Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Menu dalam Page Setup Microsoft Word

2 min read

Singkatnya, Page Setup adalah fitur pengolah halaman kerja yang tersedia Microsoft Word. Fitur ini menyediakan menu-menu yang berfungsi untuk memudahkan mengatur dokumen seperti margin, paper dan layout.

Baca juga : Fungsi Microsoft Excel bagi Pengguna

Tentu, bagi seseorang yang sering menggunakan Microsoft Word artinya sudah tidak asing lagi dengan page setup. Ya, page setup adalah sebuah fitur yang terdapat di Microsoft Word yang berisi berbagai menu untuk pengolah data.

Menu-menu tersedia pada fitur tersebut tergantung dari Tipe aplikasi Microsoft Word. Sedangkan untuk fungsi page setup ini untuk mengatur halaman agar dokumen yang dibuat bisa lebih terstruktur.

Pengertian Page Setup

Page setup merupakan sebuah fitur yang terdapat di Microsoft Word dan letakkan berada di bagian atas halaman. Pada fitur ini terdapat beberapa menu yang meliputi pengaturan halaman atau paper, layout atau tata letak, margin atau pengaturan batas dan orientasi halaman.

Menu dalam Page Setup Microsoft Word

Jadi, menu-menu yang terdapat pada page setup sangatlah berguna untuk melakukan pengolahan data dalam sebuah dokumen. Maka dari itu, saat membuka dokumen atau mengedit dokumen pasti tidak terlepas dari fitur tersebut.

Namun, pada setiap aplikasi pengolah kata dan gambar, menu-menu yang tersedia pada page setup juga berbeda dan cukup beragam. Namun, paling umum menu yang tersedia berupa margin, paper dan layout.

Menu yang Tersedia di Page Setup

Tahukah Anda apa saja menu-menu yang tersedia di page setup? Secara umum ada 7 menu yang tersedia di dalam fitur tersebut.

Tentunya menu-menu tersebut sangatlah berguna bagi Anda yang menggunakan Microsoft Word. Selengkapnya berikut ini menu-menunya:

1. Breaks

Menu pertama yang tersedia yaitu Breaks. Perlu Anda ketahui jika menu ini berfungsi untuk memisahkan antara tekstur akhir dengan teks baru yang terdapat pada dokumen. Biasanya menu ini berguna untuk membuat laporan atau skripsi yang terdiri dari bab.

Baca juga : Fungsi Margins pada Microsoft Word

Lebih tepatnya menu ini memudahkan pengguna untuk memisahkan teks yang sudah berakhir tanpa harus menggunakan enter pada keyboard. Banyak orang yang tidak memahami fitur ini karena memang jarang digunakan.

2. Columns

Menu columns sangatlah bermanfaat untuk membantu pengguna membuat dokumen dalam bentuk dalam dan panjang. Biasanya menu ini digunakan untuk membuat dokumen seperti jurnal.

Dengan kata lain, menggunakan menu ini anda bisa membuat dokumen satu lembar menjadi beberapa potongan bagian. Keuntungan jika menggunakan menu ini yaitu bisa lebih menghemat lembar kerja.

3. Hyphenation

Menu lain yang terdapat di page setup adalah Hyphenation. Meskipun sebenarnya menu ini jarang sekali digunakan oleh pengguna. Namun, tetap saja harus mengetahui fungsinya agar suatu saat membutuhkannya bisa lebih paham.

Adapun fungsi utama dari adanya menu ini yaitu untuk mendapatkan teks yang terlihat lebih natural. Dengan kata lain, menu ini sangat berguna untuk Anda yang menulis kalimat panjang di lembar halaman yang terbatas.

4. Margin

Bagi pengguna aplikasi Microsoft Word waktunya sudah tidak asing lagi dengan margin. Ya, margin merupakan sebuah menu yang berguna untuk mengatur batas antara teks dan sisi dokumen. Menu ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengatur batas halaman sesuai kebutuhan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Bahkan, pada menu ini terdapat halaman format pengaturan yang sangat jelas mulai dari bagian atas, bawah, kanan dan kiri. Lengkap juga dengan ukuran yang bisa digunakan. Tentunya bagi Anda yang berada di lingkungan perkuliahan sudah pasti membutuhkan menu ini.

5. Mengatur Size

Size atau ukuran kertas sudah pasti dibutuhkan dalam membuat sebuah dokumen baru atau sekedar mengedit.

Terlebih lagi jika nantinya anda akan mencetak dokumen tersebut, keberadaan menu ini penting. Tujuannya agar dokumen yang dicetak lebih rapi.

Begitu juga sebaliknya, tanpa adanya menu ini akan sulit mencetak dokumen sesuai dengan kertas yang dimiliki.

Pada menu ini tidak hanya tersedia pilihan size kertas dalam bentuk tulisan, tapi terdapat gambar beserta dengan ukuran kertasnya.

6. Orientation

Menu selanjutnya yang tak kalah penting yaitu orientation. Perlu Anda ketahui jika fitur ini sangat berguna untuk membantu anda dalam mengubah bentuk lembar kerja. Jadi, pada menu ini ada beberapa pilihan lembar kerja.

Misalnya saja seperti landscape dan potrait. Adapun bentuk sederhana dari landscape yaitu lembar kerja berbentuk seperti persegi panjang atau tertidur.

Sedangkan untuk potret merupakan lembar kerja berbentuk berdiri. Jadi, Anda bisa memilih bentuk dokumen sesuai kebutuhan.

7. Dialog Box Page Setup

Menu terakhir yang terdapat pada fitur page tutup yaitu dialog box page setup. Adapun fungsi dari menu ini yaitu untuk mengatur lembar kerja atau dokumen secara manual. Sedangkan untuk lokasi dari menu ini yaitu berada pada tanda panah di menu page setup.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Jadi, pada menu tersebut ada 3 pilihan tab yang mempunyai fungsi tidak jauh berbeda. Namun, dengan adanya menu ini memungkinkan bisa mengatur halaman dokumen lebih praktis dan tentunya sesuai keinginan.

Penutup

Dari penjelasan tersebut bisa Anda ambil kesimpulan jika page setup adalah sebuah fitur yang tersedia di Microsoft Word.

Singkatnya, fitur page setup ini sangatlah berguna untuk mengolah dokumen atau halaman kerja pada Microsoft Word, karena tersedia menu-menu.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *