Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Tips Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Komputer Windows

2 min read

Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Komputer

Pada dasarnya cara mengatasi ram tidak terbaca di komputer itu tidaklah sulit, cukup dengan membersihkan bagian pin, mengganti sistem operasi. Namun agar bisa melakukan metode di atas harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Baca juga : cara mengatasi wifi menolak akses

Umumnya permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna perangkat elektronik ini yaitu komponen RAM (random akses memori) tidak terdeteksi. Sebenarnya cara mengatasi ram tidak terbaca di komputer itu sangatlah mudah. Salah satunya yaitu dengan membersihkan bagian pin kuningannya.

RAM sendiri merupakan salah satu komponen terpenting yang harus ada di dalam komputer. Hal itu dikarenakan RAM ini memiliki fungsi untuk penyimpan data sementara sebuah aplikasi atau software yang sedang dijalankan dalam perangkat tersebut.

Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Komputer

Umumnya RAM tidak bisa terbaca oleh komputer disebabkan Pin yang kotor. Hal itu biasanya terjadi karena penggunanya tidak rutin melakukan pembersihan pada perangkat elektronik tersebut.

Berikut di bawah ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam memperbaiki ram komputer tidak terdeteksi, di antaranya yaitu:

1. Membersihkan Bagian PIN Konektor

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa PIN yang kotor bisa menyebabkan RAM tidak terbaca oleh perangkat komputer.

Maka dari itu perlu dilakukan pembersihan pada bagian kuning RAM. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama lepaskan RAM dari slotnya.
  • Kemudian bersihkan PIN RAM menggunakan penghapus karet.
  • Jika sudah bersihkan juga slot RAM menggunakan kuas.
  • Apabila semuanya sudah bersih, pasang kembali RAM pada slotnya.

2. Mengganti Sistem Operasi

Tidak hanya disebabkan pin kotor saja, tetapi kapasitas RAM yang tak sesuai dengan sistem juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa perangkat komputer sulit untuk membaca RAM. Salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengubah versi bit.

Baca juga : cara agar bisnis muncul di pencarian google

Misalnya Anda sudah memperbarui RAM hingga 8GB, namun karena sistem operasi yang ada pada komputer masih menggunakan versi 32bit. Maka akan menyebabkan RAM sulit dibaca oleh salah satu perangkat elektronik ini.

3. Melakukan Setting pada RAM Komputer

Cara mengatasi ram tidak terbaca pada komputer selanjutnya yaitu dengan melakukan pengaturan ulang RAM melalui msconfig. Langsung saja berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mensettingnya:

  • Pertama klik start pada bagian toolbar.
  • Kemudian buka aplikasi run.
  • Setelah itu klik msconfig yang terdapat pada bagian pencarian.
  • Tunggu sebentar hingga menu system configuration terbuka.
  • Apabila sudah terbuka masuklah pada bagian tab yang bernama boot.
  • Jika sudah kemudian buka advance options.
  • Tunggulah sebentar hingga terbuka menu boot adventure options.
  • Lakukan ceklis pada bagian maximum memory.
  • Lalu isikan dengan jumlah kapasitas memori yang paling tinggi.
  • Jika sudah selesai kemudian klik ok.
  • Langkah terakhir tinggal merestart kembali komputer atau laptop.

4. Mengganti RAM dengan yang Baru

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi ram tidak terbaca pada komputer yaitu dengan menggantinya. Namun sebelum melakukan kegiatan ini ini ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu Apakah kondisinya benda-benda sudah rusak atau tidak.

Caranya juga terbilang mudah yaitu dengan membeli RAM baru di toko. Setelah itu tinggal memasangnya pada perangkat yang digunakan. Apabila masih memiliki RAM yang sekiranya masih bisa digunakan dapat dipasang pada komputer tersebut.

Tips Membeli RAM Komputer yang Tepat

Sama halnya dengan processor dan hardisk, RAM juga bisa digunakan untuk menentukan kecepatan komputer. Maka dari itu ketika membeli random access memori ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Harus memperhatikan beberapa hal seperti.

1. Perhatikan Nomor Seri pada RAM

Setiap RAM pastinya terdapat nomor seri yang bisa digunakan untuk mengetahui jenisnya. Hal itu tentunya sangat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan ketika ingin membelinya. Agar tidak salah pilihan dan cocok dipasang pada komputer.

Baca juga : rekomendasi platform investasi online terbaik

Perlunya diingat juga Apabila ingin membeli RAM sebanyak 2 buah pastikan tipe yang dipilih sama. Sebab jika berbeda kemungkinan besar komponen tersebut tidak bisa digunakan karena kurang pas dengan slot yang ada pada motherboard.

2. Hindari Membeli RAM tanpa Kemasan

Saat ini di pasaran banyak toko yang menawarkan RAM tanpa kemasan dengan harga yang relatif terjangkau. Namun perlu diketahui meskipun RAM tersebut dilengkapi label merek kenamaan tetap saja tidak boleh mudah tergoda untuk membelinya.

Hal itu dikarenakan membeli RAM tanpa kemasan bisa memberikan resiko terhadap kestabilan perangkat yang digunakan.

Contohnya kerusakan data corrupt yang disebabkan klip yang rusak. Oleh karena itu, mulai sekarang harus jeli dalam memilih nya, tidak perlu terburu-buru.

3. Perhatikan Merk dan Garansi RAM

Banyaknya produsen pembuat RAM ini tentunya menimbulkan kebingungan masyarakat untuk memilih jenis apa yang cocok untuk komputernya. Maka dari itu sebaiknya untuk membeli RAM dari merek yang sudah populer, seperti VGEN, Samsung dan sebagainya.

Dengan begitu tak perlu lagi diragukan akan kualitasnya. Tidak hanya itu pilihlah juga vendor rap yang telah memiliki reputasi baik. Dikarenakan hal tersebut dapat berpengaruh pada layanan purna jurnal yang akan menangani ketika terjadi kerusakan pada komponen tersebut.

Penutup

Perlu diketahui ketika membeli rendom acces memory yang dilihat bukan hanya kapasitasnya saja. Namun juga perlu memperhatikan hal hal lainya, Agar memperoleh perangkat yang berkualitas.

Baca juga : cara mengatasi saldo paypal yang ditahan (hold)

Itulah pembahasan singkat tentang cara mengatasi RAM tidak terbaca di komputer. Semoga pembahasan ini dapat Anda terapkan dengan mudah dan simple, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.