Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

6 Pengertian Penulisan Press Release berdasarkan Jenisnya

2 min read

Pengertian Penulisan Press Release berdasarkan Jenisnya

Mungkin memang kamu sudah sering mendengar istilah press release, namun belum paham contohnya seperti apa. Pengertian penulisan press release sendiri menjadi sebuah sarana untuk menyampaikan informasi mengenai perusahaan. Nah, contoh penggunaan press release ini bisa kamu lihat dari informasi yang diterbitkan perusahaan.

Baca juga : karakteristik format penulisan press release

Perlu diketahui, press release ini akan dihadirkan oleh perusahaan ketika ada event tertentu yang memang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Dengan hal ini, maka orang lain pun akan mengetahui apa yang sedang terjadi dan sedang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Pengertian Penulisan Press Release Berdasarkan Jenisnya

Berikut dibawah ini beberapa jenis dan pengertian press release yang perlu Anda pahami sebelum terjun di dunia jurnalistik, diantaranya yaitu:

1. General News

General news merupakan bentuk paling umum dari press release, yang mana jenis ini berisikan akan berita tentang sebuah peristiwa. Namun, perusahan kerap melakukan modifikasi terhadap press release ini.

Press release jenis ini memang sangat lazim digunakan dan sangat umum digunakan ole beberapa pihak dalam upaya menyampaikan berita.

General News ini juga menjadi dasar dari press release lain, karena memang press release ini memiliki inti untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Pada umumnya, ketika sebuah perusahaan berhasil mendapatkan penghargaan, maka perusahaan tersebut pun akan membuat press release tentang penghargaan tersebut.

2. Launch Release

Press release jenis ini biasanya akan berkaitan dengan peluncuran dari pihak perusahaan, produk, situs, maupun hal lainnya yang mana sifatnya adalah pertama kali. Untuk formatnya pun masih sama dengan tipe general news, namun lebih kepada penekanan terkait dnegan apa yang akan datang.

3. Event Press Release

Press release jenis event press release ini sangat erat kaitannya dengan event yang sedang terjadi. Dijelaskan bahwa ada detail-detail tentang event yang memang sedang terlaksana di sebuah tempat.

Baca juga : pengertian dan jenis-jenis delik pers

Hal ini akan jadi tersendiri bagi publik yang memang datang untuk mengunjungi event tersebut. Format dari press release jenis ini juga memang tidak selalu bisa memenuhi kaidah 5W 1H.

Jenis ini juga bisa berbentuk sebuah list, outline, maupun poin-poin tentang acara tersebut. Press release sendiri tentunya tidak boleh sampai membosankan.

4. Product Press Release

Press release jenis ini hampir sama memang dengan launch press release. Namun, tetap ada perbedaan yang cukup signifikan. Dimana product press release ini menyertakan berbagai spesifikasi dari produk yang memang sedang diumumkan.

Hal ini membuat press release jenis ini menjadi lebih lengkap. Dari press release ini juga bahkan bisa dilihat dari keunggulan dan kelebihan dari produk tersebut. Selain itu, press release product juga bisa menilai mengenai bagus atau tidaknya produk tersebut.

5. Executive, Staff, dan Employee Press Releaase

Untuk perusahaan besar biasanya menggunakan pengertian penulisan press release ini untuk mengumumkan perekrutan karyawan baru. Terlebih jika karyawan tersebut menempati posisi yang penting dalam sebuah perusahaan.

Contoh press release ini biasanya akan berkaitan secara langsung dengan penunjukan direktur maupun komisaris baru. Isi dari press release ini yang sangat lazim adalah informasi mengenai biografi dari si karyawan baru.

Foto dari sang karyawan baru ini juga memang sering diperhatikan. Tujuannya adalah agar orang lain bisa segera mengetahui orang yang mana yang sedang diperkenalkan.

6. Expert Position Press Release

Contoh dari press release ini biasanya memang sering digunakan untuk menjelaskan tentang seseorang. Bedanya dengan biografi adalah dimana press release ini akan menjelaskan kemapuan dari seseorang di bidang tertentu.

Baca juga : manfaat dan tujuan membuat press release

Nah, dukungan dari pihak ketiga dalam press release jenis ini memang sangat dibutuhkan. Press release ini kelak pun akan dijadikan sebagai rujukan dari perusahaan.

Terlebih jika perusahaan tersebut memang benar-benar membutuhkan jasa dari orang tersebut. Orang tersebut pun akan menajadi sumber informasi bagi perusahaan tentang orang yang memang mereka butuhkan.

Tips Cara Membuat Press Release

Sebeluma kamu membuat press release, maka kamu harus memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara dalam membuat press release itu sendiri.

1. Menentukan Sudut Pandang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menentukan sudut pandang. Artinya, darimana sebuah berita tersebut akan ditampilkan. Dalam membuat press release, maka perlu untuk melihat apakah berita tersebut memang menarik untuk disimak atau tidak.

2. Menentukan Judul

Cara kedua adalah dengan menentukan judul beritanya. Buatlah judul berita yang menarik. Dimana ini artinya judul tidak terlalu panjang, yakni sekitar 5 sampai 7 kata saja.

Selain itu, judul juga tidak boleh ambigu atau harus jelas dan ringkas. Buatlah judul yang bisa membuat orang lain merasa penasaran dengan berita tersebut.

3. Menulis Lead Berita yang Atraktif

Menulis lead berita dengan baik. Caranya adalah dengan membuat lead yang atraktif. Selain itu, berita ini juga memuat fakta yang penting-penting saja.

Baca juga : perbedaan pers dan jurnalistik di dunia penyiaran

Tujuannya adalah agar pembaca bisa mengetahui inti dari berita tersebut, dan diharapkan bisa memahami seluruh tulisan dengan baik.

4. Membuat body berita

Dimana hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya dalam pembuatan press release ini adalah menghubungkan antara paragraf lead sebelumnya dengan body berita. Isi dari body berita ini berfungsi sebagai pelengkap dan pendukung dari lead sebelumnya.

Dan itulah beberapa hal terkait dengan pengertian penulisan press release yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan selamat mencoba. Sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.