Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

6 Tahap Dasar Cara Instal Ulang Windows 7 dengan Flashdisk

2 min read

Proses instalasi ulang terutama untuk perangkat Windows 7 memang perlu dilakukan secara rutin demi menjaga performa dari laptop yang dimiliki. Apalagi saat ini ada sebuah cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk yang mudah dipraktekkan tanpa memakan durasi yang lama.

Baca Juga : Cara Membuat DLC Boot Flashdisk Bootable

Sebenarnya untuk melakukan proses penginstalan ulang Windows 7 pada setiap perangkat laptop, ada beberapa perantara yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Namun lebih banyak yang akhirnya memanfaatkan bantuan dari komponen flashdisk yang dianggap lebih sesuai dengan kemampuan terutama orang yang awam. Silakan simak penjelasan secara lebih lengkapnya, silakan simak di sini:

Mengapa Memilih Instal Ulang Melalui Flashdisk?

Seperti yang disinggung sebelumnya dalam pengantar, ada beberapa perantara yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan proses penginstalan ulang khusus Windows 7.

Apalagi ada jenis perantara mulai dari CD atau DVD ditambah dengan flashdisk yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk dicoba langsung.

Pada masa sekarang ini, memang banyak ditemukan para pengguna Windows 7 yang lebih menjadikan flashdisk sebagai perantara yang paling tepat.

Cara Instal Ulang Windows 7 dengan Flashdisk

Apalagi ternyata banyak kelebihan yang disediakan dan ditawarkan oleh penyimpanan flashdisk misalnya kemudahan untuk dibawa kemanapun. Selain itu, perantara seperti flashdisk ini tidak mudah mengalami kerusakan dan tidak membuat file corrupt.

Sementara itu, keunggulan yang lainnya yang juga disediakan oleh perangkat seperti flashdisk ini terletak pada fleksibilitas yang dimiliki sejak awal.

Pada hal ini, perangkat flashdisk sendiri bisa dipakai baik untuk perangkat komputer maupun laptop dengan berbagai merek yang ada saat ini. Bahkan proses penginstalan ulangnya lebih cepat jika dibandingkan dengan lainnya.

Tahap Dasar Cara Instal Ulang Windows 7 dengan Flashdisk

Setelah mengenali beberapa keunggulan yang dimiliki oleh flashdisk sebagai perantara, maka tinggal mengenal seperti apa proses penginstalan ulangnya untuk dicoba.

Baca Juga : Cara Membuat Flashdisk Bootable Menggunakan Rufus

Jenis cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan pertama kalinya asalkan memang lebih mengutamakan ketelitian. Untuk mengenali secara lengkap caranya, silakan simak di bawah ini:

1. Melakukan Proses Persiapan

Untuk cara melakukan instal ulang Windows 7 melalui bantuan dari flashdisk, setiap orang hanya perlu melakukan persiapan secara matang dahulu.

Proses persiapan ini tentu dilakukan dengan menyiapkan perangkat seperti laptop yang akan dipakai dan pastikan sudah memiliki daya baterai yang penuh. Selain itu, pastikan sudah ada ISO Windows yang mumpuni pula.

Jika sudah melakukan proses persiapan tersebut, maka lanjutkan dengan memilih jenis flashdisk yang akan dipakai dan mulai dengan kapasitas 4GB.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa flashdisk memang kosong sehingga cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk lebih mudah dilakukan. Selain itu, coba pindahkan beberapa file yang dianggap paling penting.

2. Memasangkan Bagian Flashdisk

Setelah melakukan proses persiapan dengan tepat, setiap orang hanya perlu mencoba untuk memasangkan bagian flashdisk yang akan dipakai untuk penginstalan.

Kali ini, silakan coba pasangkan flashdisk ini dengan lebih hati-hati untuk memastikan semuanya tertancap dengan benar agar bisa dilanjutkan nantinya. Jika laptop dalam keadaan hidup, maka coba hidupkan kembali perangkatnya.

3. Mencoba Pengaturan BIOS

Selanjutnya, cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk ini bisa dilanjutkan hanya dengan membuka pengaturan BIOS yang sudah ada.

Namun sebaiknya sebelum mencoba untuk membuka pengaturan BIOS ini, sebaiknya kenali merek laptop yang dipakai dan jenisnya disesuaikan pada pengaturannya. Pengguna juga bisa melakukan pencarian melalui bantuan dari peramban masing-masing.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam tapi Hidup

Jika sudah dipastikan sesuai dengan merek dari laptop yang dipakai, maka lanjutkan dengan membuka pengaturannya dengan lebih hati-hati di laptop.

Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu khusus Boot dan silahkan tentukan mana perantara yang dipakai, misalnya saja dengan memilih USB.

4. Memulai Proses Instalasi

Setelah berhasil melakukan pengaturan melalui bantuan dari BIOS, maka silakan coba untuk menekan F10 dan tunggu sampai layarnya berwarna hitam.

Nantinya, proses penginstalan ulang pada Windows 7 ini tengah dimulai dan jangan lupa menentukan bahasa yang dipakai untuk lebih memudahkan. Setelah itu, laptop akan melakukan proses restart secara otomatis dahulu.

5. Memilih Jenis Byte

Selanjutnya, cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk ini dilanjutkan dengan menekan pilihan untuk memulai proses instalasi di layar.

Tunggu selama beberapa waktu sampai ada pilihan untuk menggunakan jenis Byte yang mana sesuai dengan spesifikasi dari laptop masing-masing. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jumlah RAM pada perangkat laptop.

6. Mengubah Partisi Windows

Jika semua cara yang dijelaskan di atas selesai dilakukan dengan tepat, maka lanjutkan dengan membuka Drive Options pada laptop masing-masing.

Nantinya setiap pengguna hanya perlu menentukan pilihan pada mana saja partisi yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan dari Windows 7. Setelah melakukan proses perubahan partisi, maka jangan lupa menekan OK.

Penutup

Penjelasan yang mencoba menunjukkan solusi seperti cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk dengan mudah bisa dimanfaatkan sesuai dengan keinginan.

Baca juga : Cara Menjalankan File ISO Virtual

Ditambah lagi, makin banyak pengguna laptop yang  menjadikan flashdisk sebagai komponen yang tepat untuk dijadikan perantara. Belum lagi jika ternyata membutuhkan waktu yang lebih cepat nantinya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.