Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Contoh Press Release Launching Produk di Perusahaan

2 min read

Contoh Press Release Launching Produk

Press release merupakan sebuah informasi yang dibuat atau disusun oleh seorang public relations atau PR atau humas pada sebuah perusahaan, organisasi, maupun instasnsi untuk kebutuhan surat kabar atau media massa. Tujuannya adalah agar informasi tersebut bisa disampaikan kepada publik. Lantas, bagaimana contoh press release launching produk?

Baca juga : pengertian press release berdasarkan jenisnya

Press release disebut juga dengan siaran pers. Secara sederhana, press release ini merupakan sebuah berita yang digunakan untuk surat kabar atau media massa. Pihak Google sendiri mengartikan press release ini sebagai sebuah pernyataan resmi yang berisikan masalah tertentu untuk sebuah surat kabar.

Apakah Perlu Mengeluarkan Press Release?

Mungkin banyak pertanyaan mengenai apakah memang perlu sebuah perusahaan atau instansi mengeluarkan press release. Untuk jawabannya sendiri bisa beragam. Bisa karena memang perusahaan tersebut memiliki kebijkan baru, memiliki layanan yang memang penting untuk diketahui oleh publik, atau ingin melakukan promo atas layanan terbaru.

Dikarenakan memang tulisann dari press release ini dikeluarkan secara resi oleh perusahaan yang bersangkutan, maka kekuatan informasinya pun sangatlah akurat.

Struktur dari Press Release

Untuk membuat press release, sebenarnya memang sama saja dengan ketika kamu membuat sebuah naskah berita. Berita tersebut pun akan disusun dengan teknik piramida terbaik yang memiliki struktur mulai dari judul (head), teras (lead), dan isi (body).

Struktur ini juga bisa ditambahkan dengan perusahaan atau instansi mana yang memang mengeluarkannaya pada bagian atas judul. Hal ini bisa berupa nama dan logo dari perusahaan seperti halnya kop surat, lalu dilanjutkan dengan tulisan press release atau siaran berita yang ada dibawahnya. Baru setelah itu diletakkan judul press releasenya.

Baca juga : jasa press release terbit di media nasional populer

Judul disini ditulis untuk mewakili apa yang ada di dalam tulisan tersebut. Pada bagian lead press releasenya, sebaiknya kamu mengedepankan subjek dengan menjawab pertanyaan tentang siapa yang melakukan, dimana kejadiannya, kapan terjadinya, kenapa hal tersebut bisa terjadi, dan bagaimana kejadiannya.

Pada bagian isi ini, dikarenakan memang menggunakan teknik penyusunan piramida terbalik, maka bagian yang dianggap memang paling penting akan diletakkan pada bagian paling atas. Lalu, nantinya secara berurutan akan dilanjutkan dengan bagian yang penting, bagian umum, dan kurang penting di bagian bawahnya.

Perlu kamu ingat juga, bahwa ketika kamu akan menulis press release ini, tentu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bagian atas naskah dijelaskan apakah naskah tersebut memang untuk ditayangkan segera atau memang pada tanggal tertentu saja.
  • Sebaiknya, gunakan headline atau judul press release yang memang menggambarkan isi dari press release itu sendiri.
  • Pada barus tanggal akan memuat nama kota serta tanggal.
  • Jangan juga kamu mencantumkan informasi yang berkaitan dengan instansi atau lembaga kamu di bagian akhir naskahnya.
  • Berikan informasi kontak pada bagian akhir press release
  • Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan nama, alamat instansi, fax, nomor telepon, email, situs, serta kontak person yang masih aktif dan bisa dihubungi.

Contoh Pembuatan Press Release

Berikut ini ada contoh dari pembuatan press release yang bisa kamu simak untuk dipelajaria lebih dalam terkait dengan bagaimana cara penulisan press release yang baik dan benar.


Dehuma Indonesia Luncurkan Produk Madu Terbaik ke-3 Dunia

Yogyakarta, 9 Oktober 2020

Mengusung dari konsep alam nusantara, PT. Dehuma Indonesia kini hadir sebagai representasi atas kekayaan hayati yang ada di Indonesia. Melalui kegiatan peluncuran produk pertamanya madu hutan Nusa Tenggara Timur, PT. Dehum Indonesia ini memiliki misi untuk bisa mengajak masyarakat agar lebih menghargai dan mencitai hasil alam dari negeri sendiri.

Dehuma Indonesia ini juga memiliki keinginan untuk mengkampanyekan pola hidup sehat dengan memanfaatkan hasil alam Indonesia. Dengan produk utamanya, yakni madu Nusa Teggara Timur, PT. Dehuma Indonesia juga mengkombinasikannya dengan hasil alam lain, seperti jahe dan jeruk nipis.

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan kekayaan alam Indonesia ini memang amengadakan peluncuran untuk produk berupa madu, pada hari Jumat tanggal 16 Oktober 2020. Acara ini akan diselenggarakan di Hotel Dafam Yogyakarta.

Peluncuran produk perama dari PT. Dehuma Indonesia ini akan dihadiri secara langsung oleh Bapak M. Husni Mubaroq, selaku pendiri dari perusahaan Dehuma Indonesia ini, dan akan didampingi Ibu Ratuh Safitri selaku direktur utama dari Dehuma Indonesia.

Produk madu yang pertama kali akan diluncurkan pada acara tersebut adalah Madu Hutan Nusa Tenggara Timur ini dengan berbagai varian. Madu ini sendiri dipilih sebagai model dari produk asli Indonesia yang memang kulitasnya sudah tidak perlu diiragukan lagi. Bahkan, produk ini mampu bersaing hingga kancah internasional.

Madu Hutan NTT ini merupakan madu terbaik ke-3 di dunia yang memiliki sejuta manfaat. Pengolahannya pun dilakukan secara alami dan profesional. Madu hutan asli ini diambil langsung dari pedalaman Nusa Tenggara, dan diproses dalam pengemasan tanpa proses pemurnian terlebih dahulu, sehingga kandungannya pun masih sangat alami.

Produk ini hadir dalam 3 varian berbeda, yakni original, madu jahe, dan madu jeruk nipis. Produk 3 varian ini dikeluarkan dan diresmikan pada tanggal 20 Oktober 2020.

  • Contact person          : Ayu Triworo
  • Jabatan                       : Manager Press Release
  • Nomor HP                  : 0878 2216 7733
  • Email                           : ayutriworoandayani13@gmail.com

Penutup

Demikian contoh press release launching produk beserta cara penulisannya. Dengan memahami dari penulisan Press Release anda tentukan akan lebih mudah untuk menulis surat Press Release dengan baik dan benar.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.