Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Hobi Baru Selama di Rumah: Belajar Menulis melalui Blog

4 min read

Hobi Baru Selama di Rumah - Belajar Menulis melalui Blog

Selama pandemi, kita dituntut untuk melakukan berbagai aktivitas secara online. Bagi sebagian orang, ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena dapat menemukan hobi baru selama di rumah saja yaitu menulis berbagai informasi secara online atau sering disebut ngeblog.

Baca juga : alasan berkarya melalui blog secara online

Ngeblog sendiri bisa dilakukan di beragam platform seperti blogspot, hugo ataupun wordpress. Namun, bagaimana sih cara menulis di blog secara efektif yang mampu mendatangkan visitor dan nantinya bisa menjadi penghasilan pasif? simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Cara Mulai Menulis di Blog

Umumnya ada dua platform yang sering digunakan oleh banyak orang dalam membuat blog yakni blogger dan wordpress self host (wordpress org).

Untuk blogger sendiri bisa dipakai dengan gratis dan mudah, tapi perlu domain tambahan agar terlihat lebih professional, .com atau .net misalnya. Sedangkan wordpress self host, memerlukan domain dan hosting yang perlu dibuat menggunakan fitur softcolous yang tersedia di cpanel pada hosting berbayar.

Tips Cara Membuat Blog Berkualitas

Tidak bisa sembarangan dalam membuat blog online yang menjadi hobi baru selama di rumah. Ada beberapa hal yang dapat diterapkan dengan efektif untuk memperoleh berbagai keuntungan. Baik itu visitor, kerjasama iklan dan keuntungan lainnya.

Cara Membuat Blog Berkualitas

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam membuat blog online berkualitas agar diketahui dan dibaca oleh banyak orang, diantaranya yaitu:

1. Tentukan Niche Utama Blog

Langkah pertama sebelum mulai membuat blog adalah menentukan niche atau pembahasan utama pada blog Anda, seperti teknologi, informasi, review gadget dan sebagainya.

Baca juga : manfaat menulis blog bagi pelajar

Ini bertujuan agar nantinya Anda tidak bingung ditengah jalan dan akan terus berkelanjutan dalam mengelola blog tersebut. Jadi, temukan niche blog terlebih dahulu yang sudah pasti Anda pahami.

2. Buat Alamat Blog dengan Domain TLD

Setelah mengetahui pembahasan blog yang dipilih, Anda bisa langsung praktek dengan membuat blog menggunakan platform CMS online gratis semacam blogger atau wordpress.

Sehingga, langkah pertama adalah membeli terlebih dahulu domainnya di layanan yang menjual domain di Internet. Tentukan domain sesuai selera yang termasuk TLD (Top Level Domain), seperti .com, .net, .id dan sebagainya.

Sebagai contoh, apabila Anda menyukai pembahasan seputar drone, bisa menggunakan domain sesuai niche tersebut, seperti areadrone.com, flydrone.com, dewadrone.net dan lain-lain.

3. Daftarkan ke Google Webmaster dan Google Analytic

Setelah blog online berhasil dibuat, Anda perlu memperkenalkannya ke mesin pencarian google dengan cara mendaftar ke google webmaster.

Baca juga : kelebihan dan manfaat backlink media nasional

Platform ini berfungsi untuk memantau perkembangan blog Anda, mulai dari keyword, backlink, internal link hingga mendeteksi kerusakan atau error pada blog tersebut.

Cara mendaftarkan Blog ke Webmaster

  • Buka alamat www.google.com/intl/id_id/webmasters/ melalui aplikasi browser.
  • Pada bagian pojok kanan atas, klik tombol masuk.
  • Kemudian, klik tombol get started atau mulai sekarang untuk melanjutkan.
  • Silahkan login menggunakan akun google yang Anda miliki.
  • Akan terdapat dua opsi, Anda bisa menggunakannya salah satunya. Agar lebih optimal, Anda bisa menggunakan opsi pertama.
  • Tulis dengan lengkap domain blog Anda.
  • Lalu klik tombol next atau terus untuk melanjutkan.
  • Silahkan ikuti instruksi untuk memverifikasi kepemilikan domain.
  • Jika sudah, Anda akan diminta untuk menunggu beberapa hari agar bisa menggunakan google webmaster untuk memantau perkembangan blog tersebut.

Cara mendaftarkan Blog ke Analytic

  • Buka alamat analytics.google.com melalui aplikasi browser
  • Login menggunakan akun google yang Anda miliki.
  • Klik tombol start measuring untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  • Kemudian isi semua form tersebut, mulai dari nama, persyaratan, domain blog dan sebagainya.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan tracking kode yang perlu ditaruh di bagian header.
  • Selengkapnya, bisa cek link ini bit.ly/3u9iHoN.

4. Daftarkan ke Google Adsense

Jika blog Anda dirasa memiliki visitor yang terpantau di google webmaster, sekitar 100 hingga 400. Anda bisa mulai mendaftarkannya ke platform iklan google adsense.

