Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Cara Mengatasi HP Samsung Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

2 min read

Samsung merupakan salah satu brand smartphone yang dikenal karena fitur-fitur canggihnya, namun terkadang beberapa perangkat buatannya memiliki beberapa kendala seperti tidak bisa mengakses fitur panggilang keluar. Nah kali ini saya akan membahas seputar cara mengatasi HP samsung tidak bisa melakukan panggilan keluar.

Baca juga : Manfaat dan Efek Pembaruan Perangkat Lunak Samsung

Berbagai kendala di smartphone umumnya disebabkan banyak faktor, seperti penggunaan yang berlebih hingga overheat, menginstall aplikasi secara berlebihan, membuka link sembarangan dan sebagainya.

Tentu berbagai permasalahan ini bisa mengganggu Anda sebagai pengguna smartphone, apalagi ketika terjadi error saat hendak digunakan. Kendala di HP Samsung yang tidak bisa melakukan panggilan keluar ini perlu Anda atasi agar tidak menggangu aktivitas di kemudian hari.

Cara Mengatasi HP Samsung Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Cara Mengatasi HP Samsung Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Berikut di bawah ini beberapa metode dan tips simple yang bisa Anda terapkan dengan mudah dalam memperbaiki tidak menelpon, di antaranya yaitu:

1. Mematikan Mode 4G Only

  • Buka telepon pada perangkat Android Samsung Anda.
  • Ketikkan nomor *#*#4636#*#*
  • Secara otomatis Anda akan dialihkan ke bagian penguji perangkat.
  • Klik tulisan informasi telepon.
  • Scroll sedikit ke bawah di bagian Setel Jenis Jaringan yang Disukai, kemudian pilih WCDMA preferred. Jangan pilih mode 4G Only (LTE).
  • Selesai, silahkan restart kembali ponsel Anda untuk mengetahui hasilnya.

2. Tukar SIM Card

Meski terdengar sepele, Anda perlu menerapkan cara ini. Yang perlu Anda lakukan hanya menukar letak sim tersebut, misal sebelumnya di slot sim 2 Anda bisa menukarnya di sim 1.

Baca juga : Cara Menggunakan Youtube Premium dengan Gratis

Terkadang masalah di HP samsung tidak bisa melakukan panggilan keluar disebabkan karena jalur sim card berdebu atau mengalami sedikit kerusakan seperti terkena benturan keras, terjatuh dari tempat tinggi dan hal lainnya.

3. Bersihkan SIM Card dari Debu

Sim card yang berdebu juga bisa menjadi penyebab hp samsung tidak bisa melakukan panggilan telepon. Selain menukar sim card, Anda juga perlu membersihkannya agar tidak berdebu. Anda bisa membersihkannya menggunakan kain kering atau tisu bersih.

4. Membersihkan Riwayat Panggilan (Clear Log)

Pada smartphone Samsung versi lama, log panggilan yang menumpuk terkadang bisa menyebabkan kendala tidak bisa menelpon.

Maka dari itu, Anda perlu membersihkannya secara manual. Caranya Anda hanya perlu mengakses fitur telepon, kemudian pilih riwayat telepon dan klik titik tiga di bagian kanan atas lalu tekan bersihkan riwayat penggilan.

5. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Cara ini bisa dibilang cukup ampuh dalam mengatasi ponsel samsung yang tidak bisa menelpon dengan normal. Terkadang operasi sistem android yang sedang digunakan mengalami rusak (corrupt) bisa menjadi salah satu penyebab permasalahan ini.

Sebelum melakukan hal ini, Anda perlu membackup berbagai data penting di smartphone tersebut agar tidak hilang data-datanya begitu saja. Seperti foto, dokumen, kontak, musik dan sebagainya.

Baca juga : Fungsi NFC bagi Pengguna Smartphone

Untuk menerapkan metode kembali ke pengaturan pabrik di perangkat Android samsung ini bisa dibilang cukup mudah, berikut tahap-tahapannya:

  • Buka pengaturan di perangkat Android samsung Anda.
  • Scroll kebawah dan klik sistem.
  • Lalu klik bernama opsi pengaturan ulang.
  • Dan tekan tulisan kembali ke pengaturan pablik untuk melanjutkan.
  • Klik konfirmasi atau ok jika ada pop up yang muncul.

6. Atur Jaringan Prioritas

  • Akses pengaturan di perangkat HP Samsung Anda.
  • Lalu pilih opsi Saluran atau Jaringan.
  • Langkah selanjutnya yakni klik opsi Tipe Jaringan Prioritas.
  • Cek kembali apakah pilihan Jaringan LTE digunakan sebagai jaringan utama (prioritas) atau tidak.
  • Apabila LTE menjadi jaringan prioritas, maka Anda bisa mengubahnya ke Jaringan 2G / 3G.
  • Lalu silahkan coba kembali untuk melakukan panggilan keluar, semoga berhasil.

7. Coba Gunakan SIM Card Baru

Jika berbagai cara diatas sudah Anda terapkan namun tetap tidak bisa maka Anda perlu mengecek kembali keadaan SIM card Anda. Mungkin saja kartu yang sedang Anda gunakan mengalami kendala seperti diblokir, habis masa tenggang dan sebagainya.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan seputara cara mengatasi hp samsung tidak melakukan panggilan keluar.

Baca juga : Kelebihan Chrome OS, Sistem Operasi buatan Google

Cukup sekian dan terimakasih telah mengunjung website masdzikry, saya harap tutorial di atas tadi bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda terapkan dengan efektif. See you in next artikel, bye-bye.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.