Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Ciri-ciri Aplikasi Investasi Terbaik yang Aman dan Terpercaya

3 min read

Ciri-Ciri Aplikasi Investasi Terbaik yang Aman dan Terpercaya

Investasi adalah salah satu cara untuk melindungi nilai kekayaan kita. Selain itu, investasi juga dapat melindungi nilai aset dari inflasi yang dapat menyebabkan turunnya daya beli uang. Namun, kamu tidak boleh asal-asalan memilih investasi. Pastikan kamu hanya memilih aplikasi investasi terbaik, aman dan terpercaya.

Baca juga : memahami perbedaan investasi dan spekulasi

Saat ini ada banyak aplikasi yang menawarkan produk investasi bodong. Alih-alih mendapatkan untung besar, aplikasi investasi bodong justru malah merugikan kamu.

Ciri-ciri Aplikasi Investasi yang Aman

Umumnya ada beberapa ciri-ciri khusus aplikasi investasi terbaik. Berikut sudah kami rangkum apa saja ciri-cirinya agar kamu tidak sampai salah pilih.

1. Sudah Terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Ciri-ciri pertama yang harus kamu perhatikan adalah keterdaftarannya di lembaga Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Pastikan aplikasi tersebut terdaftar di OJK dan diawasi langsung oleh lembaga tersebut.

Aplikasi yang terdaftar di OJK umumnya akan mengikuti peraturan dari lembaga tersebut. Maka dari itu, cek keterdaftaran aplikasi investasi terbaik yang akan kamu gunakan terlebih dahulu.

2. Tidak Menjanjikan Keuntungan Terlampau Tinggi

Kebanyakan produk investasi menawarkan keuntungan yang tidak pasti karena bersifat fluktuatif. Meski begitu, ada juga investasi dengan tingkat risiko yang minim dengan nilai keuntungan yang sesuai dengan tingkat risikonya.

Kesimpulannya, semakin tinggi keuntungan investasi, maka semakin tinggi juga risikonya. Begitu juga sebaliknya. Itulah kenapa, aplikasi investasi terbaik umumnya tidak akan menjanjikan 100% keuntungan yang tinggi.

3. Tidak Menjanjikan Keuntungan Dalam Waktu yang Cepat

Keuntungan dari investasi memerlukan proses. Itulah kenapa, jangka waktu investasi pun tergolong beragam mulai dari di bawah 1 tahun bahkan lebih dari 3 tahun. Semakin lama jangka waktu investasi yang kamu pilih, maka potensi mendapatkan keuntungan yang tinggi pun semakin besar.

Baca juga : pengertian dan fungsi pasar modal

Itulah kenapa, aplikasi investasi terbaik juga tidak akan menjanjikan keuntungan dalam waktu yang cepat. Pasalnya, semua produk investasi memerlukan proses jangka waktu tertentu.

4. Proses Pembelian dan Penjualan Dilakukan Secara Resmi

Aplikasi investasi terbaik menawarkan proses penjualan dan pembelian investasi yang resmi. Proses transaksinya pun bisa langsung dilakukan pada aplikasi terkait. Berbeda dengan investasi bodong yang melakukan proses jual beli secara tidak resmi.

5. Perusahaan Maupun Produk Jelas dan Kredibel

Ciri-ciri aplikasi investasi terbaik juga dapat dengan mudah kamu bedakan dari kredibilitasnya. Umumnya aplikasi yang menyediakan produk investasi memberikan informasi yang jelas terkait perusahaan yang menaunginya.

Selain kredibilitas perusahaan, produk yang ditawarkannya pun jelas. Contohnya seperti produk reksadana, saham, pasar modal, dan lainnya. Berbeda dengan investasi bodong yang tidak jelas perusahaan dan jenis produknya.

6. Pengelolaan Dana Investor Terbuka dan Transparan

Dana yang kamu ‘tanamkan’ untuk modal investasi akan dikelola secara transparan oleh lembaga keuangan terkait. Terutama bagi kamu yang memilih jenis investasi yang pengelolaan dananya dilakukan oleh manajer investasi.

Melalui aplikasi yang aman dan terpercaya, kamu akan mendapatkan laporan transparansi penggunaan dana setiap bulannya.

7. Proses Pencairan Lancar

Berbeda dari aplikasi investasi bodong, melalui aplikasi yang kredibel kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penanaman modal secara mudah. Pasalnya, proses pencairan dana tergolong sangat mudah sekali dilakukan.

Berbeda dengan investasi bodong yang keuntungan dan pencairannya biasanya sering macet. Investasi bodong biasanya hanya memberikan return di awal saja agar investor mau menambahkan modal yang lebih besar. Selanjutnya, keuntungannya tidak bisa dicairkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aplikasi Investasi

Saat ini aplikasi telah membawa pengalaman baru bagi para investor di Indonesia yang ingin berinvestasi. Dengan aplikasi, investor bisa berinvestasi kapan saja dan dimana saja. Namun kamu tidak boleh asal memilih aplikasi tersebut.

Baca juga : contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan

Berikut beberapa point yang perlu diketahui saat berencana berinvestasi pada berbagai aplikasi investasi, diantaranya yaitu:

  • Pastikan aplikasi sudah terdaftar di OJK dan memiliki informasi perusahaan yang lengkap dan jelas.
  • Tersedia informasi produk investasi dijelaskan secara detail mulai dari jenisnya, cara pendaftaran, pembelian, penjualan, hingga tingkat risikonya.
  • Memberikan informasi minimum dana atau modal yang ditawarkan pada aplikasi.
  • Ketahui berapa persen penghasilan yang bisa kamu dapatkan.
  • Menyediakan beberapa jangka investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik

Bingung memilih aplikasi untuk berinvestasi? Aplikasi digibank by DBS bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Pasalnya, selain sudah terdaftar di OJK, aplikasinya juga menyediakan banyak sekali produk Reksadana yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

digibank by DBS juga merupakan aplikasi perbankan dimana kamu bisa melakukan aktivitas perbankan dengan mudah dan nyaman dalam satu genggaman.

Kelebihan Aplikasi digibank by DBS

digibank by DBS juga merupakan aplikasi yang memberikan banyak keuntungan. Pasalnya, aplikasi ini memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:

1. Proses Pembukaan Rekening Mudah dan Cepat

Untuk berinvestasi di aplikasi digibank by DBS kamu harus memiliki rekening di digital banking tersebut terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, karena proses pembukaan rekening kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengisi dokumen berlembar-lembar.

2. Proses Verifikasi Mudah

Kamu hanya memerlukan sidik jari dan juga e-KTP untuk verifikasi. Dua syarat tersebut sudah cukup untuk melakukan verifikasi data milikmu di aplikasi.

3. Transfer dan Tarik Tunai Gratis

Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan layanan gratis transfer ke rekening di bank yang sama maupun ke bank lain. Selain itu juga menawarkan layanan tarik tunai gratis di berbagai ATM.

Baca juga : jasa pasang iklan melalui press release media nasional

Ingin berinvestasi aman? Yuk, pasang aplikasi terbaik, digibank by DBS. Selain menawarkan produk investasi yang lengkap, risiko yang dimilikinya pun tergolong minim.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.