Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Tips Cara Mendesain Baju dengan Pensil Untuk Pemula

2 min read

Cara Mendesain Baju dengan Pensil

Salah satu kebutuhan manusia adalah baju. Saat memiliki baju yang tidak nyaman, tidak ada salahnya apabila mendesain sendiri sesuai dengan keinginan. Terdapat beberapa cara mendesain baju dengan pensil untuk pemula yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Baca juga : cara download video tiktok tanpa watermark

Nantinya, Anda bebas mendesain baju sesuai dengan keinginan dengan berbagai model. Mulai dari baju pesta, baju muslim, baju formal, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan begitu, baju tersebut dapat dibuat sesuai dengan apa yang pemilik inginkan.

Cara Mendesain Baju dengan Pensil

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ingin mendesain baju. Dalam mendesain baju ini sendiri dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan kertas dan pensil saja. Di bawah ini beberapa langkah-langkahnya yang bisa diterapkan:

1. Siapkan Peralatan Dahulu

Anda bisa memilih pensil dengan karakteristik keras. Pastikan juga pensil tersebut tidak menciptakan bekas guratan pada kertas serta dapat dengan mudah dihapus tanpa memberikan bekas. Dengan begitu, nantinya sebuah sketsa baju dapat didesain dengan lebih maksimal.

Desain baju juga akan terlihat jauh lebih profesional apabila menggunakan pensil yang tepat dan berkualita. Terlebih, sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan bolpoin pasalnya setiap garis yang sudah dihasilkan nantinya tidak dapat dihapus.

2. Tentukan Pose Model

Selanjutnya, Anda bisa mulai menentukan pose yang diinginkan oleh model. Mulai dari berjalan, duduk, menunduk, dan masih banyak lagi nantinya. Akan tetapi, apabila termasuk sebagai seorang pemula ada baiknya untuk memilih pose model yang berdiri atau berjalan saja.

Pasalnya, dapat dikatakan bahwa pose model tersebut jauh lebih mudah digambar dan diilustrasikan. Dengan begitu, Anda tetap dapat melakukan pembuatan desain baju dengan mudah bahkan terlihat seperti sudah profesional. Pastikan untuk menggambarnya dengan proporsi yang baik.

3. Gambar Area Pinggul

Anda juga bisa memulai menggambar bagian pinggulnya. Yakni dengan cara membuat bujung sangkar terlebih dahulu dengan panjang sisi yang sama dari garis di bawah pertengahan. Yakni titik pinggul yang ada pada tubuh secara alami. Apabila modelnya kurus maka tentu saja area pinggul juga lebih kecil.

Baca juga : tujuan dan fungsi gambar ilustrasi

Kemudian pertahankan pose yang diinginkan dalam ingatan Anda. Lalu angkat bujur sangkar pinggul tersebut ke kanan ataupun ke kiri. Apabila ingin bagian pinggul kanan naik, maka gambar bujur sangkar sedikit miring naik ke bagian kanan dna sebaliknya.

4. Gambar Batang Tubuh

Anda bisa menggambar batang tubuh model memanjang ke atas. Pada bagian pinggangnya mengecil sementara bagian pundak sedikit membesar layaknya tubuh manusia yang asli. Pastikan juga bagian pundak dan pinggul memiliki lebar yang sama.

Dalam menggambar batang tubuh sendiri perlu memperhatikan garis lengkung atau lengkungan rusuk. Pasalnya, pada garis dan sudut tersebut sangat penting untuk menciptakan model. Agar nantinya tidak terlihat bagian tubuh yang memiliki posisi salah.

5. Buat Pola Baju

Anda bisa mulai menampilkan ilustrasi desain orisinal dari baju yang diinginkan. Mulai dari menambahkan pola, pita, kerutan, tulisan, dan lain sebagainya. Agar nantinya baju tersebut dapat tercipta dengan kesan yang sangat indah.

Tidak hanya itu saja, sangat dianjurkan untuk lebih fokus kepada elemen desain yang jauh lebih unik. Anda juga bisa menambahkan aksesoris lainnya yang sesuai agar dapat menegaskan gaya yang diinginkan. Untuk mendapatkan ide baru maka buka saja internet agar memperoleh inspirasi.

6. Gambar Garis Tebal

Seperti yang diketahui, saat ingin mendesain baju tentu ditujukan juga untuk memamerkan ide desain tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan garis yang jauh lebih tebal setelah membuat pola baju yang diinginkan dalam menggambar pakaian.

Pastikan menggambar garis tebal ini dengan alami. Yakni dengan menggambar lipatan di sekitar pinggang atau dekat bahu. Bayangkan bahwa saat memberikan garis tebal pakaian tersebut dikenakan oleh seseorang. Kemudian buat juga beberapa aksesoris seperti kancing, payet, dan lainnya.

7. Gambar Motif Kain

Jika desain sudah dipertebal garisnya, maka kini saatnya Anda menggambar motif kain dari baju yang diinginkan. Terlebih apabila Anda menggunakan kain asli bermotif sebagai contohnya, maka sangat penting untuk menggambarkannya sesuai dengan tampilan pada model.

Baca juga : cara menghubungi nomer pulsa darurat axis dan xl

Anda bisa memulainya dengan menggambar garis luar kain terlebih dahulu. Kemudian bagian kain satu demi satu motifnya. Dalam hal ini sangat penting juga untuk memperhatikan bagaimana lipatan serta kerutan yang ada pada motif kain. Bisa juga melengkungkan motif agar terlihat lebih akurat.

8. Tambahkan Tinta Warna

Apabila dirasa desain baju sudah sesuai, maka kini saatnya Anda memakai tinta warna. Cara pertama adalah dengan memakai tinta atau cat hitam untuk mempertahankan garis tertentu. Kemudian, warnai pakaian tersebut sesuai dengan keinginan memakai tinta warna.

Anda bahkan bisa menambahkan berbagai pilihan warna dalam mewarnai desain baju tersebut agar jauh lebih lengkap. Pastikan Anda juga mengerjakan tekstur serta bayangan baju dengan baik. Pada bagian lipatan dalam kain biasanya akan memiliki warna yang jauh lebih gelap dibanding bagian kain lainnya.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai cara mendesain baju dengan pensil yang bisa Anda ketahui. Dalam mendesain baju disini tidak perlu menggambar wajah pasalnya tidak terlalu digunakan. Kemudian, pastikan juga menerapkan beberapa cara di atas dengan berurutan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.