Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Tips Cara Iklan Instagram Tertarget yang Perlu Diketahui

3 min read

Cara iklan instagram tertarget

Pasti anda telah mengetahui apa itu instagram, sosial media ini cukup populer dan sering digunakan oleh banyak orang dalam berkomunikasi atau berbagi suatu momen dalam bentuk foto dan video. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa tips cara iklan instagram tertarget agar mendapatkan hasil konversi yang lebih maksimal.

Baca juga : fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan

Perlu anda ketahui, penggunaan aplikasi instagram cukup berpotensi tinggi dalam berbisnis atau berjualan produk, karena memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya. Tentu, anda dapat memanfaatkan hal ini dengan mulai berjualan di sosial media instagram.

Kenapa Harus Instagram?

Instgram sendiri memiliki berbagai keunggulan yang ditawarkan dalam membantu bisnis anda, salah satu kelebihannya yaitu terdapat fitur berbagi yang dapat digunakan dengan gratis. Seperti hashtag, instastory, membuat postingan, dan sebagainya.

Akan tetapi, fitur berbagi yang bisa anda buat untuk beriklan secara gratis tersebut hanya bisa diketahui oleh para pengikut atau followers saja. Agar lebih maksimal, anda bisa membuat iklan berbayar (instagram ads) agar mendapatkan banyak pelanggan yang berpotensi membeli produk anda.

Intagram ads ialah fitur berbayar yang berfungsi untuk membuat iklan dan mengiklankan produk atau akun secara random yang akan dilihat oleh banyak pengguna instagram di berbagai wilayah. Tentu, anda perlu membayar sejumlah biaya agar dapat menggunakan fitur tersebut.

Tips Cara Iklan Instagram Tertarget

Berikut dibawah ini beberapa tips mengenai cara membuat iklan instagram tertarget yang bisa dijadikan sebagai referensi pembelajaran dalam menjalankan IG ads, diantaranya yaitu:

1. Buat Iklan melalui Facebook

Sebelum mulai membuat iklan di instagram, langkah awal yang perlu anda lakukan yaitu membuka akun instagram Ads. Langkah ini diharuskan mengubah instagram anda menjadi akun bisnis serta memerlukan akun facebook untuk mempermudah anda dalam mengelola iklan yang dijalankan.

Langkah selanjutnya yaitu mulai membuat fanspage melalui akun facebook anda, fanspage berfungsi untuk mengelola halaman dan iklan tersebut. Selain itu, fanspage juga membantu anda dalam beriklan di dua platform secara bersamaan yaitu Facebook dan Instagram.

Setelah membuat fanspage, buka ads manager lalu login dengan akun facebook anda dan pada bagian kanan atas klik tombol Create Ads untuk mulai membuat tayangan iklan.

Baca juga : cara restart wifi indihome ZTE F609

Di tahap ini, anda bisa menentukan dari dua jenis iklan yang tersedia, yakni iklan cepat dan iklan terpadu. Jika bertujuan menargetkan orang secara spesifik, anda bisa memilih iklan terpadu karena iklan jenis ini memiliki konfigurasi dan detail yang lebih spesifik daripada iklan cepat.

Ketika proses membuat iklan, anda perlu mengatur tujuan dari dibuatnya iklan tersebut. Umumnya terdapat tiga kategori jenis iklan yang tersedia yakni konversi, kesadaran dan pertimbang. Masing-masing mempunyai fungsi dan tujuan utama yang berbeda, sehingga anda harus mengetahui tujuan dari setiap kategori iklan.

Silahkan pilih kategori awareness atau kesadaran agar menargetkan iklan instagram tertarget. Kategori jenis ini membantu anda dalam menjangkau sebagian besar orang yang memiliki potensi besar untuk tertarik dengan merek produk yang anda iklankan.

Lebih dari itu, bagi anda yang memiliki usaha lain juga bisa menggunakan iklan jenis penjualan katalog produk atau kategori konversi, jenis ini akan mengiklankan produk yang anda jual agar sesuai dengan target tertentu yang dapat meningkatkan penjualan produk anda.

