Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Langkah Cara Menghilangkan Centang Biru di Whatsapp

2 min read

Cara Menghilangkan Centang Biru di Whatsapp

WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di era sekarang ini. Bahkan hampir semua orang sudah memiliki aplikasi ini mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua karena memang sangat mudah untuk digunakan.

Baca juga : mengenal arti centang di whatsapp terbaru

Dalam mengirim pesan melalui WhatsApp terdapat lambang centang biru yang menunjukkan, apakah pesan sudah terbaca oleh penerima. Jika ingin mengetahui cara menghilangkan centang biru di WhatsApp, simak lebih lanjut penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Centang Biru di Whatsapp

Lambang centang biru seolah menjadi beban bagi sebagian orang karena mengharuskan membalas pesan saat itu juga. Terutama, jika pesan tersebut dari rekan atau kerabat terdekat. Apabila tidak membalas pesan, rasanya Anda pasti memiliki rasa bersalah tersendiri.

Padahal membalas atau tidak membalas pesan yang dikirimkan merupakan keputusan Anda sendiri. Seringkali, penyebab dari tidak membalas pesan karena memang tidak sempat atau lupa karena kesibukan yang dimiliki.

Untuk menghilangkan lambang centang biru di WhatsApp, Anda bisa melakukannya di WhatsApp yang diunduh di hp ataupun melalui WhatsApp desktop. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti tutorial di bawah ini dengan mudah hanya dengan satu menit saja.

  • Membuka aplikasi WhatsApp yang sudah diunduh di smartphone.
  • Klik lambang titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, pilih setting atau setelan yang ada di bagian bawah.
  • Kemudian setelah memilih menu setelan Anda dapat langsung pergi ke Akun – Privasi – dan hilangkan lambang atau non aktifkan Laporan Dibaca.

Dengan menghilangkan lambang atau mematikan laporan dibaca, itu artinya lambang centang biru WhatsApp yang dimiliki sudah hilang. Jika seseorang mengirimkan pesan, maka mereka tidak akan dapat lagi mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca atau belum.

Ini dapat memunculkan persepsi pada pengirim pesan, bahwa Anda belum membuka pesan yang dikirim karena suatu kesibukan yang dimiliki. Maka, hal tersebut membuat perasaan lebih tenang dan tidak terbebani untuk membalas pesan dalam waktu cepat.

Lambang centang biru ini memang tidak akan muncul dalam pesan pribadi antar kontak, tetapi tetap muncul pada chat grup. Walaupun begitu, sebenarnya para pengirim pesan masih dapat melihat apakah Anda sudah membaca pesan melalui info pesan di WhatsApp juga.

Apa yang Dimaksud Lambang Centang Biru di Whatsapp?

WhatsApp memiliki sebuah lambang yang dapat menunjukkan status laporan pesan yang Anda kirim. Lambang yang dimiliki WhatsApp ini, bisa berupa centang satu ataupun centang dua.

Lambang centang satu menunjukkan pesan yang Anda kirim belum sampai kepada penerima karena suatu alasan. Misalnya karena ponsel sedang tidak aktif maupun sedang tidak ada jaringan internet. Ini artinya si penerima pesan sedang offline.

Sedangkan lambang centang dua menunjukkan bahwa pesan yang Anda kirimkan sudah sampai kepada si penerima. Lambang centang dua yang berwarna biru menunjukkan bahwa pesan yang dikirim sudah terbaca oleh si penerima.

Baca juga : mengenal apa itu string repeater whatsapp

Fitur centang biru ini bagi sebagian orang dianggap mengganggu, tetapi sebagian yang lain tidak terlalu memusingkan ketersediaan fitur ini di WhatsApp. Jadi, fitur ini sebenarnya dapat di non aktifkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Jika Anda ingin menghilangkan lambang centang biru di WhatsApp, ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur tersebut. Supaya si pengirim pesan tidak mengetahui, apakah pesan yang dikirim sudah terbaca atau tidak.

Sebab, jika seperti ini Anda memiliki beban untuk membalas pesan tersebut, apalagi dari orang terdekat. Hal ini tentu tidak sopan, bukan? Hanya membaca, tetapi tidak membalas pesan.

Apa yang Terjadi Jika Fitur Centang Biru Dimatikan?

Ketika akan mematikan fitur centang biru di WhatsApp yang dimiliki, maka ada beberapa dampak atau konsekuensi yang muncul. Konsekuensi ini sebenarnya tidak terlalu berdampak signifikan pada diri seseorang, apalagi jika orang tersebut orang yang cukup cuek.

Jika mematikan fitur centang biru di WhatsApp, maka itu berarti Anda juga tidak akan bisa mengetahui apakah orang lain sudah membaca pesan atau belum. Jadi, hal ini sama-sama berlaku antara dua belah pihak.

Menghilangkan lambang centang biru di WhatsApp memang sangat mudah dilakukan bahkan tidak sampai satu menit. Terdapat beberapa kerugian dan keuntungan yang didapatkan ketika mematikan fitur ini. Mematikan fitur laporan dibaca bisa membuat Anda lebih tenang karena tidak terbebani untuk membalas pesan dengan cepat.

Kesimpulan

Bukan hanya itu, dengan melakukan perubahan pada pengaturan whatsapp, pengguna juga bisa melihat status WhatsApp orang-orang secara sembunyi-sembunyi tanpa takut ketahuan.

Baca juga : aplikasi chat bot whatsapp untuk balas pesan

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara menghilangkan centang biru di WhatsApp dengan mudah. Maka, keputusan selanjutnya tergantung dari diri Anda sendiri, apakah akan tetap mengaktifkan fitur ini atau tidak dalam berkomunikasi di WhatsApp.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.