Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Cara Menjalankan File ISO Virtual dengan Qemu Simple Boot

1 min read

Cara Menjalankan File ISO Secara Virtual dengan Qemu Simple Boot

ISO image ialah format instalasi file yang didalamnya berisi program tertentu, umumnya file ISO dijalankan melalui flashdisk dalam bentuk bootable. Nah kali ini, saya akan mempraktekkan cara menjalankan file ISO secara virtual menggunakan software bernama Qemu Simple Boot.

Baca juga : cara menggunakan rufus untuk membuat bootable

Perlu Anda ketahui, salah satu contoh penggunaan file ISO untuk bootable yaitu operasi sistem windows yang bisa dijalankan di instalasi flashdisk. Tak hanya itu, software semacam ultraiso juga bisa menjalankan file iso yang khusus single program seperti driverpack solution, namun tidak bisa secara virtual.

Dalam artiannya, software Qemu Simple Boot ini mampu menjalankan file iso secara virtual seperti software virtual box yang tidak akan berdampak ke operasi sistem asli pengguna ketika terjadi kesalahan atau error yang tidak terduga.

Cara Menggunakan Qemu Simple Boot

  • Unduh terlebih dahulu software qemu melalui situs officialnya sordum.
  • Ekstrak dan jalankan file exe-nya dengan cara mengklik kanan dan pilih run as administrator.
  • Klik oke/yes untuk melanjutkan.
  • Pilih bootable media (ISO) dan atur ukuran ram sesuai selera.
  • Kemudian, pilih file ISO yang akan ditest dengan cara klik tombol plus.
  • Lalu klik start qemu test untuk mulai menjalankan ISO.
  • Selesai.

Qemu simple boot

Informasi Tambahan

Software ini cukup memudahkan pengguna dalam mengetahui berfungsi atau tidaknya file ISO yang dimiliki, sehingga meminimalisir error ketika menjalankannya di perangkat komputer atau laptop windows yang asli.

Baca juga : cara mematikan update windows dengan mudah

Software Qemu Simple Boot termasuk freeware yang sepenuhnya aman untuk digunakan tanpa biaya apapun, selain itu untuk menggunakannya pengguna tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu alias portable.

Penggunaan software Qemu bisa dijalankan di berbagai sistem operasi windows masa kini, seperti windows 7, 8, 10 atau windows 11. Mendukung 32bit ataupun 64bit.

Penutup

Apabila terdapat tambahan berupa saran atau kritik dan pertanyaan seputar bootable file iso, maka Anda bisa memberitahu saya melalui fitur komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Akhir kata, demikian tutorial sederhana yang dapat saya tulis seputar cara menjalankan file iso secara virtual dengan software Qemu Simple Boot. Semoga bermanfaat ya, sampai bertemu lagi di informasi tekno lainnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.