Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

6 Metode Cara Mengecek Typo pada Tulisan dengan Cepat

2 min read

Cara Mengecek Typo

Kesalahan dalam pengetikan kata lebih dikenal dengan istilah typo. Jadi, pada saat pembuatan karya ilmiah atau menulis buku, bahkan menulis di blog pengecekan typo sangatlah penting. Apalagi saat ini ada banyak cara mengecek typo yang bisa dilakukan. Baik itu menggunakan website atau aplikasi.

Baca juga : fungsi hyperlink pada microsoft word

Seperti halnya yang akan dibahas pada ulasan kali ini mengenai cara mudah mengecek typo dan rekomendasi aplikasinya. Tentunya setiap aplikasi yang direkomendasikan nantinya pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dijadikan pertimbangan.

Cara Cek Typo melalui Website

Jika anda ingin mengecek typo tetapi tidak mau ribet download aplikasi, solusinya bisa melalui website. Salah satu website yang bisa digunakan yaitu Google Doc. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, seperti penggunaan gratis. Adapun berikut ini langkah-langkah cek Typo.

  • Langkah pertama buka browser di PC.
  • Setelah itu di Kolom pencarian ketik “Google Docs”.
  • Secara otomatis akan muncul halaman baru yang berisi berbagai link.
  • Pilih link paling atas dan tunggu hingga terbuka.
  • Setelah itu pilih halaman kosong atau blank.
  • Lalu, buka dokumen yang akan di cek.
  • Setelah itu copy teks nya.
  • Lalu, paste pada halaman kosong Google Docs.
  • Setelah itu ganti ke dalam bahasa Indonesia.
  • Langkah selanjutnya pilih “Tools”, lalu pilih “Spelling and Grammar”.
  • Jika sudah, centang pada bagian “Show Spelling Suggestion”.
  • Centang juga pada bagian “Show Spelling Grammar”.
  • Secara otomatis teks yang ada pada halaman tersebut ada yang muncul tanda garis merah.
  • Maksudnya garis merah tersebut menunjukkan kata yang typo.
  • Anda juga bisa klik kata tersebut untuk mengetahui saran penulisan kata yang tepat.

Rekomendasi Alternatif Cara Mengecek Typo

Setelah mengetahui cara mengecek typo, ketahui juga apa saja aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan. Tentunya setiap aplikasi mempunyai keunggulan tersendiri, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut dibawah ini beberapa opsi yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk cek typo pada tulisan dengan cepat dan mudah, diantaranya yaitu:

1. Typograp.com

Aplikasi salah ketik yang pertama yaitu Typograp.com. Aplikasi ini juga bisa diakses melalui website. Adapun kelebihannya hadir dengan tampilan yang cukup menarik dan penggunaannya sangatlah mudah. Kelebihan tersebut yang membuat aplikasi ini cocok untuk dipilih.

Sedangkan untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang akan di cek typo. Setelah itu buka aplikasinya dan masukan dokumen pada kolom yang tersedia. Hanya dengan klik “Proses”, maka anda akan mengetahui mana saja kata yang typo.

2. Microsoft Office

Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Pasalnya Microsoft Office merupakan software yang multifungsi, termasuk untuk mengecek typo. Namun, untuk menggunakan fitur tersebut harus download “Language Accessory Pack”.

Baca juga : cara mengganti teks tertentu di word dengan cepat

Keuntungan yang didapatkan jika mengecek typo menggunakan aplikasi Microsoft Office yaitu dapat digunakan secara gratis. Bahkan, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengecek kata baku. Belum lagi aplikasi ini dapat digunakan secara offline, jadi tak perlu penggunaan internet.

3. Ejaan.id

Rekomendasi aplikasi mengecek typo yang selanjutnya yaitu Ejaan.id. Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengecek dokumen dalam keadaan online. Keuntungan lain dalam penggunaannya cukup mudah dan secara otomatis mengecek kesalahan typo dan EYD.

Penggunaan aplikasi ini cukup membuka situs website melalui Chrome. Setelah itu Anda akan diarahkan pada homepage, lalu pilih “coba sekarang”. Setelahnya tinggal memasukkan teks atau dokumen pada kolom yang sudah tersedia.

4. Typoonline.com

Typoonline.com bisa Anda gunakan untuk mengecek typo dalam teks atau dokumen. Sesuai dengan mamanya, aplikasi ini Hanya bisa digunakan dalam keadaan online. Tentunya membutuhkan bantuan internet yang bagus. Meskipun begitu, dapat digunakan secara gratis.

Kelebihan dari aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengecek typo dalam sebuah dokumen. Namun, Anda juga bisa menggunakan URL pada kolom yang sudah tersedia. Selain itu, bisa juga melihat arti kata dalam kamus KBBI.

5. Google Docs

Selain bisa diakses melalui website, aplikasi ini juga bisa di akses melalui aplikasi. Anda bisa download aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Tentu jika digunakan melalui smartphone akan lebih mudah dan siapapun bisa menggunakannya.

Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengecek typo pada dokumen bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Meskipun begitu, aplikasi ini banyak digunakan karena pengecekan yang lebih akurat.

6. KBBI

Aplikasi terakhir yang bisa anda gunakan untuk mengecek typo yaitu KBBI. Adapun kelebihan dari aplikasi ini dapat mengecek typo pada kata secara akurat. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengecek typo pada setiap kata.

Baca juga : fungsi page setup pada microsoft word

Jadi, jika anda ingin mengetahui typo pada satu dokumen sekaligus, aplikasi ini tidak mendukung. Namun, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengecek kesalahan tulisan dari dokumen secara terbatas dengan baik. Jadi, jika tidak tertarik menggunakan KBBI, Anda bisa menggunakan rekomendasi sebelumnya.

Penutup

Kurang lebih itulah cara mengecek typo dan rekomendasi aplikasinya. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan jika sebenarnya untuk mengecek tipe sangat mudah. Apalagi didukung dengan beberapa terbaik.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.