Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 7 Merek Dagang Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia

2 min read

Merek Dagang Perusahaan Teknologi

Kini, ada banyak merek teknologi baru bermunculan, namun sejumlah merek dagang perusahaan teknologi yang sudah besar tetap berada di posisi puncaknya. Alasan utamanya tentu karena produk-produk yang dihasilkan sudah sangat masif dan dibutuhkan dalam keseharian.

Baca juga : fungsi cloud computing bagi perusahaan dan bisnis

Deretan orang terkaya dunia didominasi oleh mereka yang memiliki perusahaan teknologi berskala global. Nama-nama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, hingga Steve Jobs adalah beberapa contoh pendiri yang sukses besar dengan perkembangan perusahaan teknologi yang mereka bangun.

Posisi perusahaan tersebut sebagai raksasa teknologi dunia juga tidak banyak berubah dalam satu dekade terakhir. Bahkan, merek dagang perusahaan teknologi yang mereka ciptakan kini sudah semakin dikenal secara global dan bersanding dengan nama-nama besar lain di luar bidang teknologi.

Daftar Merek Dagang Perusahaan Teknologi Terbesar

Merek dagang merupakan suatu jenis kekayaan intelektual berupa simbol atau nama yang diasosiasikan dengan produk/jasa tertentu. Saat ini, banyak sekali merek dagang yang berasal dari perusahaan-perusahaan teknologi dunia dan sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat dunia.

Jika dihitung nilai valuasi perusahaannya, kesepuluh merek dagang berikut mampu mencapai angka yang fantastis. Bahkan, produk yang mereka tawarkan sudah masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan banyak orang lantaran perannya yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut daftar selengkapnya:

1. Apple

Di posisi pertama ada Apple yang merupakan perusahaan teknologi terbesar saat ini. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne ini semakin berjaya lantaran penjualan produk utamanya, yaitu iPhone, yang kian menggila setiap tahunnya.

Besarnya peminat produk-produk Apple dari seluruh dunia menjadi alasan utama perusahaan ini selalu menghasilkan keuntungan yang fantastis setiap tahunnya. Padahal, kita tahu bahwa produk-produk Apple memiliki harga yang sangat mahal. Tidak heran jika Apple menjadi merek dagang paling bernilai saat ini.

2. Google

Seperti yang kita tahu, Google adalah salah satu perusahaan teknologi dengan beragam produk yang kita gunakan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah Google Search, Gmail, Youtube, OS Android, hingga berbagai perangkat yang tergabung dalam Google Smart Home.

Baca juga : manfaat jaringan komputer bagi perusahaan

Selain itu, Google sendiri juga memiliki layanan periklanan digital terbesar karena sudah melibatkan banyak platform digital di dalamnya. Google yang berada di bawah induk perusahaan Alphabet tercatat telah mendapatkan keuntungan iklan lebih dari USD 60 miliar pada kuartal IV 2021.

3. Amazon

Berawal dari sebuah toko buku online, Amazon kini telah berkembang menjadi salah satu raksasa dunia di bidang ritel dan teknologi digital. Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos ini bahkan menjadi merek dagang perusahaan teknologi paling bernilai pada tahun 2021 lalu mengalahkan Apple.

Dikutip dari Kantar BrandZ, e-commerce Amazon memiliki valuasi merek sebesar USD 683,9. Jumlah ini mengalahkan Apple yang berada di peringkat kedua dengan valuasi sebesar USD 612 miliar. Tidak heran jika akhirnya Amazon kerap membawa pemiliknya, Jeff Bezos, menjadi orang terkaya di dunia.

4. Microsoft

Masih didominasi oleh perusahaan teknologi dari Amerika Serikat, kali ini ada nama Microsoft yang juga menjadi salah satu merek dagang bidang teknologi paling populer di dunia. Masih dari Kantar BrandZ, perusahaan yang dimiliki oleh Bill gates ini mempunyai valuasi merek sebesar USD 410,3 miliar.

Microsoft sendiri memiliki beragam produk ditawarkan, mulai dari OS Windows untuk perangkat komputer, software Microsoft Office, layanan cloud storage OneDrive, aplikasi video call Skype, hingga konsol game Xbox yang sudah banyak digunakan di berbagai negara.

5. Facebook

Di posisi berikutnya ada perusahaan Facebook milik Mark Zuckerberg yang kini sudah resmi berganti nama menjadi Meta. Hal ini menyusul rencana besar Mark untuk membangun ekosistem dunia digital yang tak terbatas bernama Metaverse.

Baca juga : fungsi prototype bagi perusahaan dan bisnis

Mark beralasan ingin mengubah citra Facebook dari yang sebelumnya dikenal sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan yang jauh lebih luas lagi cakupannya. Sebelumnya, Facebook mencatatkan valuasi merek sebesar USD 226,7 miliar dilansir dari Kantar BrandZ.

6. Tencent

Salah satu perusahaan teknologi asal Asia yang mampu bersaing dengan merek-merek besar di atas adalah Tencent. Perusahaan asal negeri Tiongkok ini terkenal sebagai vendor video game terbesar di dunia. Pasalnya, ada beragam game yang begitu populer dan dimainkan oleh banyak orang di dunia.

Game-game seperti PUBG Mobile, AOV, hingga Clash of Clans kini menjadi bagian dari permainan video dari Tencent. Perusahaan Tencent sendiri menempati urutan kelima sebagai merek dagang perusahaan teknologi paling bernilai di dunia. Total, mereka memiliki nilai sebesar USD 240,9 miliar di tahun 2021 lalu.

7. Alibaba

Satu lagi perusahaan asal Tiongkok yang juga berhasil menjadi salah satu merek dagang dengan valuasi sangat tinggi. Perusahaan itu adalah Alibaba yang sudah didirikan sejak tahun 1999 oleh Jack Ma. Alibaba dikenal sebagai perusahaan dengan spesifikasi e-commerce, ritel, internet hingga AI.

Dari sumber yang sama, yaitu Kantar BrandZ, Alibaba menempati urutan ke-7 dalam daftar merek paling bernilai di dunia. Valuasi merek yang dihasilkan dari penilaian tersebut sebesar USD 196,9 miliar.

Penutup

Itulah daftar merek dagang perusahaan teknologi yang perlu Anda tahu. Dari daftar tersebut tentu sebagian besar sudah pernah Anda gunakan karena memang perkembangan bisnisnya yang sudah sangat luas. Dengan produk yang sudah tersebar secara masif, tidak heran jika merek-merek di atas begitu bernilai.

Baca juga : fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar merek perusahaan teknologi masa kini yang terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.