Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Cara dan Penyebab Kode Facebook 6 Digit Tidak Muncul

2 min read

Saat membuat facebook baru biasanya dibutuhkan kode 6 digit untuk konfirmasi. Ada beberapa penyebab kode Facebook 6 digit tidak muncul misalnya seperti permasalahan nomor ponsel dan alamat email. Hal ini bisa ditanggulangi dengan beberapa cara.

Baca juga : Cara Mengembalikan Akun Telegram yang di Hack

Kode konfirmasi facebook sebenarnya sangat penting untuk keamanan si pengguna sendiri. Belakangan ini seringkali beberapa akun mengalami hacking. Dan akhirnya dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Penyebab Kode Konfirmasi Facebook Tidak Muncul

Hal pertama yang paling sering terjadi adalah karena nomor pada akun tersebut sudah tidak aktif kembali. Facebook sendiri muncul di awal tahun 2000-an. Sehingga kemungkinan besar banyak orang yang sudah mengganti ponsel mereka.

Hal kedua adalah nomor yang digunakan belum terverifikasi oleh Facebook. Pastikan bahwa setelah membuat akun dan melakukan konfirmasi, facebook akan memberikan kontak balasan. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan kode 6 digit.

Penyebab Kode Facebook 6 Digit Tidak Muncul

Itulah alasan yang paling sering menjadi penyebab tidak munculnya kode konfirmasi 6 digit. Sebagai pengguna juga harus jeli dan mencari informasi tentang permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya akan dibahas mengenai cara untuk mendapatkannya.

Cara Mengatasi Kode Facebook 6 Digit Tidak Muncul

Berdasarkan beberapa faktor dari penyebab kode Facebook 6 digit tidak muncul, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama harus mengenali penyebabnya dan dicari solusinya. Adapun cara yang dapat dicoba adalah:

1. Mendapatkan Kode dengan Nomor Handphone

Untuk menggunakan cara ini, nomor HP yang digunakan harus terverifikasi pada saat awal pendaftaran akun. Caranya adalah dengan membuka halaman Facebook selanjutnya masuk ke bagian Pengaturan. Lalu klik Forgot Password.

Baca juga : Jadwal FYP Tiktok Terbaru

Selanjutnya tinggal masukkan nomor HP yang telah terverifikasi ke dalam kolom Forgot Password. Selanjutnya pilih kode Kirim Konfirmasi. Setelah menunggu beberapa saat maka kode akan masuk ke nomor ponsel tersebut.

2. Mendapatkan Kode dengan Alamat Email

Umumnya pada saat pendaftaran, diminta dua akun yang dibutuhkan yakni email dan nomor ponsel. Nah Anda perlu memasukkan alamat email yang belum digunakan untuk mendaftar facebook, usahakan email tersebut aktif ya.

Caranya adalah dengan masuk ke tautan www.facebook.com/confirmemail.php. Selanjutnya klik salah pada bagian nomor ponsel dan ganti dengan email yang masih aktif. Lalu kode konfirmasi 6 digit juga akan masuk ke alamat email tersebut.

3. Request Kode Ulang

Cara ini dapat dilakukan karena ada jutaan orang di dunia yang mungkin mengakses aplikasi ini. Dengan adanya hal tersebut ada kemungkinan down server atau kode yang terkirim ke pengguna lain. Maka dari itu melakukan request ulang bisa menjadi hal yang tepat untuk dilakukan.

Caranya dapat melalui ponsel ataupun email dengan mengulangi cara yang telah dilakukan diatas. Hal ini bisa menjadi penting sebab ada banyak penyebab dari kode yang tidak terkirim ke email maupun nomor ponsel.

4. Mengecek Folder Spam Email

Terkadang seringkali kode yang masuk berada di email spam dan bukan di kotak masuk. Misalnya saat secara tidak sadar memindahkan pesan dari Facebook menuju folder buangan. Disinilah ada kemungkinan kode 6 digit masuk ke wilayah tersebut.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Caranya adalah dengan login ke email yang masih aktif dan langsung menuju folder spam. Meskipun sebenarnya hal ini cukup jarang terjadi karena Facebook merupakan perusahaan besar. Dimana biasanya kategori emailnya tidak masuk kotak buangan.

5. Pastikan Nomor Operator Seluler dalam Keadaan Stabil

Terkadang kendala jaringan bisa menjadi masalah menghambat masuknya kode 6 digit Facebook. Biasanya di daerah yang sinyalnya kurang stabil permasalahan ini bisa saja terjadi. Maka dari itu bisa mengontak operator seluler untuk memastikan hal tersebut.

Apabila ada kendala di layanan seluler seperti sedang perbaikan atau lumpuh, maka akan menghambat masuknya SMS atau telepon. Selain itu, apabila nomor berada di masa tenggang juga bisa mengakibatkan kode tidak masuk. Pastikan kembali hal tersebut.

6. Menghubungi Opsi Bantuan Facebook

Cara ini agak memakan waktu apabila dilakukan karena membutuhkan konfirmasi kembali dari admin. Caranya adalah dengan mengklik icon 3 garis di pojok kanan atas lalu pilih bantuan. Pilih melaporkan masalah dan tulis di kolom komentar tentang kendala tersebut.

Selanjutnya tunggu sekitar 1 x 24 jam untuk mendapatkan balasan dan tanggapan. Facebook akan menjawab sesuai dengan kendala juga permasalahan yang dihadapi. Biasanya terlebih dahulu akan di crosscheck dan verifikasi tentang akun yang bermasalah.

7. Usahakan Tidak Request Code Facebook saat Dini Hari

Rata-rata operator seluler melakukan reset sistem pada pukul 01.00-05.00 dini hari. Pada jam-jam ini kebanyakan orang tidak bermain internet karena membutuhkan waktu untuk tidur. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk merefresh kembali layanan aplikasi facebook.

Baca juga : Cara Menandai Chat Penting di Whatsapp

Pada jam-jam ini semua tindakan yang dilakukan biasanya tidak akan bisa bekerja. Maka dari itu jika mengirim SMS maka pesan tersebut tidak akan masuk ke dalam sistem. Jadi sebaiknya jangan merequest kode 6 digit pada dini hari.

Penutup

Itu dia beberapa penyebab kode Facebook 6 digit tidak muncul dan juga solusi yang bisa Anda coba. Perlu diketahui bahwa kode tersebut dapat diakses harus menggunakan akun yang masih aktif.

Maka dari itu manfaatkanlah sosial media dengan bijak. Semoga bermanfaat dan terimakasih. See you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.