2. Menentukan Pilihan Iklan

Cara iklan instagram tertarget yang selanjutnya yaitu menentukan pilihan iklan yang akan dijalankan. Sebelum menjalankan iklan tersebut, anda perlu mengatur anggaran dan jenis tayangannya. Facebook sendiri memiliki dua metode iklan yang berbeda yakni anggaran optimal dan uji split iklan.

Dalam hal ini anggaran optimal ialah menampilkan iklan secara optimal dengan batas anggaran tertentu yang telah dikonfigurasi sebelumnya. Jika dana yang anda gunakan cukup terbatas, maka anda bisa mengatur strategi kampanye sesuai rekomendasi facebook.

Baca juga : cara mengatasi format video tidak didukung

Selain itu, anda bisa mengatur jadwal iklan tersebut di jam tertentu sesuai kemauan anda. Hal ini akan membantu anda dalam memperoleh hasil konversi iklan yang lebih maksimal.

Sedangkan uji split ialah metode untuk mengetahui iklan yang memiliki respon terbanyak dari beberapa iklan yang dijalankan. Jadi, dengan menggunakan uji split anda akan membuat iklan paling sedikit berjumlah dua sebagai perbandingan iklan mana yang banyak peminatnya. Akan tetapi, opsi dari metode ini memiliki harga yang cukup mahal dari pengoptimalan anggaran.

3. Menentukan Target Audience

Cara iklan instagram tertarget

Dengan memilih target yang benar, tentu iklan yang dijalankan akan dilihat dan direspon oleh banyak orang. Sehingga, cara iklan instagram tertarget dapat anda terapkan dengan mengatur audience secara spesifik. Besar peluang audience yang tepat sasaran dapat anda peroleh apabila mengatur spesifikasi dengan lebih detail.

Pada tahap ini, anda dapat mengelola iklan yang berjalan agar dapat tampil di pengguna tertentu, misalnya para konsumen loyal atau yang pernah melakukan transaksi di akun tersebut. Akan tetapi, anda bisa mengosongkan bagian tersebut agar lebih luas dalam menjangkau pengguna baru.

Di bagian lokasi, silahkan atur target lokasi sesuai keinginan. Apabila yang anda targetkan yaitu semua pengguna di Indonesia, anda bisa langsung memiliki lokasi Indonesia tanpa perlu mengatur kode pos, kota dan detail lainnya. Namun, agar lebih spesifik untuk menjangau audience di lokasi tertentu, maka anda bisa menambahkan lokasi informasi tersebut.

Selanjutnya, anda perlu menentukan jenis kelamin, minat pengguna dan umur dari audience di pengaturan. Jadi, pastikan kembali pengaturan ini telah tepat supaya iklan muncul di pengguna sesuai spesifikasi yang sudah anda atur.

4. Mengatur Penempatan

Dalam beriklan, anda perlu mengatur penempatannya terlebih dahulu sebelum menjalankannya. Pilih instagram dan klik bagian instastory atau surat kabar apabila anda ingin menerbitkannya di Instagram, dengan demikian, iklan tersebut akan segera tayang di instagram dan berpeluang besar dilihat oleh banyak orang.

Selain itu, anda dapat menjalankan iklan secara bersamaan di facebook atau instagram melalui Audience Network. Walaupun tayang di platform berbeda, namun targetnya pemirsanya tidak akan berbeda yang akan sesuai dengan konfigurasi tersebut.

5. Memilih Format Iklan yang Digunakan

Cara iklan instagram tertarget yang terakhir yaitu dengan memilih format iklan yang akan digunakan. Di instagram sendiri menyediakan fitur lime format iklan yang bisa digunakan oleh pengiklan, mulai dari video tunggal hingga karosel.

Agar lebih maksimal, silahkan pilih format iklan yang sesuai dengan bisnis anda. Selain itu, tambahkan judul dan deskripsi tulisan mengenai produk yang anda jual agar menarik minat pengguna yang melihat anda. Jangan lupa lakukan pembayaran agar iklan tersebut bisa tayang di platform Facebook ataupun Instagram.

Perlu anda ketahui, dalam beriklan mengetahui data target data audience adalah hal yang cukup penting karena terbukti efektif dan menghemat anggaran anda. Seperti umur, jenis kelamin, geografi, wilayah dan sebagainya.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai cara iklan instagram tertarget yang dapat anda coba dengan mudah. Semoga penjelasan tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.