Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

4 min read

Modal merupakan satu hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membuat usaha. Banyak-sedikitnya kompetitor pun wajib diketahui ketika baru akan mendirikannya. Pemilihan usaha modal kecil yang belum banyak pesaing jadi solusi bagi siapapun yang ingin bisnisnya bisa berkembang dalam waktu relatif cepat.

Kedua hal di atas yakni modal dan kompetitor adalah hal yang sangat berpengaruh dalam berkembangnya suatu usaha. Biasanya semakin besar modal yang dimiliki, peluang untuk memilih berbagai jenis bisnis dan pengembangannya akan jauh lebih mudah.

Baca juga : Jenis Media untuk Mempromosikan Iklan

Begitu juga dengan kompetitor. Riset mengenai kompetitor secara komprehensif akan membantumu lebih baik dalam menetapkan strategi bisnis yang akan digunakan. Maka dari itu, pertimbangan sebelum memulai suatu bisnis adalah hal yang wajib dilakukan oleh siapapun.

Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Masuk ke dalam dunia bisnis tanpa pertimbangan, mungkin memang manis di awal. Namun, di akhir akan ada sejumlah masalah tertentu yang hanya bisa dihadapi dengan perencanaan matang saat awal membuka bisnis. Termasuk pemilihan usaha atau bisnis yang akan dijalankan.

Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Nah, bagi kamu yang ingin tahu apa saja contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing serta memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan, kamu bisa menjadikan informasi dalam artikel ini sebagai referensi. Tinggal nanti pertimbangkan saja bisnis atau usaha apa yang cocok untukmu:

1. Bisnis Makanan Ringan

Camilan atau makanan ringan berupa snack maupun kue sepertinya punya prospek yang cukup cerah. Pasalnya, hampir semua orang suka bersantai atau bahkan bekerja sembari menikmati makanan ringan untuk menemaninya. Bahkan hampir semua orang pun selalu menyediakan camilan sederhana di rumah masing-masing.

Dari segi modal, usaha atau bisnis makanan ringan ini juga kecil. Kamu bisa memulainya dari rumah terlebih dahulu. Modal yang dibutuhkan hanya berasal dari kebutuhan bahan-bahan pembuat makanan, showcase sederhana, dan tempat makanan ringan diletakkan.

Kamu bisa mencontoh toko-toko makanan ringan kiloan yang bisa dilihat di cukup banyak tempat. Pada awal merintis, pastikan dulu kalau jenis makanan ringan yang diolah merupakan makanan favorit banyak orang. Misalnya keripik singkong, makaroni, keripik pisang, keripik tempe, dan lain sejenisnya.

Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing satu ini tentu juga sangat mudah dilakukan. Usaha ini pun gampang laku karena sangat mudah dipasarkan. Kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memasarkannya.

2. Usaha Frozen Food

Contoh usaha kecil-kecilan di rumah selanjutnya adalah usaha frozen food. Era modern ini cukup sukses menghasilkan banyak orang sibuk tapi malas untuk membuat makanan mereka sendiri. Kamu dapat memanfaatkan kemalasan yang mereka miliki sebagai suatu peluang bisnis.

Mereka bisa menjadi target market dari usaha frozen food yang kamu jalankan. Bisnis kuliner satu ini terbilang cukup gampang dikembangkan karena saat ini banyak yang malas memasak dan pilih yang praktis saja.

Kamu bisa menyediakan beberapa jenis makanan seperti daging ayam, nugget, daging sapi, dan lain sejenisnya.

Baca juga : Rekomendasi Ide Usaha Kuliner Modal Kecil

Modal yang dibutuhkan untuk awal membuka usaha frozen food juga terbilang kecil. Kamu hanya butuh modal untuk menyediakan stok frozen food dan tempat penyimpanannya.

Mungkin memang harga penyimpanan cukup tinggi. Tapi bisa kamu bisa mengakalinya dengan membeli tempat penyimpanan bekas.

Tentunya harga penyimpanan bekas akan jauh lebih murah alih-alih memilih tempat penyimpanan yang baru. Masalah pesaing, tenang. Tidak banyak orang yang menyediakannya. Bahkan di toko kelontong sekalipun jarang yang menjual frozen food. Kamu bisa pilih usaha menarik satu ini.

3. Budidaya Jamur Tiram

Ingin tahu usaha modal 1 juta saja tapi hasilnya cukup menjanjikan? Kamu bisa mencoba budidaya jamur tiram. Saat ini, kebutuhan masyarakat atas jamur tiram memang cukup tinggi. Jamur tiram menjadi salah satu jenis makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Tidak hanya dari segi pasar yang cukup besar. Budidaya jamur tiram juga bisa dilakukan dengan modal yang minim. Saat pertama akan memulainya, kamu hanya membutuhkan plastik bekas yang diisi dengan serbuk kayu sebagai tempat berkembangnya jamur tiram.

Kamu juga butuh kayu yang dibuat vertikal sebagai rak penyimpanan jamur tiram. Tempatnya? Bisa pilih rumah atau ruangan kosong yang ada di rumahmu.

