objek yang ingin ditambahkan bayangan.

Setelah itu, klik menu effect kemudian pilih menu stylize. Jika sudah, pastikan Anda memilih menu drop shadow. Apabila tampilan drop shadow sudah muncul, maka pengguna bisa langsung mengaturnya agar bayangan dapat dihasilkan pada objek yang sudah dipilih sebelumnya.

Beberapa Fungsi dari Menu Drop Shadow

Saat ingin mengatur sebuah bayangan atau shadow pada objek yang diinginkan, maka Anda akan ditampilkan beberapa pilihan pengaturan. Setiap pengaturan tersebut memiliki fungsinya yang berbeda satu sama lainnya. Di bawah ini beberapa menu drop shadow beserta fungsinya yang bisa diketahui:

1. Mode dan Opacity

Pada menu mode umumnya dapat mengatur seperti apa bayangan yang diinginkan pada objek nantinya. Dalam mengaturnya sendiri, Anda bisa memilih mode multiply pasalnya warna bayangan yang dihasilkan nantinya akan menyatu dengan warna objek yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk menu opacity sendiri merupakan pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur tingkat transparansi layer atau kepekatan warna pada bayangan. Hal ini berarti, apabila semakin kecil angka yang Anda atur maka semakin pudar pula warna yang akan dihasilkan dari shadow tersebut.

2. X Offset dan Y Offset

Perlu Anda ketahui bahwa X offset merupakan pengaturan arah bayangan secara vertikal. Apabila Anda memasukkan -1 pada pengaturan tersebut maka bayangan akan berada pada bagian kiri objek. Sementara jika memasukkan angka 1 px ke atas maka arah bayangan akan menuju ke bagian kanan.

Sedangkan pada Y offset apabila Anda memasukkan angka -1 dan seterusnya maka akan menghasilkan bayangan di bagian atas objek. Berbeda jika memasukkan angka 1 px dan seterusnya maka bayangan yang dihasilkan berada di bagian bawah objek.

3. Blur

Siapa yang tidak mengenal fungsi dari menu yang satu ini? Sesuai dengan namanya, tentu sudah ada banyak orang yang dapat mengetahui lebih lanjut tentang apa saja fungsi dari menu yang sudah disediakan oleh software Adobe Illustrator tersebut.

Baca juga : cara membuat bingkai di coreldraw x7

Pada menu blur ini sendiri dapat dipakai untuk mewarnai bayangan pada objek yang diinginkan. Hal ini berarti, apabila angka yang dimasukkan semakin tinggi maka tentu saja akan semakin lebar serta pudar bayangan yang akan dihasilkan nantinya.

4. Color

Selain beberapa menu yang sudah dijelaskan di atas, ternyata masih ada menu lainnya yang bisa juga Anda atur saat ingin membuat shadow atau bayangan pada software Adobe Illustrator. Menu satu ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Nantinya, menu tersebut dapat digunakan untuk mengganti warna shadow atau bayangan yang diinginkan. Apabila sudah mengganti warna sesuai dengan keinginan, maka jangan lupa untuk memberi centang pada bagian preview agar nantinya dapat mengetahui seperti apa letak bayangan yang sudah dibuat.

Penutup

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai cara membuat shadow di Illustrator. Tentu saja, cara yang sudah dijelaskan tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pengguna juga bisa mengatur sedemikian rupa bayangan tersebut agar seperti yang diinginkan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.