Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 4 Karakteristik WordPress dari Segi Tampilan dan Tema

2 min read

Karakteristik WordPress dari Segi Tampilan dan Tema

Karakteristik WordPress dalam dunia teknologi memberikan sedugang manfaat bagi para penggunanya dari setiap kalangan. Mulai dari mereka yang memakai software ini untuk keperluan pribadi seperti blog dan semacamnya, hingga guna memenuhi kebutuhan yang ada di perkantoran.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan wordpress

Sekarang ini WordPress menjadi salah satu Content Managenment System (CSM) yang mana melingkupi sekitar 35 persen situs web di seluruh dunia, dan terdapat kemungkinan bahwa prosentase tersebut untuk selalu meningkat tiap tahunnya. Namun, tidak semua user paham dengan Karakteristik WordPres.

Mulanya, CSM merupakan aplikasi yang digunakan untuk blogging berbasis website. Sehingga, baik pembuat konten serta editornya mampu mengelola situs webnya tanpa perlu menguasai program tersebut. WordPress kini bisa diubah menjadi situs e-commerce seperti toko online, dan semacamnya.

Memahami Apa Itu WordPress

WordPress adalah salah satu platform yang dibuat oleh Matt Mullenweg bersama Mike Little bertujuan untuk membuat situs web sejak tahun 2003. Perangkat ini merupakan contoh dari Content Management System (CSM) yang sangat populer di kalangan web developer.

Selain itu, WordPress merupakan software yang bersifat open source, dapat diartikan bahwa aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan juga diberikan kebebasan dalam memodifikasi konten sesuai dengan keinginan setiap penggunanya. Bahkan, platform ini juga menyediakan beragam fitur.

Karakteristik WordPress dari Segi Tema

Karena tidak jarang dari sebagian besar individu yang beranggapan bahwa WordPress merupakan platform blogging, tapi faktanya ialah aplikasi (CSM) yang kerap kali digunakan oleh para pelaku usaha karena mempunyai beragam tema dengan karakternya masing-masing Berikut pembahasannya.

1. Mempunyai Desain yang Professional

Desain merupakan salah satu aspek terpenting dalam penentuan tema atau template yang akan dipakai untuk membuat situs web baru yang dapat mendukung sebuah bisnis yang sedang berjalan. Karena sketsa yang digunakan mampu menggambarkan produk (brand) setiap usaha.

Baca juga : jasa install tema wordpress original dan resmi

Jadi, dalam memilih sebuah desain setiap pelaku usaha harus berhati-hati sebab hal ini bisa berpengaruh terhadap perkembangan bisnis kalian. Begitu pun sebaliknya, apabila situs web milik pelaku usaha buruk. Maka, calon konsumen akan ragu untuk membeli produk mereka.

2. Menyediakan Penggeser atau Slider Unggulan

Di era sekarang ini, hampir sebagian besar tema situs web yang diperuntukkan dalam keperluan bisnis menghadirkan semacam penggeser atau slider unggulan, seperti “nivo-type” yang digunakan untuk menampilkan serta memamerkan berbagai produk, baik berupa barang maupun layanan jasa.

Dengan menambahkan penggeser atau slider unggulan bisa membuat situs web para pelaku bisnis lebih menarik. Sehingga, para pengunjung website tergugah untuk memperhatikan beragam item yang disediakan di dalamnya.

3. Menyediakan Tempat Bagi Konsumen Untuk Memberikan Testimoni

Sangat penting bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan testimoni atau feedback dari para konsumennya terhadap produk yang mereka perjual belikan. Kenapa begitu? Sebab hal ini dapat membantu pebisnis dalam meningkatkan penjualan produknya.

Oleh sebab itu, WordPress memberikan fasilitas yang bisa digunakan oleh konsumen dari sebuah perusahaan untuk memberikan testimoni (ulasan) terhadap sesuatu yang telah dibelinya. Feedback tersebut biasanya akan berguna dalam meyakinkan calon pembeli mereka supaya membeli produknya.

4. Memberikan Panel Opsi Untuk Menyesuaikan Tema Web

Jarang sekali dijumpai pengguna sebuah platform yang digunakan untuk membuat suatu situs web menginginkan tampilan pada website mereka sama seperti situs yang lain. Terlebih bagi para pelaku bisnis, tentu saja mereka mengharapkan sesuatu yang unik dan menarik sehingga bisa menonjol.

Baca juga : alasan wordpress lebih baik daripada blogspot

Dalam WordPress sendiri telah disediakan sebuah fitur yang memberikan kesempatan pada penggunanya untuk menyesuaikan situs web mereka sesuai keinginannya. Seperti, tool yang bisa mengubah warna, tata letak halaman, logo, dan sebagainya. Ini termasuk karakteristik wordpress yang sangat membantu pengguna untuk mengatur tampilan websitenya.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan WordPress

Nah, setelah mendapatkan pemahaman mengenai karakteristik WordPress. Kali ini, kami akan menyajikan berbagai alasan pendukung bagi para web developer atau pengembang supaya menggunakan platform ini. Berikut ini ulasannya.

1. Mempunyai Komunitas yang Besar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa sekitar 30 persen situs web di dunia menggunakan WordPress. Dari prosentase tersebut dapat disimpulkan bahwa platform ini sebagai pemegang market share terbesar di berbagai media pembuat website.

Sedangkan, tidak jarang ditemukan para pengguna WordPress menciptakan forum diskusi untuk mereka dengan tujuan berbagai pandangan, pendapat, serta ilmu mengenai pembuatan situs web. Biasanya dalam berdiskusi, pemakainya melaksanakannya secara online dan juga offline.

2. Menyediakan Beragam Tutorial yang Mudah Dipahami

Tidak hanya mempunyai komunitas besar yang bisa digunakan untuk saling bertukar pengetahuan. WordPress juga menyediakan beragam tutorial guna menuntun mereka yang masih asing dengan platform ini atau disebut sebagai pemula supaya bisa mengoperasikan aplikasi tersebut.

Media pembelajaran yang disedikan tidak hanya berupa bacaan, akan tetapi juga dalam bentuk video tutorial. Sehingga akan mempermudah para pengguna baru untuk mempelajari sekaligus mencoba menerapkannya saat melakukan pelatihan.

Penutup

Kesimpulannya, wordpress sangat berguna bagi Anda dalam mengembangkan website untuk berbagai kebutuhan tanpa harus memahami bahasa pemrograman (coding) terlebih dahulu.

Baca juga : cara update tema wordpress secara otomatis

Kurang lebih, itu tadi pemaparan singkat mengenai pengertian platform yang disertai dengan penjelasan detail terkait beberapa karakteristik WordPress dari segi tema bagi para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.