Selama tidak terlalu sering terkena cahaya matahari dan tempatnya cukup lembab, maka kamu bisa memilihnya sebagai usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

4. Agen PPOB

Agen PPOB juga bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk kamu pilih. PPOB atau payment point online bank merupakan jasa yang bahkan bisa dimulai di rumah sendiri. Usaha ini juga tergolong usaha mikro. Jadi, modal yang dibutuhkan memang tidak terlalu besar.

Apalagi jika kamu sudah memiliki smartphone. Kamu bisa loh menggunakan smartphone tersebut untuk memulai usaha satu ini. Tugasmu sederhana yakni membantu banyak orang yang ada di daerahmu untuk bayar tagihan, transfer uang, dan transaksi lain sejenisnya.

Sebenarnya, usaha ini cukup cocok dilaksanakan kalau kalau kamu berada di desa. Orang-orang desa biasanya ada yang masih gagap mengenai pembayaran atau transaksi semacam ini.

Rata-rata dari mereka masih terbiasa setor uang atau transfer lewat tempat atau gedung operasional perusahaan terkait.

Maka dari itu, menjadi agen PPOB ini selain bisa membuatmu mendapatkan banyak keuntungan juga sekaligus membantu orang-orang desa melakukan berbagai macam transaksi secara online. Dapet duit, dapet pahala juga. Kurang lengkap gimana tuh?

5. Aneka Kue Tradisional

Kalau poin sebelumnya yakni agen PPOB sebagai jenis usaha modal kecil di desa, sekarang kamu yang ada di kota bisa nih bikin bisnis juga. Tapi, bisnisnya aneka kue tradisional. Biasanya ada tuh orang-orang kota yang rindu dengan masakan-masakan tradisional.

Kerinduan tersebut bisa muncul gara-gara mereka udah lama nggak merasakan bagaimana nikmatnya makan kue tradisional. Tahu sendiri kan kalau di kota itu jarang yang jualan makanan lawas. Kalau di kota-kota besar, adanya hanya makanan modern dan yang mewah-mewah saja.

Baca juga : Cara Mengantisipasi Risiko Usaha

Di tengah kemegahan dan kemewahan, kamu bisa menawarkan kesederhanaan dari aneka kue tradisional.

Ini bisa jadi bisnis yang menarik selain modalnya tidak terlalu besar, pesaingnya sedikit, peminatnya juga cukup banyak. Kamu bisa tuh mulai dengan titip ke beberapa toko kelontong atau toko makanan di daerahmu.

Biasanya kalau dititpkan, kemungkinan lakunya suatu aneka kue tradisional itu sangat besar. Kamu pun bisa buka lapak pribadi di rumah dan bisa juga melayani pemesanan secara online. Bisnis ini cukup menarik untuk dilakukan.

6. Cuci Helm dan Sepatu

Ada satu hal yang seringkali luput dari perkiraan. Banyak orang beranggapan kalau barang yang dicuci hanya baju, celana, mobil, dan sepeda saja. Padahal, helm dan sepatu juga merupakan barang yang dikenakan setiap hari. Dengan kata lain barang-barang tersebut juga butuh dicuci.

Tapi, apakah kamu tahu kalau nggak banyak orang yang tahu cara mencuci helm dan sepatunya sendiri? Tentu saja ini bisa jadi peluang bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Sebelum memulainya tentu kamu wajib belajar cara cuci helm dan sepatu dulu.

Setelah itu ketahui juga apa saja yang dibutuhkan untuk mencuci sepatu. Entah jenis sabun, parfum, metode mencuci, pengeringan, dan lain sebagainya. Ketika semua hal tersebut sudah dipersiapkan, baru kamu bisa memulai bisnis cuci helm dan sepatu tersebut.

Mulai tawarkan kepada teman-teman sekitarmu. Di kota-kota besar, biasanya jasa cuci ini sangat laris karena banyak warganya yang memilih pakai sepatu alih-alih menggunakan sendal seperti orang desa.

7. Jasa Lukis Barang

Mungkin ini jadi bisnis yang juga cukup menarik dijalankan. Kamu bisa menawarkan jasa lukis barang. Bagi para seniman di luaran, bisnis ini bisa jadi ladang penghasilan yang cukup menggiurkan loh. Customer sekarang itu maunya sesuatu yang beda.

Misalnya saja sepatu. Meskipun sudah punya sepatu yang bagus, ada saja yang masih ingin melukisnya dengan gambar yang disesuaikan dengan keinginan.

Tidak hanya sepatu, jaket denim yang mereka gunakan pun tak luput dari kreasi ‘berani beda’ yang mereka inginkan. Kamu bisa mulai bisnis ini kalau bisa melukis.

Penutup

Silakan pilih saja rekomendasi ide usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga : Tips Memilih Jasa Press Release Terpercaya

Kalau punya bakat lain, bisa tuh kembangkan bakatmu hingga jadi ladang penghasilan. Jangan lupa, kamu harus konsisten dan kerja keras agar usaha bisa berkembang. Semoga berhasil.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *