Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 4 Arti Centang di Whatsapp yang Perlu Diketahui

2 min read

Arti Centang di Whatsapp

Meskipun saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang hampir dimiliki semua orang. Tidak menutup kemungkinan sebagai pengguna juga masih bingung terkait arti centang di WhatsApp. Mungkin Hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan.

Baca juga : mengenal nama efek instagram yang sedang viral

Untuk itu tak perlu khawatir lagi, dikarenakan pada ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa arti centang yang ada di WhatsApp. Selain itu, dibahas juga mengenai bagaimana mengetahui kapan pesan dibaca dan mengetahui pesan grup WA dibaca oleh siapa saja.

Arti Centang di WhatsApp

Jika membahas mengenai WhatsApp, ada beberapa hal yang harus diketahui terutama tanda centang. Mungkin sebagian dari Anda hanya mengetahui secara sekilas mengenai arti centang, tetapi tidak keseluruhan. Untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Tanda Jam

Mungkin Anda sering melihat tanda jam di bagian pojok kanan bawah pada pesan yang dikirim ke nomor lain. Namun, tahukah Anda apa arti dari tanda jam tersebut? Perlu diketahui jika tanda jam pada WhatsApp ini menandakan bahwa pesan yang dikirim hanya sampai ke server.

Itu berarti pesan tersebut belum sampai ke nomor tujuan. Lalu, bagaimana agar pesan cepat terkirim? Untuk durasi ini tidak bisa ditentukan, dikarenakan tergantung dari kecepatan internet yang digunakan. Hari ini berlaku untuk pengiriman bentuk file apapun, baik itu gambar dan video.

2. Centang Satu

Centang satu sering terjadi saat mengirim pesan. Pasalnya arti centang di WhatsApp menandakan jika pesawat tersebut sudah terkirim ke server WhatsApp. Namun, belum sampai pada nomor yang dituju. Mengingat WhatsApp masih terdapat perantara untuk beroperasi.

Baca juga : mengenal aplikasi edukasi tri terbaru 35 GB

Ada beberapa alasan kenapa saat mengirim pesan terdapat centang satu. Seperti halnya penerima pesan tidak terhubung ke internet, terjadi masalah pada aplikasi WhatsApp penerima, HP penerima tidak aktif dan WhatsApp penerima sudah kadaluarsa atau nomor sudah ganti.

3. Centang Dua Abu-Abu

Centang dua abu-abu itu menandakan jika pesan yang dikirimkan kepada penerima sudah diterima. Namun, arti centang di WhatsApp ini menandakan jika pesan tersebut belum dibaca oleh penerima. Berbeda lagi jika penerima nonaktifkan centang dua biru.

Yang mana saat penerima menonaktifkannya, sebagai pengirim tidak dapat melihat apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum. Ada beberapa faktor kenapa centang dua abu-abu terjadi seperti koneksi internet yang buruk dan penerima belum membacanya.

4. Centang Dua Biru

Centang dua biru saat mengirim WhatsApp itu menandakan jika pesan tersebut sudah diterima dan sudah di baca. Namun, tanda centang dua biru ini hanya berlaku untuk chat pribadi. Sehingga saat mengirim pesan pada grup dengan peserta yang banyak, tanda ini tidak berlaku.

Namun, ada juga beberapa penerima yang mematikan centang dua biru. Sehingga sekalipun pesan tersebut sudah dibaca tidak akan muncul centang dua biru, melainkan centang dua abu-abu. Adanya fitur ini memang sengaja dibuat untuk melindungi privasi seseorang.

Cara Melihat Waktu Pesan Dibaca dan Menonaktifkan Centang Biru

Dengan mengetahui beberapa arti centang di WhatsApp, penting juga untuk mengetahui kapan pesan WhatsApp dibaca. Sebenarnya cara ini terbilang mudah, karena yang harus dilakukan hanya menekan pesan tersebut beberapa detik. Lalu, klik titik tiga dan pilih info.

Baca juga : tips belajar menulis melalui blog online

Secara otomatis akan tampil informasi terkait kapan pesan tersebut dibaca oleh penerima. Bahkan, waktu diterimanya pesan tersebut juga tertulis jelas. Meskipun cara ini cukup mudah, tetapi tidak akan bisa mengetahui jika penerima menyembunyikan fitur centang biru.

Ingin tau bagaimana cara bisa menghilangkan centang dua biru pada pesan WhatsApp? Adapun langkah-langkah untuk menonaktifkan centang dua biru yaitu membuka menu setelan, pilih akun, privasi dan pilih nonaktifkan laporan dibaca.

Cara Mengetahui WhatsApp Dibaca pada Grup

Setelah mengetahui arti centang di WhatsApp dan menonaktifkan centang biru, penting juga mengetahui WhatsApp sudah dibaca apa belum pada grup. Hal ini tetap berlaku bagi WhatsApp yang sudah di nonaktifkan centang birunya, karena grup bersifat publik.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka grup, lalu kirimkan pesan. Setelah beberapa menit, klik titik tiga pada bagian pojok kanan atas dan pilih info. Secara otomatis akan muncul tampilan siapa saja yang membaca pesan Anda dan siapa saja yang belum membaca.

Jadi intinya meskipun tanda centang biru sudah di nonaktifkan, pada grup akan tetap terlihat siapa saja yang sudah melihat pesan Anda. Mengingat grup bukan privasi, sehingga tidak bisa disembunyikan. Namun, pada saat Anda membuat status juga tidak akan terlihat siapa saja yang sudah menontonnya.

Penutup

Bagaimana, sudah faham arti centang di WhatsApp? Jika sudah, kini tak perlu bingung lagi jika mendapatkan salah satu centang tersebut saat mengirim pesan. Namun, jangan sampai pengetahuan ini disalahgunakan untuk iseng kepada orang lain.

Baca juga : contoh bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa arti dalam mengetahui centang biru yang ada di aplikasi percakapan populer whatsapp. Semoga bermanfaat ya, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.