Google adsense sendiri ialah layanan bagi publisher (pemilik blog) untuk mendapatkan penghasilan melalui iklan. Iklan adsense ini perlu dikonfigurasi oleh pemilik blog dan ditaruh di dalam blog secara manual. Anda perlu melakukan riset secara mendalam untuk memperoleh hasil yang terbaik.

Hobi baru selama di rumah dengan cara menulis di blog sangat

5. Bekerjasama dengan Pemain Blog Lainnya

Dalam mengembangkan website atau blog, diperlukan kerjasama dengan pemain blog lainnya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Seperti saling memberi backlink, komentar, mengunjungi blog satu sama lain, saran dan sebagainya.

Baca juga : cara membuat hotspot WiFi di komputer windows

Belajar blog secara otodidak memang tidak salah, namun agar lebih bagus lagi, Anda bisa bertanya ke pemilik blog lain yang lebih professional. Bila perlu, ikuti berbagai komunitas blog dan terus belajar mengenai optimasi blog, baik itu dari segi SEO, penempatan iklan, cara menulis, riset keyword dan sebagainya.

Tips Cara mengelola Blog dengan Efektif

Setiap orang bisa membuat blog dan mengelolanya dengan baik jika mengetahui tips-tipsnya. Hal ini juga perlu dibarengi dengan selalu belajar hal-hal baru seputar SEO dan optimasi blog online.

Cara mengelola Blog dengan Efektif

Agar tidak sia-sia dalam mengelola blog, Anda bisa menerapkan beberapa tips yang sering saya lakukan untuk meningkatkan kualitas blog dengan optimal, diantaranya yaitu:

1. Lakukan Riset Keyword

Sebelum mulai membuat artikel atau post, Anda perlu melakukan riset keyword bervolume terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk mendatangkan visitor yang nantinya bisa menjadi penghasilan pasif Anda melalui iklan adsense.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan berbagai tool yang tersedia di internet secara gratis ataupun berbayar. Seperti ubersuggest, ahrefs, moz dan masih banyak lagi.

2. Buat Artikel Berkualitas Tinggi

Ketika membuat artikel, Anda perlu membuatnya dengan sepenuh hati dan lebih berbobot dibandingkan tulisan kompetitor atau situs lainnya. Sebagai permulaan, Anda bisa merewritenya dan menulis ulang menggunakan gaya bahasa sendiri.

Baca juga : pengertian dan fungsi algoritma komputer

Bila perlu, Anda dapat menkombinasikan beberapa artikel yang ada di google pada keyword tertentu dalam membuat artikel yang lebih berbobot dan berkualitas.

Tak apa jika kurang bagus, semua berawal dari kecil. Dulu saya juga seperti itu. Intinya adalah terus belajar dan jangan pernah menyerah, konsisten adalah kunci.

3. Gunakan Backlink untuk Meningkatkan Authority Blog

Backlink juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas blog di mesin pencarian google, sehingga Anda perlu membuat backlink di situs lain yang berkualitas tinggi melalui kerjasama content placement. Biasanya kerjasama backlink ini, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa saya untuk membuat backlink di media nasional yang berkualitas tinggi seperti detik.com, kompas.com, viva.co.id dan sebagainya. Untuk detailnya, lihat di artikel jasa press release media nasional.

4. Konsisten dan Terus Update

Menulis di blog secara konsisten adalah kunci utama untuk mengelola suatu blog. Selain tulisan yang berbobot, rutin update termasuk hal yang perlu Anda lakukan dalam membuat blog.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan radio bagi pengguna

Ini bisa Anda lakukan secara berkala, seperti menulis 1 artikel setiap hari, minggu atau setiap bulan. Saran saya fokuskan menulis blog minim satu artikel untuk satu hari. Memang tidak mudah untuk melakukan hal ini, tapi jika konsisten, tentu blog akan kedatangan banyak pengunjung dan bisa menjadi penghasilan pasif bagi Anda.

Kesimpulan

Untuk bisa menulis di blog dengan baik dibutuhkan kerja keras dan konsisten dengan sungguh-sungguh. Setiap orang dapat dengan mudah membuat blog, namun tidak semuanya dalam konsisten mengelola blog tersebut.

Maka dari itu, Anda perlu berusaha apabila ingin menjadikan blog sebagai penghasilan tetap atau pasif (sampingan). Hobi baru selama di rumah yang telah saya lakukan selama pandemi ini juga bisa Anda coba, siapa tau cocok dan menambah kreativitas Anda dalam menulis.

Informasi Tambahan

Kini, shopee mendukung para blogger Indonesia dengan cara mengadakan kontes setiap bulannya untuk mengasah kreativitas tulisan yang disertai dengan berbagai tema menarik.

Tentu, setiap pemenang bisa memperoleh hadiah hingga jutaan rupiah. Ikuti informasi dan detail lombanya di alamat shopee.co.id/inspirasi-shopee/. Jadi tunggu apalagi, ayo ikuti acara Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis dalam membagikan pengalaman saya mengenai hobi baru selama di rumah yaitu belajar menulis melalui blog online.

Cukup sekian dan terimakasih telah membaca hingga selesai. Terimakasih dan semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “Hobi Baru Selama di Rumah: Belajar Menulis melalui Blog”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.