Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Media Promosi Online Terbaik yang Efektif untuk Bisnis

4 min read

Setiap brand pasti ingin produknya terjual memenuhi target, laris manis, dan terus berkembang. Upaya yang dilakukan tidak jauh-jauh berkaitan dengan promosi. Promosi bisa secara langsung, bisa juga menggunakan media promosi online terbaik. Anda harus bisa memilih media mana yang tepat untuk bisnis Anda sendiri.

Keuntungan Promosi Online

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mendorong kemajuan brand sehingga lebih dikenal konsumen. Tujuan dari utama promosi tidak lain untuk mendatangkan penjualan produk. Biasanya promosi berupa kegiatan komunikasi untuk menyebarluaskan informasi produk.

Baca juga : Cara Mengantisipasi Risiko Usaha

Kegiatan promosi bisa dilakukan secara langsung (offline) dan online. Semenjak adanya pandemi Covid-19, promosi online semakin marak di kalangan pebisnis. Mereka dituntut tetap bisa menjual meskipun di tengah situasi ketidakpastian.

Media Promosi Online Terbaik

Seiring berjalannya waktu dan keadaan yang mulai membaik, jenis promosi online ini justru yang paling diandalkan. Masih perlu bukti? Yuk ketahui keuntungan apa yang didapat dari penerapan promosi online!

1. Mudah, Cepat dan Praktis

Promosi online membuat produk Anda lebih mudah dikenal, cepat tersebar, dan teknik pelaksanaan yang praktis.

Hal ini karena hampir seluruh target market sudah memiliki akses internet. Jangkauan internet pun tidak terbatas sehingga informasi produk bisa diperoleh dengan mudah.

Hanya dalam hitungan detik setelah publikasi, informasi produk bisa tersebar luas. Namun, dengan catatan Anda perlu memilih media promosi online terbaik dan tepat sesuai karakteristik produk Anda. Ada media yang memang cepat tanpa optimasi, ada juga yang membutuhkan optimasi secara rutin.

Penerapan promosi di media online juga terbilang praktis, apalagi sekarang telah tersedia tutorial yang mempermudah Anda. Dengan kata lain, meski belajar otodidak, Anda akan bisa mengoperasikan media promosi.

2. Menghemat Biaya

Jika sebelumnya Anda promosi melalui koran atau radio, pasti ada biaya yang dikeluarkan sesuai ketentuan pemilik media. Berbeda halnya saat Anda memilih promosi online. Hampir tidak ada biaya promosi kecuali dukungan kuota internet.

Baca juga : Tips Berjualan di Marketplace Online

Selain itu, biaya administrasi dan biaya transportasi juga bisa dipangkas. Anda tidak lagi membutuhkan surat menyurat untuk memasang iklan promosi.

Tidak juga pergi kesana kemari demi menyerahkan dokumen keperluan promosi. Sebab, media online membuat semuanya lebih praktis dan sangat hemat.

3. Tren dan Jalannya Promosi Mudah Dipantau

Zaman yang semakin cepat berkembang berdampak pada perubahan tren yang cepat pula. Jika ketinggalan tren, iklan promosi Anda bisa jadi sudah tidak relevan.

Karenanya sangat penting untuk terus mengikuti tren yang ada. Nah, melalui media online Anda bisa mengakses informasi tren lebih mudah.

Saat promosi sudah berjalan, para pelaku bisnis juga dapat secara langsung melakukan pengawasan. Seluruh transaksi bisa dipantau kapanpun dan dimanapun dalam waktu 24 jam. Dengan begitu, jika ada penurunan, Anda dan tim bisa segera melakukan evaluasi.

Pada intinya promosi online sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis. Jika Anda kemudian bertanya bagaimana cara memulainya? Setidaknya Anda harus paham langkah awal yaitu memilih media promosi online terbaik.

Media Promosi Online Terbaik

Media promosi adalah media atau kanal yang digunakan untuk memasarkan produk sesuai dengan karakteristik dan target konsumennya.

Produk kosmetik akan menggunakan media promosi yang berbeda dengan produk olahraga. Sebab, target market kedua produk ini juga berbeda.

Sangat penting menentukan media promosi yang tepat. Tujuannya agar promosi yang dilakukan efektif sehingga mampu mencapai target penjualan. Berikut ini 7 media promosi online yang bisa Anda pertimbangkan. Di antaranya yaitu:

1. Marketplace

Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, adalah beberapa pemain utama dari marketplace. Anda bahkan sudah familiar dengan nama-nama platform tersebut.

Marketplace memang ditujukan khusus untuk penjualan produk. Namun, tahukah Anda bahwa kita juga bisa promosi di marketplace?

Baca juga : Strategi Pemasaran E-commerce Masa Kini

Promosi online melalui marketplace dilakukan dengan mengoptimasi toko kita sendiri. Setiap platform marketplace menyediakan menu seller untuk Anda yang ingin memasarkan produk.

Menu ini bisa diisi sejelas mungkin agar informasi produk bisa diterima tanpa membingungkan konsumen.

2. Optimasi Media Sosial Organik

Hampir semua orang memiliki media sosial, bahkan lebih dari satu jenis. Contohnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Line, WhatsApp, dan sebagainya.

Karena pengguna media sosial berbanding lurus dengan pengguna internet yang terus meningkat, bisa dibilang media sosial adalah media promosi online terbaik.

Perkembangannya yang begitu cepat harus bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan usahanya. Promosi melalui media sosial bisa dilakukan secara gratis dan berbayar. Cara gratisnya adalah dengan mengoptimasi secara organik.

Sebagai contoh Instagram menyediakan fitur Insight yang bisa diakses gratis dengan syarat Anda mengubah akun sebagai akun bisnis atau akun profesional.

Dari insight itu, Anda tahu bahwa setiap konten yang dibagikan memiliki dampak terhadap peningkatan performa akun. Misalnya followers meningkat ataupun jangkauan lebih luas.

3. Media Sosial Berbasis Iklan

Mengoptimasi media sosial secara gratis biasanya membutuhkan ketekunan dan waktu yang tidak bisa ditentukan.

Sementara itu, para pelaku bisnis banyak yang ingin mendapatkan hasil cepat saat mereka memiliki uang yang cukup. Karenanya, hadirlah media sosial berbasis iklan.

Yang kita kenal sebagai Instagram Ads, Facebook Ads, dan Tiktok Ads adalah contohnya. Penggunaan “ads” tandanya ada iklan dengan biaya tertentu yang harus dibayarkan.

Anda bisa menargetkan iklan sesuai dengan pasar sasaran. Misalnya Anda ingin iklan diakses oleh pengguna media sosial di daerah Jawa Tengah saja.

Setelah beriklan, ada laporan yang diberikan kepada Anda. Biasana terdapat informasi jumlah klik dan seberapa luas jangkauan yang dicapai. Semua aspek itu akan berpengaruh terhadap budget yang Anda keluarkan.

4. Website dan Blog

Saat mengakses Google untuk mencari informasi, pasti banyak nama website yang muncul. Tahukah Anda bahwa website tersebut juga digunakan sebagai aset untuk promosi online? Lalu dari mana pendapatannya?

Pada umumnya website menjual konten baik berupa teks, gambar, audio, maupun video. Namun, sebagian besar website hanya menawarkan informasi berupa teks yang dilengkapi gambar.

Baca juga : Fungsi Website bagi Bisnis

Nah, dengan konten yang berkualitas, seorang pemilik website bisa mengajukan pemasangan iklan yang disebut AdSense.

Melalui iklan inilah Anda bisa mengiklankan produk dengan website pribadi. Artinya meskipun memposting menggunakan domain resmi, informasinya bisa beragam, bisa berupa informasi biasa, bisa juga berupa iklan produk.

5. Google Ads

Tidak jarang ketika sedang mencari jasa atau produk tertentu, pada bagian atas Google terdapat rekomendasi tokonya. Biasanya ada label “Ads” pada bagian depan alamat URL. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik website tersebut memasang iklan Google (Google Ads).

Memasang iklan Google akan membuat bisnis Anda semakin dikenal. Sebab, Google akan menyematkan nama bisnis pada urutan atas berdasarkan pencarian kata kunci. Namun, Anda juga akan bersaing dengan pemilik bisnis lain yang mengoptimasi kata kunci sejenis.

Google akhirnya melakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah anggaran yang dibayar untuk iklan, kualitas website, dan berapa lama iklan tersebut akan dipasang.

Media promosi online terbaik ini bisa Anda coba, tetapi pastikan Anda sudah mengetahui lebih dalam teknis Google Adsense.

6. Email Marketing

Selama ini kita mengenal email adalah platform atau media yang digunakan untuk bertukar surat secara online. Seiring berkembangnya zaman, email juga dimanfaatkan sebagai media promosi loh! Namanya email marketing yaitu email yang bertujuan khusus untuk keperluan pemasaran.

Ketika menyebarkan informasi produk, Anda tentu ingin mengabarkan ke banyak orang sekaligus. Jika dilakukan secara manual pasti memakan banyak waktu, tenaga, dan terdapat trial error. Karenanya, penggunaan email marketing membutuhkan tools tambahan seperti Mailchimp.

Melalui tools sejenis itu, Anda bisa mengatur email sedemikian rupa dan mengirimkannya ke ratusan orang sekaligus.

Promosi dengan media ini lebih cocok diterapkan pada produk digital ataupun toko online yang memiliki akun media sosial dan marketplace.

7. Endorsement

Media promosi online terbaik yang direkomendasikan adalah endorsement. Endorsement adalah bentuk iklan atau promosi yang memanfaatkan peran tokoh terkenal (influencer) yang memiliki kemampuan influence. Tujuannya untuk mempengaruhi publik sehingga membeli produk yang ditawarkan.

Para influencer sangat berperan penting lantaran para pengikutnya relatif mudah mengikuti sikap dan perilaku para tokoh idolanya tersebut. Menariknya lagi, promosi melalui endorsement lebih terukur.

Baca juga : Cara Meningkatkan SEO untuk Bisnis

Contohnya produk hijab tepat dipromosikan oleh selebgram berhijab dengan followers sekian ratus ribu misalnya.

Oleh karena dampaknya yang sangat besar, Anda harus bisa memilih influencer yang tepat agar promosi berjalan efektif. Media promosi ini memang butuh informasi khusus mengenai Insight dari influencer. Selain itu, Anda harus menghubungi dari jauh-jauh hari untuk mendapat slot promosi.

8. Press Release di Media Nasional

Salah satu media promosi secara online yang bisa Anda lakukan adalah memesan jasa press release. Press Release biasanya akan tayang di berbagai media nasional ternama.

Jika bisnis Anda berhasil diliput oleh media nasional bisa menambah trust untuk calon pembeli Anda. Hal ini tentu saja berdampak positif terhadap peningkatan jumlah penjualan bisnis Anda.

Kesimpulan

Pandai dalam memilih media promosi online terbaik akan membawa bisnis Anda menuju kesuksesan. Memang tidak ada yang menjamin penjualan produk akan terus meningkat, tapi promosi harus terus dioptimalkan agar mencapai target penjualan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *