Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Kelebihan Chrome OS, Sistem Operasi buatan Google

2 min read

Kelebihan chrome os

Pada tahun 2011 silam, Google merilis pengumuman tentang rencana untuk memperkenalkan Sistem Operasi tersendiri buatan mereka bernama Chrome OS. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa kelebihan chrome os yang merupakan sistem operasi buatan google.

Apa Itu Chrome OS?

Chrome OS sendiri ialah sistem operasi komputer yang dirilis pada 15 juni 2015, OS ini memiliki tampilan seperti browser google chrome yang berbasis Linux dan bersifat open source alias gratis untuk digunakan. Jika anda sudah mengenal browser Chrome maka anda akan familiar ketika menggunakan Chrome OS.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan sistem operasi android

Sistem operasi ini awalnya dirilis dengan menggandeng vendor Hardware seperti Samsung dalam meluncurkan seri laptop Chromebook yang menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasi defaultnya pada tahun 2012. Di perjalanan berikutnya, beberapa vendor juga ikut merilis seri Chromebook, seperti DELL, ASUS, dan ACER.

Chrome OS sudah terintegrasi dengan aplikasi bawaan dari produk Google, seperti Google Document, Google Drive, Gmail dan Google Plus. Sistem operasi ini memang dirancang agar dapat berjalan se-ringan mungkin.

Kapasitas penyimpanan pada Laptop seri Chromebook biasanya tidak terlalu besar. Hal ini karena Google mendedikasikan Chrome OS sebagai sistem operasi yang berbasis penyimpanan Cloud (Cloud Storage). Para pengguna sangat disarankan untuk menyimpan file via internet.

Chromebook samsung

Mirip dengan menggunakan browser Chrome, ketika anda menggunakan Chrome OS, anda akan diminta untuk login dengan akun Gmail dan terhubung dengan Play Store untuk meng-install aplikasi yang anda inginkan. Dengan merilis Chrome OS, kini Google kini mulai mewarnai persaingan diantara Windows, MacOS, dan Linux.

Kelebihan Chrome OS

Berikut dibawah ini beberapa ulasan singkat mengenai keunggulan Chrome OS yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Sistem Operasi Open Source

Meskipun Chrome OS hanya dapat berjalan pada perangkat laptop tertentu, yaitu Chromebook. Kini sudah banyak pengembang yang melakukan improvisasi sehingga Chrome OS sudah dapat diinstall secara gratis pada laptop anda.

Hal ini tidak lepas karena Chrome OS bersifat open-source seperti halnya OS Linux. Sehingga siapapun bisa menggunakan dan melakukan modifikasi secara terbuka terhadap source-code Chrome OS. Sifat open-source ini justru membuat Chome OS semakin berkembang dan kini sudah dapat di install pada perangkat lain, tidak terbatas pada Chromebook. Bahkan sudah bisa di instal pada komputer tablet sekalipun.

2. Berbasis Layanan Cloud

Kelebihan chrome os yang selanjutnya yaitu berbasis layanan cloud, Google merancang Chrome OS agar dapat berjalan se-ringan mungkin melalui dukungan layanan Cloud. Dukungan fasilitas Cloud service sangat kental pada sistem operasi ini. jika anda sudah mengenal Google Drive, maka hampir semua penggunaan pada Chrome OS berbasis layanan Cloud.

Baca juga : cara blokir url tertentu pada wifi indihome ZTE

Chrome OS sangat berorientasi terhadap layanan Cloud dari Google, semisal Google Drive, GoogleDocs, Spreadsheet, GooglePDFviwer, GooglePlus, dsb. Jika anda ingin mengenal Chrome OS maka anda perlu terbiasa menyimpan file di Google Drive.

3. Aman dari Virus

Karena sistem operasi ini dibangun diatas sistem UNIX yang tidak banyak digunakan oleh pengguna awam, maka Chrome OS cenderung aman dari serangan virus. Selain itu, sistem keamanan terhadap malware ataupun virus selalu di update secara otomatis melalui internet. Sehingga Chrome OS yang digunakan selalu mendapatkan proteksi keamanan terbaru dari serangan malware maupun virus.

4. Murah

Chrome OS terhubung dengan layanan Play Store, anda bisa menginstal berbagai aplikasi yang tersedia gratis di Play Store, meskipun ada beberapa aplikasi berbayar dengan harga yang cukup terjangkau. Umumnya aplikasi yang terdapat pada Play Store juga dapat berjalan dengan baik pada Chrome OS.

5. Ringan dan Cepat

Chrome OS dirancang sebagai sistem operasi yang ramah perangkat. Artinya sistem operasi ini tidak membutuhkan spesifikasi tinggi agar dapat berjalan pada suatu perangkat. Penggunaannya pun sangat ringan dan cepat jika dibandingkan dengan OS lain.

Contohnya ialah ketika booting, Chrome OS hanya memerlukan waktu beberapa detik saja untuk dinyalakan. Tampilannya pun sangat sederhana, mirip ketika anda sedang menggunakan browser Google Chrome.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai beberapa kelebihan chrome OS yang perlu anda ketahui sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “5 Kelebihan Chrome OS, Sistem Operasi buatan Google”

  1. Terima kasih banyak min atas informasinya serta penjelasannya mengenai Chrome OS. Sangat membantu dan bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.