Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

2 Tahap Dasar Cara Instal Ulang Macbook yang Perlu Diketahui

2 min read

Salah satu laptop milik Apple yang telah dikenal banyak masyarakat yaitu Macbook. Dimana, laptop yang satu ini cukup laris, apalagi bagi para programmer dan pengusaha.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Macbook Pro

Pasalnya, Macbook ini sudah terjamin kualitasnya dengan baik. Namun, di beberapa kondisi terjadi suatu hal yang membuat penggunanya diharuskan menginstal ulang. Nah, berikut dalam artikel ini cara instal ulang Macbook yang baik.

Cara Instal Ulang Macbook

Dalam sistem operasi Macbook ini sebenarnya cenderung stabil. Dengan demikian, membuat penggunanya merasa akan baik-baik saja dalam menggunakan Macbook. Namun, OS Macbook ini tidak seperti OS lainnya yang bisa rutin untuk instal ulang.

Sehingga, waktu kapan akan diinstal ulang Macbook sendiri tidak bisa terdeteksi untuk mencegah masalah tersebut. Tetapi, ketika laptop sudah membutuhkan untuk instal operasi sistem, maka sebaiknya Anda lakukan saja.

Cara Instal Ulang Macbook

Nah, untuk melakukan penginstalan ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut cara atau metode yang dapat dilakukan:

1. Cara Instal Ulang Macbook Lewat Hapus Hard Drive

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah lewat hapus hard drive. Hal ini dilakukan, karena ketika seseorang akan melakukan instalasi maka perlu hapus dulu hard drive nya. Nah, berikut cara mudahnya:

A. Hapus Hard Drive

Pertama melakukan restart pada Macbook yang Anda miliki. Kemudian, ketika sedang proses restart, pengguna bisa sambil menekan serta tahan tombol command dan juga R. Selanjutnya, akan terbuka suatu halaman dimana terdapat beberapa menu.

Pengguna bisa memilih menu Disc Utility. Setelah itu, tekan Continue. Jika sudah, maka tekan View, lalu Show All Device.

Baca juga : Cara Blokir Mac Address pada Wifi Indihome ZTE F609

Kemudian, pengguna bisa pilih drive Mac yang ada. Dilanjut dengan menekan Erase. Nah, setelah jendela Erase muncul, bisa isi nama, format serta scheme yang sesuai dengan disk pengguna.

Nah, escheme bisa pilih GUID Partition Map. Lalu, tekan Erase dibawahnya yang warna biru. Jika telah berhasil dihapus, maka selanjutnya bisa langsung proses instalasi.

B. Proses Instalasi

Nah, berikutnya setelah proses penghapusan selesai, maka selanjutnya adalah proses instalasi. Caranya dengan pergi ke pemulihan MacOS.

Jika sudah, pilih Utility, hingga muncul sebuah jendela yang ada menu Instal Ulang MacOS Monterey. Kemudian, masukkan kata sandi pengguna.

Nah, kemudian ketika terdapat pemberitahuan dimana pengguna harus memilih penginstalan. Pengguna, bisa pilih Macintosh HD. Selanjutnya, akan dilakukan proses instal. Biarkan proses tersebut berjalan dan jangan mengaktifkan mode sleep atau menutup layarnya.

C. Melakukan Settingan Baru

Selanjutnya, ketika seseorang telah berhasil melakukan instalasi pada MacOS nya. Biasanya, Mac akan mengulang kembali ke asisten settingan.

Jadi, ketika pengguna berniat akan memberikan, menjual atau menukarkan Mac. Maka, bisa langsung tekan Command dan juga Q agar bisa keluar dari asisten tersebut tidak menyelesaikan pengaturan.

Lalu, tekan matikan. Nah, nantinya pemilik barunya yang akan memulai Mac tersebut. Dengan demikian, akan memasukan informasi dari diri sendiri pada menu pengaturan atau settingan MAC tersebut.

2. Cara Instal Ulang Macbook dengan Recovery Mode

Tidak hanya dengan penghapusan hard drive, dengan Recovery mode juga bisa jadi solusi untuk instal ulang Macbook.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mac OS

Caranya ini cukup mudah dilakukan. Adapun berikut langkahnya:

  • Hal pertama, yang perlu dilakukan adalah me-restart Macbook yang akan di instal ulang OS-nya. Tetapi, sebelum memulainya pastikan Macbook telah tertaut dengan internet.
  • Nah, dalam proses restart ini, pengguna bisa menekan serta tahan Command sekaligus R.
  • Kemudian, tahan terus hingga muncul logo Apple. Lalu, akan muncul halaman dimana didalamnya terdapat beberapa menu. Pengguna bisa pilih Reinstall MacOS.
  • Selanjutnya, akan muncul jendela untuk instalasi. Lalu, pilih Continue. Akan ada pemberitahuan mengenai suatu ketentuan beserta syaratnya dalam instal OS tersebut. Pengguna bisa tekan Agree yang ada dibawah.
  • Jika sudah, maka akan diarahkan ke tombol Instal dan tekan tombol tersebut. Tunggu beberapa saat dan selesai.

Poin Penting Saat Penginstalan Macbook

Pada saat proses instalasi macOS, maka pengguna akan mendapat versi terbarunya. Namun disini ada beberapa yang perlu diperhatikan sebagai pengecualian. Berikut penjelasannya:

  • Apabila logic pengguna dari board Mac, baru diganti. Maka, pengguna hanya akan ditawari suatu OS Macbook yang baru dengan kompatibel.
  • Nah, ketika seseorang melakukan penginstalan dan menghapus seluruh dari disk. Maka, pengguna hanya ditawari macOS yang terdekat dan tersedia.
  • Apabila Mac OS memiliki basis Intel, maka pengguna bisa gunakan Shift, Option, dan Command, serta R pada proses instal. Hal ini akan membuat pengguna bisa ditawari macOS yang tentu kompatibel. Sebab, pada beberapa kasus macOS diberikan yakni Mac dengan versi terdekat dan masih tersedia.

Penutup

Itulah tadi, tutorial cara instal ulang Macbook yang bisa dicoba. Selain diatas, pengguna juga bisa melakukan install ulang macOS dengan menggunakan APP Store atau flash drive USB. Tentunya, setiap cara tersebut terdapat ketentuannya masing-masing.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.