Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Tips Berjualan di Marketplace Online yang Perlu Dipahami

3 min read

Tips Berjualan di Marketplace Online

Secara umum tips berjualan di marketplace terdiri dari mencari relasi, menentukan produk, lakukan promosi, optimasi dengan teknik SEO Page dan kecepatan respon terhadap pelanggan. Apabila semua itu dilakukan dengan baik kemungkinan besar usaha bisa sukses.

Baca juga : perbedaan e-commerce dan e-business

Ketika memutuskan untuk terjun berbisnis online penting mengetahui tips berjualan di marketplace. Hal itu perlu diketahui karena saat ini banyak orang yang berharap akan mendapatkan keuntungan. Salah satunya dengan bermodalkan upload foto produk saja.

Hal itu tentunya belum cukup untuk menarik banyak pelanggan pelanggan untuk mengunjungi marketplace yang dimiliki. Namun tidak perlu bingung karena di era digital seperti saat ini untuk mencari informasi tersebut sangatlah mudah.

Tips Berjualan di Marketplace Online

Sebenarnya memulai bisnis online tidaklah sulit. Apalagi sekarang banyak marketplace yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk sekaligus tempat untuk menjualnya. Untuk seorang pemula lebih baik membaca tips-tips berikut:

1. Mencari Relasi

Ingin usaha cepat berkembang? Cobalah untuk mencari relasi dibidang yang sedang digeluti. Dengan begitu Anda akan menemukan seseorang yang bisa diajak untuk saling berkonsultasi masalah bisnis. Bahkan bisa dijadikan sebagai mentor.

Untuk menjadikannya sebagai mentor pilihlah orang yang sekiranya lebih berpengalaman dalam bidang usaha memiliki kesamaan.

2. Menentukan Produk yang akan Dijual

Sebelum memulai berjualan pastinya harus tahu terlebih dahulu produk apa yang ingin dipasarkan. Maka dari itu tentukan apakah mau menjual barang buatan sendiri atau sebagai reseller.

Baca juga : strategi meningkatkan penjualan online dengan tepat

Bagi seorang pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis online, lebih baik memilih menjadi reseller terlebih dahulu. Dikarenakan tidak perlu repot- repot untuk memikirkan bagaimana cara membranding produk dan memilih bahan bakunya.

3. Melakukan Kegiatan Marketing

Meskipun sudah bergabung pada marketplace, tetap harus dilakukan promosi produk. Hal tersebut bisa dilakukan melalui media sosial pribadi atau mengiklankan langsung kepada teman maupun kerabat terdekat.

Manfaatkan juga berbagai fitur-fitur menarik yang sudah tersedia di e-commerce. Dengan begitu membuat produk semakin dikenal. Namun, pastikan promosi sudah dihitung dengan cermat agar tidak mengalami kerugian.

4. Optimasi dengan Teknik SEO on Page

Pada dasarnya fitur pencarian di marketplace akan membaca produk berdasarkan metadata judul, deskripsi, dan gambar. Semakin sesuai dengan yang ditulis pada user besar kemungkinannya produk akan muncul di halaman pertama.

Namun menurut algoritma skor toko juga mempengaruhi hasil pencarian di marketplace. Apabila nilainya buruk, performa tidak baik dan banyak pembatalan akan mempersulit untuk muncul di halaman pertama.

5. Respon Cepat Kepada Pelanggan

Tips cara jualan di marketplace selanjutnya yang bisa dicoba adalah kecepatan membalas pesan masuk. Dikarenakan kegiatan ini juga akan berpengaruh pada hasil penjualan produk. Hal ini penting karena banyak calon pelanggan yang sudah siap melakukan pembelian.

Baca juga : cara mendapatkan barang gratis di akulaku

Apabila membalas chat dengan waktu lama akan membuat calon pembeli yang tadinya sudah melihat produk berubah pikiran. Sehingga perlu Anda perhatikan juga ketika menjawab chat dari calon pelanggan harus dilakukan seramah mungkin.

6. Gunakan Foto produk yang Baik dan Jelas

Gambar produk yang jelas dan menarik umumnya bisa membantu mendongkrak penjualan. Oleh karena itu, tampilkan foto produk yang asli dan sejelas mungkin. Jika perlu lakukan pengeditan seperti mengubahnya jadi lebih terang.

Informasi visual ini sangat penting untuk konsumen agar tidak tertipu dengan produk yang sudah dibeli. Pastikan tidak ada pelanggan komplain, karena merasa tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan pada marketplace.

7. Harga Harus Bersaing

Apabila banyak reseller melakukan penjualan dengan barang yang sama maka resiko terjebak pada persaingan perang harga akan tinggi. Hal ini disebabkan karena customer sudah semakin pintar untuk memilih jenis produk dari toko mana yang akan beli.

Seringkali perang harga menyulitkan pebisnis kecil, dimana penjualan lebih didominasi oleh gerai yang sudah mempunyai stok lebih banyak. Agar tidak terjebak pada kondisi ini buatlah toko di marketplace berbeda dengan yang lain seperti memberikan garansi dan gratis ongkir.

8. Gunakan Fitur Iklan yang Ada di Marketplace Online

Umumnya beriklan di marketplace mirip dengan promosi menggunakan media sosial di Facebook, Instagram, dan Tiktok. Bedanya di sini ini harus melakukan testing produk apa yang laku dan pemilihan keyword paling tepat.

Baca juga : cara transfer shopeepay ke dana tanpa verifikasi

Beriklan di marketplace lebih mudah karena orang-orang yang membukanya memiliki tujuan utama ingin berbelanja. Namun tetap harus mempertimbangkan profit margin yang diperoleh setelah dipotong biaya iklan, penawaran, dan pemilihan produk yang akan dipromosikan.

Produk yang Laku Keras di Marketplace

Ingin bergabung berjualan di marketplace tapi belum tau produk apa yang paling laris? Tidak usah bingung pada artikel ini akan dijelaskan barang-barang yang laku keras di toko online tersebut. Berikut rekomendasinya:

1. Smartphone

Banyaknya produk smartphone keluaran terbaru membuat peminatnya berlomba-lomba untuk mendapatkannya agar up to date. Teknologi yang semakin canggih ini membuat perusahaan gadget menawarkan fitur-fitur terbaiknya.

Tidak heran jika kondisi tersebut membuat transaksi penjualan di marketplace tinggi. Dikarenakan banyak orang yang tertarik dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Perlu diketahui perkembangan bisnis ini memiliki peluang besar untuk kedepannya.

2. Makanan dan Minuman

Berjualan makanan dan minuman secara online memiliki potensi yang sangat besar. Apalagi jika dilakukan melalui marketplace. Produk-produk yang bisa dipilih untuk memulai bisnis ini seperti kue kering, aneka keripik, frozen food dan dessert box.

Dengan memanfaatkan marketplace akan memberikan keuntungan kepada konsumen seperti bisa langsung melakukan pembayaran di e-commerce. Agar jualan laku keras maka proses penawarannya dibuat seunik mungkin.

Penutup

Perlu diketahui mengapa Anda harus memulai membuka toko online karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti jangkauan konsumen yang luas dan dapat dijadikan kerja sampingan. Itulah beberapa tips berjualan di marketplace yang bisa langsung diterapkan pada bisnis.

Baca juga : tips cara atasi shopee F01 saat check out

Akhir kata, demikianlah informasi sederhana seputar beberapa tips yang bisa Anda terapkan dengan mudah untuk memulai berjualan di marketplace di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan sebagainya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.