Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Tips Cara Mengatasi File Lainnya atau File Serbaneka di Android

2 min read

Ada beberapa cara mengatasi file lainnya atau file serbaneka yang bisa dilakukan. Diantaranya menggunakan aplikasi tambahan seperti clean master, root Explorer dan EZ File Explorer. Bisa juga mengatasi dengan menu bawaan seperti menu serbaneka dan factory reset.

Baca juga : Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

Perlu Anda ketahui, salah satu faktor yang dapat menyebabkan HP lemot ialah karena penyimpanan terlalu penuh. Meskipun terkadang sudah mencoba menghapus file tidak penting, tapi tetap saja penyimpanan masih penuh. Solusi tepat untuk mengatasinya yaitu dengan menghapus file lainnya atau file sebaneka.

Cara mengatasi file lainnya atau file serbaneka ini cukup mudah. Bahkan, bisa mengatasinya menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Nantinya saat file lainnya sudah teratasi, ruang penyimpanan akan lebih lega.

Mengenal Apa Itu File Lainnya atau File Sebaneka

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara untuk mengatasi maupun menghapus file lainnya, terlebih dahulu ketahui maksud dari file tersebut.

Sederhananya file sebaneka merupakan file yang tersimpan pada HP Android tidak termasuk aplikasi, video, gambar, audio, cache dan MP3.

Cara Mengatasi File Lainnya atau File Serbaneka

Adapun maksud dari file lainnya atau sebaneka meliputi Zip, pdf, txt, png, ttf dan lainnya. Diibaratkan file tersebut merupakan sampah yang keberadaannya sulit untuk diketahui. Padahal file tersebut jika terlalu banyak pada HP Android bisa menyebabkan HP lemot.

Maka dari itu penting sekali untuk mencari file tersebut dan menghapusnya untuk memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar. Namun, pastikan jika sel tersebut memang tidak penting. Jika memang penting, terlebih dahulu pindahkan ke Google Drive.

Cara Mengatasi File Lainnya atau File Serbaneka Tanpa Aplikasi

Ada dua metode yang bisa anda terlalu lakukan untuk mengatasi atau menghapus file lainnya di HP Android tanpa menggunakan aplikasi. Kedua cara tersebut dengan memanfaatkan menu serbaneka dan melakukan factory reset. Lebih jelasnya lagi berikut ini dua cara tersebut.

1. Menghapus File Lainnya di Menu Serbaneka

Cara pertama yang bisa anda diterapkan untuk mengatasi file lainnya tanpa menggunakan aplikasi bisa memanfaatkan menu serbaneka. Jadi menu tersebut berada di pengaturan. Adapun lebih jelasnya mengenai caranya, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama buka menu pengaturan.
  • Setelah itu pilih menu penyimpanan.
  • Dilanjutkan dengan memilih menu serbaneka.
  • Secara otomatis akan muncul banyak file serbaneka.
  • Selanjutnya pilih file serbaneka yang tidak penting.
  • Setelah itu hapus.

2. Melakukan Factory Reset

Cara kedua yang bisa anda terapkan untuk mengatasi file lainnya atau file serba guna di HP android yaitu dengan melakukan factory reset.

Cara terakhir ini bisa menjadi solusi jika memang sudah menerapkan cara pertama tapi masih terdapat file lainnya dengan ukuran yang cukup besar.

Baca juga : Penyebab Kode Facebook 6 Digit Tidak Muncul

Adapun tujuan dari melakukan factory reset yaitu untuk mengembalikan penyimpanan menjadi lebih besar seperti sebelumnya.

Namun, jika anda melakukan cara ini siap-siap harus baik langsung offline atau dokumen. Jika tidak ingin seperti itu, terlebih dahulu pindahkan file ke komputer atau Google Drive.

Cara Menghapus File Lainnya Menggunakan Aplikasi

Selain bisa mengatasi file lainnya tanpa menggunakan aplikasi, ada juga beberapa cara yang bisa diterapkan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Lebih jelasnya lagi mengenai bagaimana caranya, berikut ini penjelasannya.

1. Menggunakan Aplikasi Clean Master

Cara mengatasi file lainnya atau file serbaneka bisa menggunakan aplikasi clean master. Mungkin hampir setiap orang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, karena biasanya sudah ada di HP tanpa install. Sedangkan untuk cara menghapusnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Jika belum mempunyai aplikasi clean master, silahkan download terlebih dahulu melalui Google Play Store maupun App Store secara gratis.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  • Jika sudah, klik Berkas Sampah.
  • Selanjutnya pilih Lanjutan pada bagian pojok atas kanan. Setelah itu klik hapus file serbaneka.
  • Silahkan restart kembali ponsel Anda agar hasil optimal.

2. Menggunakan Aplikasi Root Explorer

Cara kedua mengatasi file lainnya atau file sebaneka bisa menggunakan aplikasi Root Explorer. Namun, cara ini bisa anda terapkan jika memang menggunakan HP tipe Xiaomi. Mengingat biasanya ada HP Xiaomi yang memang tidak bisa menerapkan cara sebelumnya.

Jadi, jika ingin mengatasi file yang menggunakan aplikasi ini, maka terlebih dahulu harus melakukan instal aplikasinya. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk memastikan HP Xiaomi dalam kondisi rooted atau root.

3. Menggunakan Aplikasi EZ File Explorer

Mengatasi file lainnya yang selanjutnya bisa menggunakan aplikasi EZ File Explorer. Cara ini banyak diterapkan bagi pengguna HP Android karena terbilang sangat mudah. Jika tertarik untuk menerapkan cara ini, pastikan menerapkan langkah-langkah berikut ini dengan benar.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu download aplikasinya melalui layanan Google Play Store di Android Anda.
  • Setelah itu instal aplikasinya. Lanjutkan dengan membuka aplikasi.
  • Langkah selanjutnya pilih memori internal.
  • Secara otomatis file di memori internal akan muncul.
  • Jika sudah, pilih analyze pada bagian kanan atas.
  • Selanjutnya akan muncul pengelompokan file dan size.
  • Langkah selanjutnya pilih salah satu file tersebut.
  • Setelah itu pilih detail.
  • Jika sudah, Hapus semua file tersebut.
  • Sebelum itu pastikan jika file semuanya tidak penting.
  • Langkah selanjutnya klik file sampah.
  • Langkah terakhir klik bersihkan sekarang. Selesai dan semoga berhasil.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi file lainnya atau file serbaneka di HP Android yang bisa Anda coba dengan mudah.

Baca juga : Cara Mengembalikan Akun Telegram yang di Hack

Dari beberapa cara tersebut Anda bisa memilih tanpa aplikasi atau menggunakan aplikasi. Sebenarnya apapun cara yang dipilih intinya sama yaitu untuk mengatasi file lainnya yang berlebihan. Semoga berhasil.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.