Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

9 Penyebab dan Tips Mengatasi Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka

2 min read

Tips Mengatasi Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka

Bagi pengguna kartu Indosat, aplikasi MyIM3 merupakan aplikasi yang cukup penting untuk melakukan beberapa hal terkait status kartu SIM yang kita gunakan. Jika aplikasi IM3 tidak bisa dibuka, tentu kegiatan seperti cek status internet, membeli kuota internet, serta beberapa hal lain tidak bisa dilakukan.

Baca juga : solusi dan penyebab laptop lemot windows 10

Selain bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian pulsa maupun internet, aplikasi IM3 juga bisa digunakan untuk klaim bonus, menukar poin, atau melihat promo terbaru dari pihak Indosat. Lantas, bagaimana jika aplikasi IM3 tidak bisa dibuka padahal kita sedang membutuhkannya?

Untuk mengatasinya, tentu kita harus tahu lebih dulu apa saja yang menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa dibuka. Setelah itu, baru kita bisa melakukan beberapa hal sehingga aplikasi IM3 bisa dibuka dan digunakan kembali seperti semula.

Penyebab Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka

Biasanya, aplikasi tidak bisa dibuka karena beberapa hal seperti terjadinya bug, tidak ada jaringan internet, atau keadaan-keadaan lain yang dapat mengganggu aplikasi untuk berjalan.

Berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab yang membuat aplikasi IM3 tidak bisa dibuka di perangkat smartphone Anda, di antaranya yaitu:

1. Terjadi Bug

Bug atau kesalahan kecil pada aplikasi sangat sering terjadi termasuk pada aplikasi MyIM3 ini. Namun, hal itu biasanya hanya sementara saja. Setelah beberapa kali percobaan mungkin saja bug itu akan hilang. Oleh karena itu, jangan buru-buru menguninstalnya.

2. Cache Aplikasi Terlalu Penuh

Semakin sering aplikasi di smartphone yang digunakan, maka aplikasi tersebut akan menghasilkan file cache yang semakin banyak.

Baca juga : rekomendasi aplikasi baca novel online gratis

Lambat laun file cache tersebut akan menumpuk dan membuat memori HP jadi penuh. Tidak jarang hal itu membuat aplikasi-aplikasi di dalamnya tidak bisa dibuka.

3. Tidak Ada Koneksi Internet

MyIM3 adalah aplikasi yang membutuhkan internet untuk bisa membukanya. Jika HP yang Anda gunakan tidak terhubung ke internet, otomatis aplikasi IM3 tidak bisa dibuka dan biasanya hanya berputar-putar di halaman loading saja.

4. Aplikasi Belum Diupdate

Jika kita masih menggunakan aplikasi versi lama sementara ada konten yang harus diakses menggunakan versi terbaru, tentu saja aplikasi di HP tidak bisa dibuka. Hal itu karena aplikasi yang kita gunakan saat ini belum mendukung untuk memuat konten baru tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka

Dari beberapa penyebab yang sudah disebutkan di atas, kini kita bisa tahu hal-hal apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka tersebut. Adapun beberapa cara untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Sambungkan HP ke Internet

Hal pertama yang harus dipastikan adalah HP sudah dalam keadaan terhubung ke internet. Seperti yang kita tahu, aplikasi MyIM3 harus login terlebih dahulu saat akan digunakan sehingga ponsel harus benar-benar dalam keadaan tersambung ke internet.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan telegram

Silakan cek apakah kuota di HP Anda masih ada atau tidak. Jika sudah habis, maka Anda bisa menggunakan jaringan wifi atau thetering dari ponsel lain untuk sekedar membuka aplikasi MyIM3. Jika menggunakan koneksi wifi, pastikan juga bahwa wifi tersebut berfungsi secara normal.

2. Clear Data & Cache

Melakukan clear data dan cache pada aplikasi MyIM3 untuk mengurangi file cache yang menumpuk atau bisa juga dilakukan untuk mengembalikan pengaturan aplikasi seperti semula jika ternyata terjadi bug. Untuk menghapus data dan juga cache bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka halaman Setelan/Pengaturan di perangkat Android Anda.
  • Setelah itu, buka kategori Aplikasi.
  • Pilih opsi Kelola Aplikasi/Aplikasi terinstal.
  • Jika sudah, pilih aplikasi MyIM3.
  • Di halaman selanjutnya, pilih opsi Hapus Data.
  • Jika hanya ingin menghapus file cache, silakan pilih Hapus Cache.
  • Jika ingin menghapus semua data, maka pilih Hapus Data.

3. Lakukan Update Aplikasi di Playstore

Pastikan aplikasi MyIM3 di HP Anda sudah menggunakan versi yang terbaru. Jika tidak pernah diupdate, bisa saja aplikasi yang kita gunakan sudah tidak kompatibel dengan fitur-fitur yang coba dihadirkan oleh pihak Indosat. Untuk itu, silakan update aplikasi dengan cara berikut:

  • Silakan jalankan aplikasi Google Play Store, lalu carilah aplikasi MyIM3.
  • Jika sudah ketemu, langsung saja klik tombol Update.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.

Jika permasalahannya karena aplikasi yang belum diupdate, seharusnya setelah update aplikasi IM3 sudah bisa dibuka dengan normal.

4. Install Ulang Aplikasi IM3

Jika beberapa cara di atas sudah dicoba tetapi aplikasi IM3 masih saja tidak bisa dibuka, maka cobalah untuk menginstal ulang aplikasinya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, tekan dan tahan ikon MyIM3 di homescreen, kemudian pilih Uninstall.

Baca juga : cara membedakan headset kiri dan kanan

Selanjutnya, Anda tinggal mengunjungi aplikasi Google Play Store dan menginstal kembali aplikasi MyIm3 dari sana. Jika cara mengatasi im3 tidak bisa dibuka ini berhasil, seharusnya aplikasi sudah bisa dibuka setelah berhasil diinstal kembali di dalam HP.

5. Mengakses Aplikasi Via Web

Aplikasi MyIm3 bisa diakses melalui website. Hal ini bisa Anda lakukan jika memang beberapa cara di atas tidak ada satupun yang berhasil.

Untuk mengakses aplikasi IM3 via website secara online, Anda bisa mengunjungi link berikut ini https://myim3app.indosatooredoo.com/. Semoga berhasil.

Penutup

Itulah beberapa penyebab aplikasi IM3 tidak bisa dibuka beserta cara untuk mengatasinya. Silakan ikuti petunjuk di atas jika Anda mengalami masalah yang sama agar aplikasi tersebut bisa digunakan kembali.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.