Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Solusi dan Penyebab Kenapa Tidak Bisa Save Story Instagram

3 min read

Banyak alasan kenapa tidak bisa save story Instagram seperti penyimpanan penuh, menggunakan aplikasi versi lama dan hal lainnya. Tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Instagram sendiri merupakan aplikasi untuk membagikan postingan dalam berupa foto maupun video. Selain itu, Instagram juga memberikan kemudahan kepada pengguna untuk update Story atau status. Bahkan, story sudah di upload bisa di download dengan mudah.

Baca juga : Cara Mengatasi Koin TikTok Tidak Nambah

Terlepas dari kemudahan tersebut, terkadang ada beberapa masalah yang menyebabkan Story tidak bisa disimpan. Lalu sebenarnya kenapa tidak dapat save story Instagram? Tentunya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, begitu juga banyak solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Save Story Instagram

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi Kenapa tidak bisa save Story dari Instagram.

Kenapa Tidak Bisa Save Story Instagram

Lebih jelasnya berikut di bawah ini beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan Story gagal tersimpan di galeri. Di antaranya yaitu:

1. Instagram yang Digunakan Masih Versi Lama

Tanpa sadar saat Story tidak bisa disimpan di galeri akan merasa jengkel. Padahal mungkin saja hal tersebut terjadi karena Instagram belum di update ke versi terbaru.

Maka dari itu sebaiknya update terlebih dahulu. Adapun cara updatenya cukup mudah, karena bisa melalui google playstore.

Selain bisa save Story, keuntungan lain yang bisa didapatkan jika update aplikasi ke versi terbaru yaitu bisa menikmati fitur-fitur lain. Tentunya dengan banyaknya fitur yang digunakan akan memberikan keuntungan dan memberikan kesan menyenangkan saat bermain Instagram.

2. Menumpuknya Cache Instagram

Cache atau sampah juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi Story Instagram tidak bisa tersimpan. Sama halnya sampah yang terlalu penuh di HP bisa menyebabkan kinerjanya semakin menurun.

Baca juga : Mengatasi Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto

Sedangkan untuk memastikan jika memang penyebabnya karena sampah aplikasi menumpuk, cek terlebih dahulu pada menu pengaturan.

Di menu tersebut ada Pengaturan khusus untuk aplikasi dan pilih saja aplikasi Instagram. Jika sampah cukup banyak, langsung hapus.

3. Penyimpanan HP Penuh

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika HP anda mempunyai ruang penyimpanan kecil dan sudah penuh, tentunya dapat mempengaruhi kinerja dari HP. Bahkan, hal tersebut juga berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi.

Hal inilah yang bisa menyebabkan Kenapa Story Instagram tidak bisa tersimpan. Tentu untuk mengatasi permasalahan ini terlebih dahulu hapus file atau dokumen yang tidak penting. Selain itu, hapus juga sampah atau cache di HP.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Simpan Story di Instagram

Setiap permasalahan pasti ada solusinya, begitu juga saat tidak bisa save Story Instagram. Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi Story tidak bisa tersimpan. Selengkapnya Berikut ini beberapa caranya.

1. Atur Kembali Setelan Simpan ke Galeri

Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi tidak bisa save Story yaitu melakukan update aplikasi terlebih selanjutnya penting untuk melakukan pengaturan kembali agar Story bisa langsung tersimpan ke galeri.

Sedangkan untuk mengaturnya bisa membuka menu setting pada aplikasi Instagram. Setelah itu pilih menu privasi dan aktifkan kembali dengan menklik simpan ke galeri. Selanjutnya coba untuk menyimpan story kembali dan pastinya akan berhasil.

2. Restart Ulang HP

Mungkin saja faktor yang dapat menyebabkan Story Instagram tidak bisa tersimpan karena HP error karena terlalu penuh penyimpanannya. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut lakukan restart ulang HP.

Baca juga : Cara Bermain Higgs Domino PC Tanpa Emulator

Cara ini memang terlihat sangat sederhana tapi ada sebagian orang yang sudah membuktikan keberhasilannya. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda menerapkan cara ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Menggunakan Situs Downloader

Mengatasi kenapa tidak bisa save story Instagram bisa anda atasi dengan cara memanfaatkan situs Instagram downloader. Jadi, situs ini bisa anda akses dengan mudah melalui internet. Cukup ketik saja Instagram Downloader di kolom pencarian.

Pada halaman Google akan muncul beberapa pilihan situs download Instagram. Anda bisa memilih manapun sesuai dengan keinginan. Namun, pastikan Jika Anda memilih situs yang tidak terlalu banyak iklan dan tentunya mudah digunakan.

3. Hapus Cache Aplikasi Instagram dan Aplikasi Lainnya

Penyimpanan smartphone yang terlalu penuh bisa menjadi kendala utama Kenapa tidak bisa download Story dari Instagram. Maka dari itu, cek dulu ruang penyimpanan apakah masih tersisa. Jika sudah penuh, hapus sampah atau cache.

Selain itu, Tidak ada salahnya juga untuk menghapus sampah di setiap  Aplikasi tak terkecuali Instagram.

Mungkin saja dengan menerapkan cara ini Story bisa tersimpan di galeri dengan mudah. Sedangkan cara menghapusnya tinggal membuka menu pengaturan aplikasi.

4. Cek Kembali dengan File Manager

Biasanya sekalipun story di Instagram sudah berhasil terdownload, tidak muncul di aplikasi galeri HP. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa mengakses Story yang terdownload melalui File Manager. Pastinya setiap HP terdapat aplikasi tersebut.

Baca juga : Cara Mengatasi File Lainnya atau File Serbaneka

Perlu anda ketahui jika aplikasi File Manager ini secara otomatis bisa membaca file yang telah di download dari Instagram. Sedangkan untuk letaknya bisa mencarinya di menu download atau Instagram.

Penutup

Mengetahui alasan kenapa tidak bisa save story Instagram memang sangat menguntungkan. Mengingat dengan mengetahui penyebabnya akan lebih mudah lagi untuk mengetahui bagaimana solusi mengatasinya. Selain itu, pastikan juga koneksi internet bagus agar lebih cepat proses save.

Akhir kata, demikianlah informasi singkat seputar cara download story IG yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Cukup sekian dan terimakasih, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.