Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

17 Tata Krama dalam Komunikasi Sinkron di Era Modern

1 min read

Tata Krama dalam Komunikasi Sinkron

Di era teknologi modern seperti saat ini, kita semakin dimudahkan dalam melakukan komunikasi dengan banyak orang melalui smartphone dan internet yang dikenal dengan komunikasi sinkron, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tata krama dalam komunikasi sinkron yang perlu anda ketahui.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan surat dalam berkomunikasi

Secara umum, berkomunikasi ialah bentuk interaksi sosial kepada orang lain atau lawan bicara yang bertujuan untuk memberitahukan mengenai berbagai hal, seperti gagasan, ide, kritik, saran dan hal lainnya.

Pengertian Komunikasi Sinkron

Komunikasi sinkron adalah bentuk komunikasi langsung antar pengguna yang terhubung melalui jaringan internet menggunakan berbagai perangkat pendukung seperti smartphone, laptop, komputer dan sebagainya.

Dalam penggunaannya, komunikasi sinkron mempunyai beragam media yang bisa digunakan untuk terhubung ke banyak orang seperti ZOOM, Whatsapp, Line, Google Hangout, Google Meet, Facebook dan sebagainya.

Komunikasi ini mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan, salah satunya yaitu proses cepat dan harga terjangkau yang menjadi kelebihannya. Sedangkan kekurangannya yaitu rawan pencurian dan pemalsuan data antar pengguna.

Metode Komunikasi Sinkron

Komunikasi sinkron juga mempunyai beberapa metode yang sering digunakan, diantaranya yaitu:

1. Text Chat

Text chat ialah bentuk komunikasi sinkron melalui aplikasi yang memakai tulisan sebagai alat komunikasi dalam mengirimkan pesan kepada pengguna lain, text chat kurang efektif karena tidak dapat menunjukkan perasaan atau emosi dari pengirim pesan.

2. Video Chat

Metode kedua yaitu video chat yang menggunakan teknologi aplikasi dalam menampilkan video dan audio secara realtime untuk membantu komunikasi antar pengguna yang berada di area berbeda. Tentu, penggunaan video chat ini bisa melalui smartphone atau komputer yang tersambung dengan akses internet.

Tata Krama dalam Komunikasi Sinkron

Video chat sendiri sering dikenal dengan panggilan video atau video chat yang tersedia di aplikasi chatting seperti whatsapp, google meet dan facebook messenger.

Tata Krama dalam Komunikasi Sinkron

Tata krama yang baik dan benar diperlukan ketika menggunakan komunikasi sinkron secara verbal (bahasa tubuh) supaya lawan bicara tidak terganggu atau merasa tersinggung.

Baca juga : pengertian dan fungsi firmware komputer

Berikut dibawah ini beberapa tata krama yang perlu anda ketahui dalam berkomunikasi secara daring atau sinkron, diantaranya yaitu:

  1. Perkenalkan diri dengan sopan.
  2. Sapa dengan semangat.
  3. Tatap wajah lawan bicara.
  4. Dengarkan dengan baik.
  5. Jangan bicara terlalu cepat.
  6. Menggunakan kalimat yang sopan.
  7. Jaga sikap dan perilaku.
  8. Hargai pendapat orang lain.
  9. Selingi dengan humor.
  10. Berkata jujur dan jangan berbohong.
  11. To the point dan tidak bertele-tele.
  12. Berikan solusi yang tepat jika ada masalah.
  13. Jika batuk tutuplah mulut.
  14. Bicara dengan lembut dan jangan memaksa orang lain.
  15. Tulis yang ingin dibicarakan dengan rapi.
  16. Jangan membicarakan keburukan orang lain.
  17. Tidak berteriak dan jangan memotong pembicaraan orang lain.

Penutup

Akhir kata demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai tata krama dalam komunikasi sinkron di era modern yang perlu anda ketahui. Semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.