Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Alasan Mengapa WordPress Lebih Baik daripada Blogspot

2 min read

Alasan Mengapa WordPress Lebih Baik daripada Blogspot

Saat ini kita semakin dimudahkan dalam membuat website secara online, pada dasarnya ada banyak sekali platform CMS (Content Management System) yang dapat digunakan secara gratis, blogspot dan wordpress adalah salah satunya. Kali ini saya akan membagikan informasi seputar alasan mengapa wordpress lebih baik daripada blogspot milik google.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan blogger (blogspot)

Tak dapat dipungkiri memang, blogspot memiliki banyak sekali kelebihan didalamnya. Seperti tidak perlu membayar sewa hosting tahunan dan semua akan tersimpan di server google secara otomatis. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakan blogspot sebagai website utama.

Alasan Mengapa WordPress Lebih Baik daripada Blogspot

Berikut di bawah ini beberapa alasan yang perlu Anda pahami seputar keunggulan wordpress daripada blogger milik google, di antaranya yaitu:

1. Tidak Terikat dengan Peraturan Google

Blogspot.com bisa di ibaratkan seperti kontrakan yang dimiliki oleh google. Pengguna tidak perlu membayar biaya server tahunan atau bulanan, namun didalamnya memiliki berbagai peraturan yang perlu ditaati oleh setiap user.

Jika melanggar sedikit saja, akun pengguna bisa terbanned dan tentu saja web didalamnya bisa ikut terhapus secara permanen. Blogspot cocok digunakan oleh pengguna baru (pemula) yang ingin membuat website pertama kali dan tidak ingin terbebani biaya server (hosting) yang cukup mahal.

2. Memiliki Fitur Plugin yang Lebih Advanced dan Beragam

Dalam penggunaan wordpress, pengguna bebas untuk mengatur berbagai hal pada websitenya. Pengguna bisa memanfaatkan beragam plugin yang tersedia secara gratis.

Baca juga : jasa backlink media nasional berkualitas tinggi

Salah satu contohnya adalah yoast seo yang berfungsi untuk mengoptimasi SEO website agar mendatangkan banyak pengunjung. Didalamnya juga terdapat indikator yang mempermudah pengguna dalam membuat artikel optimal dan berkualitas tinggi.

Dari sisi keamanan dan kecepatan situs, blogspot memiliki loading yang sangat cepat karena ikut server google. Penggunaan wordpress bisa menjadi alternatif selain blogspot bagi pengguna yang menginginkan fitur advanced dan lebih mendalam.

3. Tampilan yang Dapat Dikustomisasi dengan Bebas

Dapat dikustomisasi dengan mudah adalah salah satu keunggulan dari wordpress, dalam hal ini pengguna tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman tertentu (coding).

Anda bisa memanfaatkan berbagai plugin dengan harga yang cukup terjangkau melalui penyedia atau agency yang banyak tersedia di Indonesia. Salah satunya yaitu dengan menggunakan tema elementor pro, Anda bisa menggunakan layanan jasa install elementor pro jika kesusahan ketika menggunakannya.

Kemudian, ada terdapat banyak tema premium yang kompatibel dengan wordpress. Di website masdzikry.com ini saya menggunakan tema mediumish, Anda juga bisa menghubungi saya untuk berkonsultasi tema mana yang cocok sesuai kebutuhan di layanan jasa install tema wordpress.

4. Tersedia Fitur AMP (Accelerated Mobile Pages)

Mungkin istilah ini cukup asing bagi sebagian orang. Amp sendiri termasuk teknologi perangkat lunak yang dikembangkan oleh google dan dapat diterapkan di website online. Kelebihan dari Amp sendiri adalah memiliki loading yang sangat cepat dibanding non amp dan tidak membutuhkan banyak sumber daya server.

Di blogspot, Amp belum bisa digunakan sebaik wordpress. Hal ini dikarenakan untuk menggunakan AMP di wordpress, pengguna bisa memakai plugin khusus AMP yang tersedia gratis di wordpress. Berbeda dengan blogspot yang perlu melakukan editing manual pada tema yang digunakan.

Alasan Mengapa WordPress Lebih Bagus daripada Blogspot Lainnya

  • Termasuk platform gratis (open source)
  • Diperbarui secara berkala
  • Memiliki banyak komunitas di berbagai negara

Kesimpulan

Kesimpulannya, wordpress memiliki banyak fitur dan keunggulan yang lebih baik daripada blogspot untuk jangka panjang karena tidak terikat dengan google. Akan tetapi perlu biaya lebih agar bisa menggunakan wordpress, seperti domain dan hosting (server).

Baca juga : cara backup wordpress secara otomatis ke google drive

Blogspot cocok digunakan oleh pemula yang ingin mengenal dasar-dasar website seperti menulis artikel, memasukkan gambar, memilih tema dan sebagainya. Jika ingin lebih advanced, wordpress lebih disarankan karena terdapat banyak fitur premium didalamnya.

Akan tetapi, penggunaan cms pada website ini juga tergantung dari Anda sendiri yang memutuskan. Saya hanya membagikan informasi singkat yang perlu diketahui seputar alasan mengapa wordpress lebih baik daripada blogspot milik google. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca hingga selesai, see you next time.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.