Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Macam Jurusan Kuliah di Indonesia yang Perlu Diketahui

2 min read

Macam Jurusan Kuliah di Indonesia

Setelah lulus jenjang SMA atau Sekolah Menengah Atas, banyak lulusan yang merasa bingung akan mengambil jurusan apa ketika kuliah nanti. Salah satunya adalah karena belum terlalu mengetahui berbagai macam jurusan kuliah yang biasanya ditawarkan oleh pihak universitas.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan sekolah kerja

Rata-rata masih banyak yang terbatas pada jurusan yang general dan umum. Padahal ada banyak sekali jurusan kuliah yang mungkin masih awam padahal bisa menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa dipertimbangkan. Apalagi jika jurusan kuliah tersebut tidak banyak persaingan yang meminatinya.

Macam Jurusan Kuliah di Indonesia

Memilih jurusan kuliah tentu bukan hal mudah karena kaitannya dengan masa depan. Selain harus menyesuaikan dengan keinginan setiap anak, tentu harus mencari tahu jurusan apa yang ditawarkan oleh universitas impian yang sesuai budget.

Berikut dibawah ini beberapa daftar macam-macam jurusan kuliah yang perlu Anda ketahui dan bisa menjadi referensi, diantaranya yaitu:

1. Ilmu Pendidikan

Bagi yang bercita-cita menjadi guru, maka jurusan kuliah ilmu pendidikan sangatlah cock untuk dipilih. Jurusan ini juga termasuk yang banyak diminati. Di dalam Fakultas Pendidikan juga terdiri dari berbagai jurusan menurut bidang tertentu. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jurusan berikut:

  • MIPA, focus pada pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam seperti Kimia, Fisika, Biologi, dan lain sebagainya
  • Bahasa, lebih focus pada bidang ilmu bahasa baik Bahasa Indonesia maupun bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Jepang, Prancis, dan lain sebagainya
  • Sosial, fokusnya pada bidang ilmu pengetahuan sosial seperti Ekonomi, Akuntansi, Geografi, Sosiologi, dan lain sebagainya
  • Teknik, berkaitan dengan ilmu di bidang teknik seperti otomotif, sipil, industri, komputer, listrik, dan lainnya
  • Kecantikan, fokus pada bidang kecantikan seperti tata busana, tata rias, tata boga, dan lainnya

Cabang ilmu pendidikan pun dibagi lagi menjadi tingkatan atau jenjang mulai dair PGPAUD, PGSD, dan pendidikan luar biasa untuk anak berkebutuhan khusus.

2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (MIPA)

Selain dipelajari dalam Fakultas Pendidikan, MIPA juga berdiri sendiri menjadi jurusan terpisah untuk ilmu murni. Bidang ini mempelajari tentang fenomena dan tanda-tanda di alam semesta dan Anda akan lebih fokus untuk mempelajari beberapa topik yang berkaitan dengan sains ilmu pengetahuan alam.

Baca juga : rekomendasi universitas swasta terbaik di medan

Contohnya seperti biologi, fisika, geofisika, statistika, kimia, matematika, astronomi, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa lebih fokus memilih salah satu dari subjek mata pelajaran tersebut.

3. Sosial Humaniora/IPS

Jurusan sosial humaniora atau yang biasa disingkat dengan soshum menjadi jurusan yang peminatnya cukup banyak. Bahkan tak sedikit anak-anak SMA yang sekolah di jurusan MIPA memilih soshum saat kuliah di universitas.

Beberapa jurusan yang berkaitan dengan bidang ilmu ini seperti sastra Inggris, hubungan internasional, ilmu politik, ilmu komunikasi, psikologi, hukum, akuntansi, ekonomi, dan lainnya. Desain komunikasi visual juga termasuk dalam kategori ini.

4. Komputer dan Informatika

Jurusan di bidang ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendalami teknologi. Di dalam fakultas ini juga masih terdapat banyak jurusan informatika yang bisa dipelajari. Mulai dari pengembangan dan pembuatan aplikasi, database, jaringan komputer, sistem informasi, dan masih banyak lagi.

Beberapa jurusan yang bisa Anda ambil untuk bidang ilmu ini seperti Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Manajemen Informasi.

5. Kedokteran dan Kesehatan

Meskipun banyak peminatnya, jurusan kedokteran dan kesehatan termasuk yang cukup sulit ditembus. Mereka yang ingin masuk jurusan ini selain harus pintar, pekerja keras, dan teliti, dananya juga harus cukup.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan kuliah online

Jurusan di bidang kedokteran pun cukup banyak dan tidak hanya mengandalkan teori namun juga praktek langsung. Contohnya seperti Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Gizi, Kedokteran Hewan, serta Kebidanan.

6. Hukum

Bagi yang tertarik untuk menjadi pengacara, hakim, maupun jaksa, maka jurusan hukum adalah yang paling cocok. Jurusan ini juga termasuk banyak diminati karena memiliki prospek yang bagus di dunia kerja. Selain bekerja di pengadilan, Anda juga bisa menjadi notaris, HRD, dan profesi yang berkaitan lainnya.

Nama-nama jurusan hukum pun cukup beragam. Contohnya seperti Hukum Publik, Hukum Perdata, Ilmu Hukum, Hukum Internasional, dan Hukum Pidana.

7. Seni dan Desain

Bagi yang memiliki jiwa seni, maka jurusan seni dan desain sangat cocok untuk diambil. Di fakultas ini, kreativitas Anda di bidang seni akan benar-benar diasah. Mulai dari daya imajinasi, kreasi, hingga aktualisasi dalam bentuk karya seperti menari, drama, melukis, dan lainnya.

Beberapa jurusan yang termasuk dalam bidang seni contohnya seperti seni tari, seni rupa, seni rupa kreatif dan desain, seni music, administrasi seni, kerajinan tangan, dan lainnya. Jurusan ini lebih cocok bagi anak-anak yang memang memiliki bakat di bidang ini.

8. Ilmu Pertanian

Ilmu di bidang ini khusus untuk membahas tentang dunia pertanian. Sangat cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan potensi pertanian di Indonesia.

Baca juga : perbedaan digital marketing dan tradisional marketing

Bahkan saat ini terdapat salah satu universitas ternama yang memang khusus untuk bidang pertanian yakni IPB (Institut Pertanian Bogor).

Penutup

Dari berbagai macam jurusan kuliah di atas, tentu Anda harus menyesuaikan dengan minat, bakat, serta budget yang dimiliki. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda untuk memutuskan bidang kuliah yang akan dipilih kedepannya, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.