3 Metode Cara Tes Kecepatan Wifi dengan Mudah

2 min read

Cara tes kecepatan wifi

Saat ini, wifi telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang karena memiliki beragam keunggulan, salah satunya yaitu memiliki kecepatan tinggi dengan harga yang sangat terjangkau. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara tes kecepatan wifi yang dapat anda lakukan dengan mudah.

Baca juga : penyebab laptop tidak bisa terhubung ke internet wifi

Tes kecepatan wifi bagi para pengguna smartphone sangatlah penting. Terutama bagi mereka yang sering menghubungkan smartphone dengan hotspot rumah ataupun hotspot di kantor. Kecepatan wifi bagi pengguna smartphone tidak hanya berpengaruh pada saat browsing melainkan juga saat menjalankan aplikasi maupun game pada ponsel.

Terkadang dari settingan handphone sudah dapat terlihat kecepatan sesaat yang sedang digunakan oleh user. Umumnya pada handphone keluaran model terbaru, sudah mendukung pengaturan untuk menampilkan indikator sinyal yang menyertakan tingkat kecepatan internet nya. Namun seringkali tampilannya sangat fluktuatif sehingga sulit untuk menentukan batasan maksimum dari internet yang sedang digunakan.

Cara Tes Kecepatan Wifi

Berikut dibawah ini beberapa metode mengenai cara tes kecepatan internet wifi yang dapat anda lakukan dengan gratis dan mudah, diantaranya yaitu:

1. Melalui browser google chrome

Selain melalui aplikasi yang sudah disebutkan diatas, ternyata kini browser Google Chrome telah mengembangkan fitur baru yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk melakukan uji kecepatan internet.

Caranya sangat mudah, yaitu buka browser Google Chrome di ponsel anda, lalu ketik keyword “uji kecepatan internet” atau “speedtest” biasanya pada hasil pencarian paling atas akan langsung muncul pilihan tombol biru bertuliskan “Jalankan Uji Kecepatan”.

Cukup klik tombol biru tersebut, secara otomatsi browser Google Chrome akan menjalankan uji kecepatan download dan upload pada koneksi internet yang sedang anda gunakan.

2. Melalui website fast.com

Cara tes kecepatan wifi yang selanjutnya yaitu bisa melalui website fast.com, situs tersebut memang khusus untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang pengguna gunakan. Untuk menggunakannya, anda bisa mengaksesnya melalui browser google chrome dan langsung membuka url fast.com, semoga berhasil.

3. Melalui layanan speedtest by Ookla

Aplikasi Speedtest by Ookla ini sudah sangat familiar bagi para user yang sering berhubungan dengan kecepatan jaringan internet. Sebelum rilis aplikasinya, Speedtest by Ookla ini merupakan sebuah alamat website yang menyediakan fitur untuk menguji kecepatan koneksi internet berdasarkan server Datacenter terdekat.

Secara default, datacenter yang digunakan ialah datacenter dari ISP atau provider yang anda gunakan ketika terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin mencoba versi lawas berupa website nya, anda dapat ketik pada browser dengan keyword speedtest.

Cara tes kecepatan wifi

Kelebihan dari Speedtest by Ookla ini ialah anda dapat memilih koneksi melalui Server internet mana yang ingin anda uji. Selain itu ada pilihan mode multi dan single.

Mode multi digunakan untuk menguji kecepatan melalui beberapa paket yang dikirim secara simultan menuju server internet. Sedangkan mode single paket yang digunakan hanyalah satu jalur saja.

Informasi Tambahan

Untuk melakukan tes kecepatan wifi dari ponsel, anda dapat mendownload aplikasi yang dapat mendeteksi kecepatan internet yang sedang anda gunakan. Sehingga anda bisa mengetahui kemampuan maksimum dari wifi yang sedang anda gunakan.

Meskipun demikian, anda perlu memahami bahwa hasil pengujian kecepatan internet bisa sangat bervariasi dan dapat berubah-ubah dalam waktu yang singkat karena beberapa alasan, diantaranya yaitu:

  • Pertama, karena perubahan kondisi jaringan. Terkadang kondisi jaringan internet bisa sepi dan bisa ramai secara tiba-tiba. Atau kondisi cuaca yang kadang sedang tidak bersahabat, juga dapat menimbulkan noise yang bisa mengganggu kecepatan jaringan internet.
  • Kedua karena adanya perbedaan lokasi server pengujian kecepatan internet. Data server pada suatu negara tidak hanya satu, melainkan ada beberapa data server internet yang disediakan oleh beberapa provider. Masing-masing provider tentu memiliki konfigurasi, trafik, kualitas dan bandwidth yang berbeda-beda. Hal ini juga bisa mempengaruhi hasil tes kecepatan internet.
  • Ketiga ialah perbedaan metode pengujian kecepatan internet. Beberapa aplikasi memiliki metode dan algoritma tersendiri untuk menentukan kecepatan internet pada suatu jaringan. Sehingga seringkali antara satu aplikasi dan aplikasi lain dapat menampilkan hasil tes yang tidak sama. Namun biasanya perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan, jika jaringan dan server yang digunakan saat pengujian adalah jaringan server yang sama.

Penutup

Akhir kata, demikian tutorial simple yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai cara tes kecepatan wifi. Semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, sekian dan seperti biasa terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *