Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

2 Metode Cara Cek Indah Logistik Cargo dengan Mudah

2 min read

Cara Cek Indah Logistik Cargo

Mengirim barang dengan jumlah banyak maupun jarak jauh hingga di luar pulau sekalipun bisa membuat orang-orang harus menggunakan layanan ekspedisi. Menariknya, jasa ini hadir dalam biaya cukup terjangkau tanpa mahal sama sekali. Hal ini mengharuskan mereka melakukan cek indah logistik cargo.

Baca juga : cara mengubah ukuran pdf secara otomatis

Selama proses pengiriman, Anda akan memerlukan cara untuk tracking barang yang sedang dalam perjalanan. Hal ini bertujuan agar bisa mengetahui sudah sampai mana dari alamat tujuan. Pelacakannya pun dapat dilakukan dengan mudah baik menggunakan website maupun pihak ketiga.

Cara Cek Indah Logistik Cargo

Dengan mengecek resi Indah Logistik Cargo, Anda akan mengetahui posisi sementara selama barang berada di perjalanan. Belum lagi jika sebagai pengirim atau penerima merasa jika paket tidak kunjung sampai dan khawatir akan hal tersebut. Kondisi seperti ini mengharuskan melakukan tracking.

1. Cek Indah Logistik Cargo Website Resmi

Pertama, Anda bisa memanfaatkan keberadaan website resmi untuk mengecek resi dari barang yang sedang dikirimkan. Cara ini lebih direkomendasikan karena terpercaya dan terjamin keamanannya. Berikut tutorialnya:

  • Masuk ke browser PC atau HP
  • Klik link laman indahonline.com/layanan/cek_resi
  • Masukkan nomor resi paket Anda pada kolom nomor pertama
  • Lalu masukkan kode keamanan pada kolom nomor dua
  • Klik tombol Cek dan tunggu beberapa saat
  • Selesai

2. Cek Indah Logistik Cargo Lewat Web Pihak Ketiga

Ada banyak sekali web pihak ketiga yang dapat diakses untuk mengecek keberadaan sementara dari pengiriman suatu barang. Anda hanya perlu masuk ke browser dan memasukkan kata kunci “Cek Resi” dan nantinya akan muncul berbagai opsi situs pengecekan nomor resi. Berikut caranya:

  • Masuk ke browser PC atau HP
  • Klik link laman cekpengiriman.com
  • Isikan Nomor Resi Indah Cargo pada kolom resi
  • Pilih ekspedisi Indah Logistik Cargo INDAH pada kolom ekspedisi
  • Klik menu Cek Paket
  • Selesai

Status Pengiriman Logistik Indah Cargo

Jadi ada beberapa status pengiriman yang mungkin dirasa cukup asing bagi sebagian orang. Terutama jika mereka belum pernah mengirimkan paket dan harus mengecek nomor resi untuk tracking selama proses perjalanan. Tentunya ketidaktahuan ini membuat mereka menjadi kurang memahaminya.

Baca juga : fungsi dan tugas teknisi jaringan komputer

Beberapa diantaranya adalah consignee (penerima barang), date of shipment (tanggal pengiriman barang), destination (kota tujuan penerima), delivered (barang sudah sampai di alamat penerima), on process (barang sedang dalam proses), origin (kota asal pengirim) dan services (tipe layanan Indah).

Ada beberapa istilah lain yang mungkin dirasa cukup asing bagi pengirim atau penerima barang. Status pengiriman ini adalah processed at sorting center (barang sedang dalam proses tempat sorting), shipper (pengirim barang) dan with delivery courier (barang sedang diantar kurir).

Penyebab Nomor Resi Indah Cargo Gagal Dicek

Ada beberapa kondisi yang membuat Anda mengalami kegagalan dalam pengecekan. Hal ini biasanya kurang disadari sehingga memunculkan rasa kekhawatiran jika barang tersebut hilang atau bahkan terkena penipuan oleh pihak ekspedisi.

1. Nomor Resi yang Dimasukkan Salah

Penyebab ini memang paling banyak dialami namun juga dianggap fatal bagi kebanyakan orang. Kegagalan akibat kesalahan nomor resi akan membuat hasil pengecekan menjadi invalid. Hal ini biasanya dikarenakan dalam bukti pengiriman emang muncul berbagai jenis nomor identifikasi.

Dalam beberapa nomor resi, memang sudah jelas bagi pengirim maupun penerima yang sering melakukannya. Lain halnya bagi mereka jika belum pernah tracking barang sehingga menimbulkan adanya kegagalan atau invalid. Perlu Anda perhatikan letaknya agar tidak salah dan gagal lagi.

2. Salah Input Digit Nomor Resi

Sama halnya dengan poin sebelumnya, kurangnya satu digit saja membuat pengecekan juga menimbulkan adanya kegagalan. Jadi selalu pastikan jika Anda sudah memasukkannya dalam jumlah benar dan tidak kurang atau lebih. Alangkah lebih baik apabila copy paste agar tidak keliru lagi.

Baca juga : cara mengatasi laptop blank tapi hidup

Pastikan juga nomor yang dipilih saat copy paste sudah sesuai dan tidak kelebihan atau kekurangan jumlah digitnya. Sebaliknya jika bukti pengiriman memang berupa gambar maupun foto, maka dapat ditulis secara manual terlebih dahulu sebelum dilakukan tracking.

3. Alat Pengecekan Web Pihak Ketiga Mengalami Error

Sudah disinggung sebelumnya jika lebih baik menggunakan website resmi milik Indah Cargo sendiri karena merasa terjamin keamanannya. Pasalnya ada beberapa web pihak ketiga seringkali mengalami error dan menyebabkan hasil tracking menjadi invalid dan membingungkan para penggunanya.

Jenis gangguannya pun beragam mulai dari pelacakan lambat, hasil pencarian tidak ditemukan hingga aplikasi sedang bermasalah. Solusinya Anda lebih baik menggunakan website resmi daripada memakai web pihak ketiga namun sering mengalami kendala dan terasa membingungkan.

Penutup

Demikian ulasan mengenai cek indah logistik cargo yang bisa Anda pahami sebelum mengeceknya. Pastikan jika input nomor resi sudah benar karena hal ini paling sering menyebabkan kekeliruan. Lebih baik untuk menggunakan website resmi di alamat indahonline.com daripada web pihak ketiga. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.