Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Perusahaan Startup

2 min read

Manfaat Laporan Keuangan bagi Perusahaan Startup

Laporan keuangan dalam perusahaan punya peran yang krusial, cukup wajar jika penyusunannya harus dikerjakan secara ketat dan cermat. Lalu, Apa sebenarnya manfaat laporan keuangan untuk perusahaan atau bisnis?

Baca juga : Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Ketika menjalankan bisnis, sudah seharusnya pelaku bisnis memiliki pengetahuan memadai terkait aktivitas usaha yang ada di dalamnya. Tak terkecuali, persoalan yang berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan.

Namun sayangnya, tidak semua pemilik usaha mengetahui cara membuat laporan keuangan yang tepat. Tak jarang, penyusunan laporan ini dikerjakan ala kadarnya tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan kedepannya.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Laporan keuangan merupakan proses pencatatan dari berbagai aktivitas keuangan dalam periode waktu tertentu. Penentuannya tergantung kebijakan perusahaan, apakah rutin setiap bulan atau setahun sekali, bisa juga keduanya.

Laporan keuangan dapat memberikan kemudahan melakukan evaluasi karena semua transaksi bisa diketahui lewat pelaporan ini. Jika terjadi masalah, dapat segera mengatasinya sehingga resiko lebih besar dapat dicegah.

Ketika Anda memutuskan membangun bisnis atau usaha secara mandiri, penting untuk mengetahui manfaat laporan keuangan dalam kegiatan usaha. Ada banyak benefit yang bisa Anda dapatkan. Berikut informasi selengkapnya.

Manfaat Laporan Keuangan

Manfaat penyusunan laporan keuangan bagi perusahaan adalah untuk mengetahui setiap pengeluaran dan pemasukan keuangan secara terperinci. Adapun manfaat laporan keuangan bagi perusahaan startup sebagai berikut:

1. Sebagai Bahan Evaluasi

Manfaat utama menyusun laporan keuangan adalah sebagai bahan evaluasi rutin. Ketika kondisi keuangan memburuk, maka pelaku usaha bisa segera mengambil keputusan tepat dan melakukan perubahan secara efektif.

Dengan melakukan evaluasi, Anda juga bisa membuat rencana berikutnya guna memajukan perusahaan. Itulah manfaat membuat laporan keuangan, terutama bagi pengusaha pemula yang ingin bisnisnya berkembang dan maju.

2. Melihat Jumlah Keuntungan

Melalui laporan keuangan, Anda dapat melihat dan menganalisa jumlah keuntungan perusahaan secara detail dan transparan. Apakah keuntungan yang diperoleh bisa lebih tinggi dari periode sebelumnya atau justru malah merugi?

Baca juga : Cara Mengantisipasi Risiko Usaha

Meski dalam menjalankan bisnis akan ada fase dimana Anda mengalami kerugian. Namun dengan adanya laporan keuangan, Anda bisa mengetahui bagian yang harus diperbaiki dan punya potensi keuntungan yang besar.

3. Informasi Perhitungan Pajak

Manfaat dari laporan keuangan pada perusahaan bisa dijadikan sebagai bukti taat bayar pajak. Pada catatan laporan keuangan, biasanya sudah dilengkapi dengan informasi rincian pajak yang harus dibayarkan perusahaan.

Ketika Anda hendak membayar pajak karyawan, maka pajak yang disetorkan dapat menyesuaikan dengan informasi yang tertera di laporan keuangan. Biasanya rincian perhitungannya pun lengkap sesuai dengan jenis pajaknya.

4. Menilai Perkembangan Bisnis

Manfaat selanjutnya adalah pemilik usaha dapat dengan mudah menilai perkembangan bisnisnya secara menyeluruh. Apakah bisnis mengalami penurunan atau justru mendapat keuntungan yang besar?

Jika bisnis sedang lesu, pelaku usaha bisa mencari strategi baru agar bisnis kembali menggeliat dan menghasilkan keuntungan tinggi. Oleh karena itulah, penting untuk menyusun laporan keuangan secara cermat dan akurat.

5. Penanaman Modal Bisnis

Jika bisnis Anda ingin mendapatkan modal dari investor, syaratnya harus memiliki laporan keuangan yang baik. Fungsi laporan keuangan bagi investor adalah untuk mengukur tingkat risiko penanaman modal di bisnis Anda.

Baca juga : Jenis Media untuk Mempromosikan Iklan

Dengan menyusun laporan keuangan yang tepat, para investor akan lebih mudah memutuskan untuk menanamkan modal ke bisnis Anda. Dengan demikian, Anda dapat merasakan manfaat laporan keuangan bagi perusahaan.

Layanan Jasa Pendirian Bisnis

Bagi Anda yang ingin mendirikan perusahaan dan perizinan usahanya, silahkan bisa menggunakan layanan Easybiz yang sudah dipercaya lebih dari 2000 perusahaan di Indonesia. Prosesnya cepat dan harganya terjangkau.

Perusahaan jasa ini tidak hanya sebatas membantu dalam mendirikan dan perizinan usaha saja. Namun, Anda pun dapat berkonsultasi masalah yang berkaitan dengan bisnis atau usaha, termasuk membuat laporan keuangan.

Jika penasaran dengan layanan jasa Easybiz, Anda dapat mengunjungi website resminya di https://easybiz.id. Silakan Anda pelajari setiap informasi yang ada, setidaknya bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memiliki perusahan sendiri.

Penutup

Setelah mengetahui berbagai manfaat laporan keuangan untuk perusahaan atau pengusaha pemula, Anda wajib menyusunnya secara ketat dan cermat. Semua itu demi kelangsungan bisnis dimasa mendatang.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *