Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

6 Tips Cara Meningkatkan Sinyal WiFi di Laptop Windows

2 min read

Cara meningkatkan sinyal wifi perlu diketahui jika koneksi wifi kamu mengalami kendala. Memaksimalkan sinyal wifi menjadi aktivitas yang banyak dilakukan bagi para pengguna laptop atau komputer windows. Terutama yang sedang belajar atau bekerja secara online di rumah.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Efektif

Saat ini memang untuk mendapatkan sinyal wifi sangat mudah baik itu yang memberikan open akses atau gratis maupun berbayar. Untuk wifi tidak berbayar alias gratis, tentu penggunanya akan sangat banyak sehingga menyebabkan jaringan menjadi lelet.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab koneksi menjadi lambat. Selain karena banyaknya pengguna, ruang penyimpanan apada laptop yang terlalu kecil dapat menjadi salah satu faktor.

Cara Meningkatkan Sinyal WiFi

Koneksi internet lancar tentu akan mendukung kamu memaksimalkan pekerjaan dan produktiftas. Untuk memaksimalkan sinyal wifi sangat mudah dilakukan. Dapat dengan upgrade perangkat hardware atau mengubah pengaturan di laptop.

Cara Meningkatkan Sinyal WiFi di Laptop Windows

Agar dapat membantu kamu menjaga produktivitas dan pekerjaan dengan internet lancar, Berikut Kami jelaskan beberapa cara untuk memaksimalkan sinyal wifi di rumah atau disekitar tempat kerja. Di antaranya yaitu:

1. Gunakan Teknologi Wifi Terbaru

Cara meningkatkan sinyal Wifi pertama dan cukup efektif adalah menggunakan wireless card dengan teknologi terbaru di laptop atau PC. Saat ini, terdapat lima jenis teknologi yang tersedia yaitu Wireless A, B, G, N, dan AC.

Baca juga : Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Komputer

Teknologi Wireless A, B, dan G merupakan teknologi lama yang memiliki kecepatan lambat. Sedangkan untuk Wireless N dan AC adalah teknologi wireless mutakhir terkini yang memiliki koneksi lebih cepat.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan router dengan kualitas baik. Jika router yang digunakan sudah menggunakan teknologi wireless N dan AC, gunakan juga wireless card dengan teknologi sama agar keduanya dapat bekerja maksimal.

2. Memilih Posisi yang Tepat

Memilih posisi tepat dapat menjadi pilihan kamu untuk tips memaksimalkan sinyal Wifi di laptop, terutama untuk kamu yang ingin memanfaatkan hotspot di tempat umum. Teknologi yang digunakan pada sinyal Wifi ini memanfaatkan udara sebagai medium perambatannya.

Jadi semakin sedikit penghalang maka akan semakin baik sinyal ditangkap oleh laptop kamu. kamu dapat memilih tempat yang dekat dengan router untuk memperkuat sinyal Wifi laptop menjadi lebih baik.

Pastikan, di antara perangkat kamu dengan router tidak ada penghalang, seperti tembok tebal atau benda padat lain yang dapat menahan sinyal. Jauhi juga laptop dari peralatan yang menggunakan Bluetooth karena akan mengganggu kinerja sinyal Wifi.

3. Menggunakan Wifi Repeater

Wifi repeater adalah salah satu alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal Wifi. Setelah ditangkap, Wifi Repeater akan memancarkannya kembali dengan sinyal yang lebih kuat. Alat ini sangat efektif ditempatkan di daerah dengan penerimaan sinyal Wifi yang buruk.

Perangkat ini sangat bagus ditempatkan pada tempat yang memiliki banyak penghalang. Saat ini juga sudah banyak dijual Wifi repeater dengan harga yang cukup terjangkau. Tips memaksimalkan sinyal Wifi ini dapat juga menggunakan router lama tidak terpakai.

4. Lakukan Network Reset dan Flushing DNS

Cara Flush DNS adalah dengan mereset cache DNS komputer atau laptop yang sedang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada suatu domain, name server dan DNS dengan data baru.

Baca juga : Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Cara reset cache DNS adalah dengan membuka Command Prompt dan klik kanan. Pilih Run As Administrator saat membuka Command Prompt tersebut. Ketik iconfig/flushdns kemudian enter.

Setelah selesai ketik ipconfig/renew dan Enter kembali. Setelah selesai tutuplah Command Prompt dan cek akses internet kamu.

5. Merubah Pengaturan QoS

Cara meningkatkan sinyal Wifi selanjutnya adalah dengen mengubah pengaturan QoS. Untuk pemilik laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, windows secara default membagi 20% bandwidth untuk Windows Update dan 80% bandwidth untuk internet kamu.

Sehingga salah satu cara memaksimalkan internet kamu adalah dengan mengatur penuh lebar pita atau QoS untuk internet kamu. Caranya adalah dengan klik Start kemudian pilih Run. Ketikkan gpedit.msc dan enter.

Setelah itu kamu akan menuju Local Computer Policy. Pilih Computer Configuration kemudian Administrative Templates. Cari menu Network kemudian QoS Packet Scheduler. Kemudian klik dua kali Limit Reservable Bandwidth.

Klik menu Enable lalu isikan 0 pada bandwidth limit. Kemudian pilih Apply. Setelah melakukan cara tadi Restart kembali laptop atau PC kamu. Coba cek kecepatan akses internet kamu.

6. Mengatur IRPStackSize Menjadi Lebih Tinggi

Selanjutnya adalah dengan mengatur IRPStackSize menjadi lebih tinggi. Jika kamu meningkatkan nilai ini maka akan mendapatkan kecepatan internet yang optimal. Nilai IRPStackSize default adalah 15, tetapi masih dapat ditambah menjadi 50.

Caranya adalah dengan klik menu Start, lalu Run dan ketikkan regedit. Kemudian kamu akan membuka Registry Editor. Menuju menu “HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentSetService LanmanServerParameters”.

Baca juga : Cara Mengatasi Penambatan USB Tidak Tersambung ke Laptop

Di dalam folder ini klik kanan pada file DWORD bernama IRPStackSize, klik Modify dan ubah nilainya menjadi 50. Jika file DWORD ini tidak ditemukan, buat baru dengan klik kanan, New, DWORD Value.

Buat dengan nama IRPStackSize dan isi nilai Valuenya menjadi 50. Klik OK dan tutup Registry Editor. Kemudian coba Restart PC atau laptop kamu. Semoga berhasil.

Kesimpulan

Pada dasarnya kecepatan koneksi internet yang digunakan juga tergantung tergantung pada paket internet kamu berlangganan.

Perlu diketahui tips memaksimalkan sinyal Wifi di atas hanya berfungsi sebagai cara untuk memperkuat penangkapan sinyal Wifi di PC atau Laptop kamu.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.