Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

3 Metode Cara Berhenti Berlangganan Indihome Terbaru

2 min read

Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Saat ingin berpindah rumah atau meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, biasanya seseorang akan menghentikan langganan internetnya. Untuk pengguna Indihome, ada beberapa cara berhenti berlangganan Indihome yang bisa dilakukan, yaitu melalui Plasa Telkom, Call Center dan media sosial.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan jaringan terdistribusi

Tidak selamanya wifi yang terpasang di rumah kita akan terus digunakan. Jika kita ingin berpindah rumah atau meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, tentu akan lebih hemat jika kita menghentikan saja langganan internetnya. Seperti halnya pada layanan internet Indihome.

Pihak IndiHome sendiri menyediakan beberapa prosedur atau cara berhenti berlangganan IndiHome. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menghentikan layanan Indihome di rumah, maka beberapa cara tersebut bisa dilakukan. Setelah layanan internet dihentikan, tentu Anda tidak perlu lagi membayar biaya bulanan.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Jika Anda memutuskan untuk berhenti berlangganan layanan IndiHome, maka Anda tidak akan lagi bisa menggunakan internet di masa mendatang. Ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berhenti berlangganan. Untuk cara berhentinya sendiri bisa melalui beberapa cara berikut ini:

1. Melalui Admin Media Sosial

Ada 2 akun media sosial dari IndiHome yang bisa Anda jadikan tempat pengajuan berhenti berlangganan, yaitu Facebook dan juga Twitter. Hal yang perlu dilakukan adalah menghubungi admin media sosial secara personal (Direct Messages), lalu mengikuti prosedur yang diberikan.

Cara ini lebih simpel karena kita tidak perlu datang ke gerai IndiHome atau melakukan panggilan. Meski begitu, Anda harus bersabar dalam menunggu tanggapan dari admin IndiHome di media sosial karena ada banyak pengguna lain yang juga menghubunginya. Berikut langkah-langkah melakukannya:

  • Silakan buka akun Twitter Anda.
  • Setelah itu, cari akun @IndiHomeCare di kolom pencarian.
  • Jika sudah ketemu, klik profilnya.
  • Di bagian atas, klik ikon bertanda Surat (Direct Messages).
  • Nantinya, Anda akan diarahkan ke halaman percakapan dengan akun @IndiHomeCare. Silakan tuliskan keinginan Anda untuk berhenti layanan IndiHome.
  • Setelah itu, admin/CS akan meminta Anda untuk menginformasikan beberapa hal seperti nomor internet, nomor identitas, nomor ponsel, nomor KK, foto KTP/SIM, hingga alasan untuk berhenti berlangganan.

Selanjutnya, pihak IndiHome akan menindaklanjuti permintaan Anda untuk berhenti berlangganan internet di provider internet milik Telkom ini. Silakan tunggu hingga beberapa saat dan pastikan HP Anda siap untuk dihubungi selama proses berlangsung.

2. Melalui Call Center IndiHome 147

Cara berhenti berlangganan IndiHome selanjutnya bisa juga dilakukan melalui layanan Call Center dengan nomor 147. Nantinya, Anda bisa menggunakan telepon rumah atau HP untuk menghubungi nomor 147 beserta kode area tempat Anda tinggal.

Baca juga : fungsi dan jenis-jenis mikrotik masa kini

Setelah itu, pihak IndiHome akan menanyakan beberapa hal terkait data pelanggan. Jika sudah proses penghentian langganan akan segera diproses dan Anda hanya perlu menunggu sampai proses tersebut selesai. Agar lebih jelas, Anda juga bisa mengikuti petunjuk berikut:

  • Pertama, silakan lakukan panggilan menggunakan HP atau telepon rumah.
  • Lakukan panggilan ke nomor 147 dengan terlebih dahulu mengetikkan kode area kota Anda. Misalkan Anda di Jakarta maka lakukan panggilan ke nomor 021 147.
  • Tunggu beberapa saat sampai panggilan diterima.
  • Jika sudah terhubung, maka Anda akan ditanyakan beberapa informasi tentang data pelanggan.
  • Selanjutnya, ikuti semua instruksi yang diminta oleh pihak IndiHome sampai akhir.

Perlu diingat, jika Anda melakukan panggilan di atas menggunakan ponsel, pastikan ponsel yang digunakan sudah terisi pulsa yang mencukupi. Tarif telepon yang dikenakan sekitar Rp 1.000/menit.

3. Mengunjungi Plasa Telkom

Cara berhenti berlangganan IndiHome ketiga adalah dengan mendatangi Plasa Telkom terdekat yang ada di kota Anda. Jika Anda memiliki banyak pertanyaan terkait proses berhenti berlangganan IndiHome, maka opsi ini bisa Anda pilih.

Agar proses pengajuan berhenti berlangganan bisa berjalan lancar, pastikan Anda membawa beberapa perlengkapan yang diperlukan dalam proses pengajuan tersebut, yang meliputi:

  • KTP/SIM atau ID pengenal yang digunakan untuk berlangganan IndiHome.
  • Membawa surat kuasa beserta materai jika Anda bukan pemilik (hanya perwakilan) dari perangkat modem IndiHome yang akan dihentikan.
  • Semua tunggakan (apabila memiliki) harus sudah dilunasi.
  • Perangkat modem yang terpasang di rumah harus dikembalikan.
  • Mengisi formulir berhenti berlangganan IndiHome.

Selanjutnya, pihak Indihome akan segera memproses pengajuan pemberhentian langganan IndiHome tersebut.

Hal Penting Terkait Proses Berhenti Berlangganan IndiHome

Sebelum memutuskan untuk berhenti berlangganan, Anda sebaiknya mengetahui beberapa hal penting berikut ini:

1. Denda

Anda akan dikenakan denda Rp 1.000.000 jika berhenti berlangganan sebelum masa kontrak 12 bulan pertama habis.

2. Pelunasan Tagihan

Tagihan yang harus dibayar dihitung sampai biaya bulan berjalan. Misal, Anda berhenti langganan pada tanggal 18 Maret, maka Anda harus melunasi tagihan pada bulan Februari terlebih dahulu. Setelah itu, bawa struk pembayaran bulan terakhir (tagihan biasanya akan muncul di tanggal 5 setiap bulannya).

Baca juga : kelebihan dan kekurangan indihome bagi pengguna

Setelah melunasi tagihan bulan sebelumnya, Anda juga harus melunasi tagihan bulan berjalan, yaitu dari tanggal 1 sampai 18 Maret (hari di mana Ada mengajukan pemberhentian langganan). Besarnya tagihan akan diberikan oleh pihak IndiHome.

Penutup

Itulah cara berhenti langganan IndiHome yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memilih cara mana saja sesuai dengan keinginan yang dirasa lebih mudah. Perhatikan juga beberapa ketentuan di atas agar tidak perlu membayar denda yang terlalu besar.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.