Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Rekomendasi Aplikasi PDF Gratis untuk Komputer Windows

2 min read

Rekomendasi Aplikasi PDF Gratis

Kini penggunaan aplikasi file pdf telah menjadi populer dan sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari pekerjaan, industri, bisnis, bahkan hingga pendidikan. Tentunya dengan semakin meluasnya pemakaian file jenis ini, masyarakat membutuhkan aplikasi yang dapat membuka file pdf secara Cuma-Cuma alias gratis.

Baca juga : pengertian dan manfaat internet of things

Perlu anda ketahui, PDF ialah singkatan dari Portable Document Format. File jenis ini awalnya digagas oleh perusahaan Adobe untuk mempermudah pekerjaan dalam proses pertukaran file maupun dokumen.

File jenis pdf ini dapat memuat foto, gambar, file teks, desain bahkan hingga screenshot. File PDF awalnya digunakan untuk mendistribusikan file yang bersifat read-only. Hal ini bertujuan agar ketika file tersebut dibuka pada perangkat atau mesin lain, tidak mengalami perubahan tata letak ataupun layout.

Tentunya aplikasi pdf gratis yang paling populer adalah rilisan perusahaan sang penggagas file PDF, yaitu Adobe dengan aplkasi Adobe Acrobat atau Adobe Reader. Aplikasi ini memang sengaja dirilis oleh Adobe untuk mengolah file pdf. Akan tetapi, kini sudah semakin banyak pula yang mengembangkan aplikasi serupa untuk mengakses bahkan meng-edit file PDF.

Rekomendasi Aplikasi PDF Gratis

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi alternatif aplikasi PDF yang dapat anda gunakan secara gratis selain Adobe Reader, diantaranya yaitu:

1. Nitro PDF

Kenggulan utama dari aplikasi ini adalah fitur touchscreen yang sangat baik untuk digunakan membaca file e-book. Meskipun memiliki kelemahan di sisi lain, yaitu anda tidak bisa mengisi tanda tangan pada file pdf melalui aplikasi ini.

Namun program ini sangat bagus dan sudah memungkinkan untuk diintegrasikan menjadi salah satu plugin pada platform Microsoft Office. Aplikasi ini mendukung untuk konversi berbagai jenis file dokumen menjadi format PDF.

2. Foxit Reader

Salah satu aplikasi pdf gratis yang dapat anda coba juga ialah Foxit PDF Reader. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan anda dalam mengolah file PDF. Anda bisa meng-edit, copy, atau delete file pdf dari aplikasi ini.

Foxit Reader juga memiliki fitur tracking sehingga anda bisa melihat siapa saja yang pernah memodifikasi file tersebut. Seperti halnya Nitro, aplikasi Foxit Reader juga sudah bisa diintegrasikan dengan Microsoft Office, sehingga anda bisa meng-konversi dokumen yang telah anda buat menjadi file PDF.

3. WPS Office

Aplikasi pdf gratis yang satu ini tidak hanya berguna untuk membuka file PDF. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Karena selain membuka file PDF, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuka file Word atau Excel.

WPS Office menyediakan fitur yang cukup lengkap untuk bersaing menjadi salah satu aplikasi platform Office. Melalui aplikasi ini anda sudah dapat menambahkan tanda tangan pada file PDF yang anda buat. Selain itu aplikasi ini tergolong cukup ringan jika dibandingkan aplikasi yang lainnya.

4. Google PDF Reader

Siapa sangka jika kelak dikemudian hari Google merilis aplikasi pengolah dokumen secara gratis. Untuk membuka file PDF, Google PDF Reader merupakan aplikasi pdf yang paling simple dan sederhana. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu opsi aplikasi pdf gratis yang dapat anda coba.

Pada dasarnya aplikasi Google PDF Reader akan berjalan diatas Browser Google Chrome. Sehingga jika anda sudah meng-install browser Google Chrome, maka secara otomatis anda dapat membuka file PDF melalui browser tersebut melalui laptop atau PC.

Namun kini sudah dikembangkan agar dapat diinstal pada perangkat smartphone anda secara terpisah. Aplikasi rilisan Google ini sangat ringan dan dapat membuka file PDF dengan cepat. Akan tetapi fitur-fitur yang dimiliki tidak selengkap aplikasi semacam Nitro atau Foxit yang memiliki fitur yang lebih lengkap.

Penutup

Demikianlah 4 Rekomendasi aplikasi pdf gratis yang bisa anda coba sebagai pengganti aplikasi Adobe Acrobat Reader. Semoga ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.