Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Penyebab Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto

2 min read

Instagram memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menyimpan foto atau video, tapi sekarang ada permasalahan. Ada alasan tak terbentuk kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto, salah satunya karena tidak belum update aplikasi dan koneksi internet buruk.

Baca juga : Cara Verifikasi Instagram Centang Biru

IG termasuk salah satu aplikasi atau media sosial yang populer di berbagai kalangan. Kepopuleran tersebut karena aplikasi ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengupload foto maupun video. Bahkan, Pengguna juga bisa download foto dari pengguna lainnya.

Namun, terkadang saat download foto terjadi masalah Tidak bisa tersimpan. Sebenarnya Kenapa kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto? Tentunya hal tersebut terjadi karena beberapa faktor dan bisa diatasi dengan mudah sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto

Sedang mengalami permasalahan tidak bisa download foto dari Instagram, saat ini tidak perlu khawatir berlebihan. Mengingat ada solusi yang bisa diterapkan.

Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto

Namun, untuk mengetahui solusi tersebut, terlebih dahulu ketahui apa saja penyebabnya. Di antaranya yaitu:

1. Tidak Tersedia Opsi Download

Alasan pertama Kenapa Instagram tidak bisa menyimpan video atau foto karena tidak adanya pilihan untuk download.

Memang sebenarnya aplikasi ini tidak menyediakan fitur download untuk setiap foto maupun video, kecuali jika sudah update aplikasinya

Jadi, jika memang ingin download bisa menggunakan fitur atau situs lain. Situs tersebut bisa Anda cari secara langsung melalui internet. Sedangkan untuk aplikasi biasa anda cari melalui Google Play Store maupun App Store.

2. Dilengkapi Fitur Keamanan yang Cukup Ketat

Pada sebagian pengguna yang memang membatasi kontennya agar tidak didownload oleh semua orang. Maka dari itu tak heran saat ada yang ingin download konten tersebut tidak bisa atau gagal, sekalipun sudah menggunakan tambahan aplikasi.

Baca juga : Cara Save Reels Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain itu, anda tidak bisa download foto atau video di Instagram karena fitur keamanan yang cukup. Hal tersebut terjadi karena untuk menghindari copyright. Namun, perbedaannya jika anda izin ke pemilik akun.

3. Akun Instagram di-private

Apakah Anda menyukai salah satu konten kreator yang ada di Instagram? Jika benar, sudah pasti biasanya akan sering melihat konten-kontennya, sehingga tertarik untuk download foto atau videonya.

Bahkan, jika penasaran dengan akun tertentu, tapi ternyata akunnya private tentu tidak akan bisa mengakses foto atau video. Hal inilah yang menyebabkan Kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto ke galeri.

4. Foto yang Diupload Mengandung kekerasan

Alasan lain kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto karena mengandung kekerasan. Jadi, secara otomatis setiap tahun dan maupun foto atau video yang mengandung kekerasan akan dikunci kelebihan Instagram. Tujuannya agar video tersebut tidak berasal dari bahasa.

Sekalipun bisa disimpan, foto atau video tersebut akan penuh dengan efek sensor untuk menutupinya. Maka dari itu, jangan heran jika hal ini terjadi karena pihak Instagram mempunyai Syarat dan ketentuan berlaku.

5. Koneksi Internet Buruk

Kemungkinan terbesar yang bisa menyebabkan Instagram tidak dapat menyimpan foto karena koneksi internet buruk. Hal tersebut terjadi karena kesalahan penggunaan atau human error, sehingga jangan menyalahkan aplikasinya.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Unfollow Instagram Terbaik

Maka dari itu jika ingin download foto atau video dengan bantuan aplikasi maupun situs, pastikan terlebih dahulu mengecek kondisi internet. Jika bagus, Anda bisa melanjutkan download foto atau video. Jika buruk, sebaiknya tunggu hingga koneksi internet lancar kembali.

Cara Mudah Mengatasi Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto

Meskipun banyak sekali faktor yang menyebabkan Instagram tidak bisa menyimpan foto. Namun, tetap saja ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Lebih jelasnya berikut ini di bawah ini beberapa cara simple yang bisa Anda terapkan dalam mengatasi error instagram tidak bisa save foto, di antaranya yaitu:

1. Periksa Koneksi Internet

Cara pertama yang bisa anda terapkan untuk mengatasi Instagram tidak bisa menyimpan foto yaitu pastikan koneksi internet stabil. Sedangkan cara untuk mengecek koneksi internet tidak hanya bisa anda lihat dari tampilan, tapi coba untuk membuka aplikasi lain.

Misalnya saja membuka aplikasi YouTube atau internet. Jika lancar, tapi tetap tidak bisa menyimpan foto di Instagram, mungkin saja memang server Instagram sedang error. Sedangkan untuk mengatasinya tunggu hingga server kembali normal.

2. Hapus Sampah atau Cache Aplikasi

Bagi Anda yang selalu menggunakan aplikasi Instagram, sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara menghapus sampah atau cache. Mengingat jika sampah aplikasi terlalu menumpuk bisa menyebabkan aplikasi tidak bekerja dengan baik, begitu juga saat menyimpan foto atau video.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Instagram

Sedangkan untuk menghapus sampah aplikasi cukup mudah, bisa melalui menu pengaturan atau File Manager. Pada menu tersebut, pilih aplikasi Instagram. Selanjutnya hanya perlu memilih hapus sampah atau cache dan secara otomatis akan terhapus.

3. Update ke Versi Terbaru

Cara terakhir yang dapat diterapkan untuk mengatasi Instagram tidak bisa menyimpan foto yaitu melakukan update ke versi terbaru melalui playstore. Jadi, di versi terbaru ini tersedia fitur download foto atau video secara otomatis.

Namun, untuk bisa menggunakan fitur tersebut terlebih dahulu harus mengaktifkannya pada menu  pengaturan dan privasi. Setelah aktif, anda akan lebih mudah lagi untuk bisa menyimpan foto atau video kapanpun sesuai dengan keinginan.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai alasan kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto atau video beserta solusi mengatasinya. Jadi, dengan adanya penjelasan ini tidak perlu khawatir lagi jika mengalami kesulitan menyimpan foto.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.