Cara Mengatasi Ransomware Darkside dengan Efektif

1 min read

Cara mengatasi ransomware darkside

Ransomware ialah salah satu virus komputer yang tergolong sulit untuk diatasi, virus ini mengunci semua file yang tersimpan pada komputer pengguna. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial singkat mengenai cara mengatasi ransomware darkside menggunakan Bitdefender decryption utility.

Baca juga : cara mencegah infeksi virus ransomware

Perlu anda ketahui, bitdefender ialah program antivirus pada komputer yang dilengkapi kemampuan untuk mencegah dan menghapus berbagai infeksi virus pada komputer, termasuk ransomware.

Ransomware cukup berbahaya, karena pada beberapa varian dapat menginfeksi seluruh komputer apabila berada di jaringan yang sama. Sehingga, anda perlu berhati-hati dan tidak menginstall program bajakan yang diragukan keasliannya agar terhindar dari infeksi ransomware.

Cara Mengatasi Ransomware Darkside

  • Unduh dan jalankan program Bitdefender Decryption Utility pada komputer yang terinfeksi.
  • Pada tampilan awal akan terdapat license agreement, centang dan klik continue.
  • Kemudian, centang scan entire system dan backup untuk melakukan scanning secara menyeluruh.
  • Klik tombol start tool untuk melanjutkan.
  • Silahkan tunggu proses hingga selesai, bisa memakan waktu hingga beberapa menit atau jam.
  • Setelah proses selesai, silahkan cek kembali file yang terinfeksi pada file explorer.

Cara mengatasi ransomware darkside

Informasi Tambahan

Lama atau tidaknya proses scanning decryptor tergantung dari jumlah file yang terinfeksi. Sehingga, mungkin anda perlu untuk menunggunya beberapa lama.

Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya proses tersebut, anda bisa melihatnya pada tampilan proses scanning. Jika terdapat tulisan OK berarti file berhasil dibuka, apabila muncul tulisan failed decrytion pada beberapa file, maka menandakan file tersebut tidak bisa dibuka.

Program bitdefender decryption utility for darkside ransomware ini memiliki lisensi freeware yang sepenuhnya gratis untuk digunakan. Selain itu, program ini juga dapat berjalan tanpa memerlukan koneksi internet.

Penutup

Akhir kata, demikianlah tutorial singkat yang dapat saya bagikan mengenai cara mengatasi ransomware darkside dengan menggunakan bantuan program bitdefender decryptor.

Semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, jika ada pertanyaan terkait hal ini jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah ini. Cukup sekian dan seperti biasa terimakasih, sampai bertemu kembali di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *