Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

6 Kelebihan dan Kekurangan Instagram bagi Pengguna

2 min read

Apakah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan instagram? Setiap aplikasi pasti mempunyai keunggulan serta kelemahan masing-masing. Tidak terkecuali pada instagram yang merupakan salah satu aplikasi dengan pengguna cukup banyak untuk melakukan interaksi. Baik dengan cara share story maupun chatting bersama teman dan keluarga.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Selain itu, aplikasi instagram ini banyak dibutuhkan pengguna untuk bisnis, interaksi sosial, hiburan, sarana informasi dan sebagainya.

Dengan adanya aplikasi instagram ini tentu banyak pengguna ingin memiliki aplikasi tersebut. Tetapi aplikasi ini juga mempunyai kekurangan yang perlu Anda ketahui agar bisa mengatasi kekurangan aplikasi instagram ini.

Kelebihan dan Kekurangan Instagram

Untuk perkembangan sekarang banyak aplikasi yang memberikan kelebihan dan kekurangan bagi pengguna. Nah, buat Anda yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan instagram tersebut coba baca informasi di bawah ini.

Kelebihan Instagram

Berikut di bawah ini beberapa keunggulan instagram bagi pengguna yang perlu Anda ketahui lebih lanjut, di antaranya yaitu:

1. Instagram Memiliki Banyak Fitur Menarik

Aplikasi instagram memiliki fitur yang menarik untuk diperhatikan pengguna. Misalnya dengan membuat foto dan video di aplikasi tersebut. Kemudian setelah itu di unggah di akun instagram dengan memberikan fitur yang lucu.

Kelebihan dan kekurangan instagram

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan siaran langsung kepada pengguna. Sehingga pengguna dengan mudah melakukan komunikasi kepada teman dan keluarganya.

2. Instagram Menyediakan Layanan Sistem Keamanan Privasi

Dalam aplikasi instagram memiliki keamanan privasi yang kuat. Hal itu dapat dibuktikan dengan pengaturan keamanan jika pengguna melakukan kunci privat. Maka siapapun yang tidak berteman dengan pengguna tidak akan bisa melihat foto yang di posting.

Baca juga : Cara Download Story Instagram Tanpa Watermark

Sehingga jika ingin melihat foto dan video pengguna diperlukan untuk minta pertemanan terlebih dahulu. Ketika minta pertemanan maka tinggal menunggu pertemanan itu diterima apa tidak oleh pengguna. Jika di terima pertemanan itu maka akan bisa melihat foto dan video yang diunggah tersebut.

3. Digunakan Sebagai Media Pengembangan Bisnis

Kelebihan lain dari media sosial satu ini yaitu dapat Anda gunakan sebagai media bisnis. Di mana Anda dapat melakukannya dengan tujuan memberikan benefit pengguna.

Dengan aplikasi instagram ini akan mempermudah pengguna untuk melakukan promosi di media sosial secara online. Selain itu juga, akan memberikan komunikasi yang cepat kepada pelanggan.

Selain itu juga, aplikasi instagram ini gratis digunakan dengan cara hanya mendownload saja di play store. Ketika sudah mendownload pengguna tinggal memakainya tanpa harus membayar kepada siapapun. Hanya sekedar butuh terkoneksi ke internet saja dan harus mempunyai kuota.

Meskipun begitu, aplikasi satu ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui. Hal tersebut dapat Anda gunakan sebagai referensi atau pemahaman terkait kelemahan dari media sosial yang banyak digunakan sebagai alat berkomunikasi ini.

Kekurangan Instagram

Jika Anda belum memahami terkait kekurangan apa saja yang dimiliki oleh media sosial ini. Anda dapat mengetahuinya secara detail melalui pembahasan berikut ini:

1. Menghabiskan Kuota Terlalu Banyak

Selain aplikasi mempunyai kelebihan tentu terdapat kekurangan. Salah satu kekurangan instagram adalah menghabiskan banyak kuota yang digunakan. Jika pengguna selalu live streaming dan mendownload video di instagram. Maka data yang digunakan itu akan cepat habis untuk melakukan aktivitas tersebut.

Maka dari itu, pengguna harus bisa menggunakan kuota yang tepat untuk melakukan postingan di aplikasi instagram.

Tujuannya agar pengguna tidak boros dalam menggunakan kuota yang dibutuhkan itu. Sehingga kuota internet itu bisa digunakan dengan waktu yang tepat guna untuk aktivitas yang dilakukan pengguna itu sendiri

2. Kualitas Unggahan di Instagram Tergolong Rendah

Setiap pengguna aplikasi ini tidak dapat melakukan posting video dalam durasi waktu cukup lama. Sebab, fitur yang Instagram berikan hanya berkitar 30 detik hingga 2 menit saja. Oleh karena itu, bagi Anda pengguna aplikasi Instagram harus dapat menyesuaikan dengan baik.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Maka dari itu, pengguna aplikasi instagram wajib melalukan pemilihan video atau foto yang paling bagus sebelum mengunggahnya. Hal tersebut dikarenakan terdapat batasan minimal foto dan video yang akan di unggah. Sehingga hasil yang terbentuk akan lebih maksimal dan memuaskan pelanggan.

3. Sebagai Media Bisnis, Anda Wajib Melakukan Update Setiap Hari di Instagram

Bagi pengguna instagram, Anda harus rajin update produk jualan dengan cara promosi. Alasannya karena pada aplikasi instagram terdapat waktu-waktu tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Instagram bagi Pengguna

Jika tidak rajin posting maka konsumen tidak akan mengetahui produk yang Anda jual. Selain itu, kunci utama dari keberhasilan jualan Anda adalah konsistensi

Jika pengguna jarang melakukan postingan di aplikasi instagram maka pengetahuan konsumen terhadap produk tidak akan berkembang. Sebab, tampilan tidak pernah berubah. Sehingga, beberapa dari pelanggan akan menganggap bahwa Anda sudah berhenti melakukan penjualan melalui sosial media tersebut.

Kesimpulan

Itulah kelebihan dan kekurangan instagram yang perlu Anda pahami. Gunakanlah aplikasi Instagram ini sebijak mungkin khususnya untuk hal-hal yang bermanfaat seperti berkomunikasi, mencari uang, dan sebagainya.

Tetapi dengan mengetahui kekurangan dari aplikasi tersebut. Pastikan Anda mengurangi pemakaian untuk beberapa hal tidak begitu penting. Semoga informasi tersebut memberikan banyak manfaat.

Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.