Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

6 Tips Bagi Perusahaan Agar Tetap Produktif Ketika Pandemi

3 min read

Tips Bagi Perusahaan Agar Tetap Produktif Ketika Pandemi

Saat ini pandemi corona telah menghantui berbagai negara di belahan dunia, covid sendiri bermula pada tahun 2019 dan diprediksi akan terus menyebar hingga akhir tahun 2022. Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas seputar tips bagi perusahaan agar tetap produktif ketika pandemi.

Baca juga : pengertian saham menurut para ahli

Perlu Anda ketahui, banyak perusahaan saat ini mulai menerapkan kebijakan untuk mengurangi penyebaran covid-19, salah satunya yaitu work from home atau bekerja di rumah secara online.

Akan tetapi, cara bekerja secara daring ini tidak dapat diterapkan di semua jenis perusahaan atau bisnis. Seperti contoh pegawai bank atau konstruksi bangunan, mereka perlu berada di lapangan agar perputaran uang terus berjalan.

Tips Bagi Perusahaan Agar Tetap Produktif Ketika Pandemi

Berikut beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan apabila Anda merupakan seorang HRD atau pelaku bisnis, diantaranya yaitu:

1. Mengatur Jarak Tertentu antar Karyawan dan Pelanggan saat Bekerja

Bagi seorang pemilik bisnis yang bergerak di bidang makanan atau supermarket, maka solusi yang tepat yaitu mengatur jarak antar pelanggan dan karyawan ketika bekerja. Seperti membuat peraturan yang mewajibkan menjaga jarak sejauh 1.5 hingga 2 meter.

Hal ini perlu dijalankan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona yang harus ditaati oleh semua karyawan dan pelanggan.

Apabila bisnis atau perusahaan yang Anda kelola mewajibkan seorang karyawan untuk datang ke lokasi dan bekerja di kantor. Maka, solusinya yaitu mengatur jaga jarak tempat bekerja para karyawan. Seperti mengosongkan beberapa area dan mengatur shift karyawan agar memberi ruang lebih ketika bekerja.

2. Menyiapkan Akses Mudah untuk Cuci Tangan

Selain wajib menggunakan masker, mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir termasuk salah satu cara yang terbukti cukup efektif untuk mencegah penyebaran corona.

Sehingga, Anda perlu membuat ruang dan mendesain tempat untuk cuci tangan yang dapat digunakan dengan mudah oleh semua orang, baik itu karyawan, tamu ataupun pelanggan. Kemudian, beri pengingat berupa tulisan dan sediakan tangki air bersih beserta sabun untuk mempermudah karyawan dalam mencuci tangan.

Menurut WHO (world health organization) yang merupakan organisasi kesehatan dunia, penggunaan hand sanitizer tidak se-efektif sabun, tapi dapat menjadi pilihan terbaik ketika tidak terdapat air yang mengalir. Pakai alkohol dengan kadar minimal 70% dan taruh di lokasi atau ruangan yang cukup sulit dalam mengakses air bersih.

3. Memulangkan Karyawan jika Kurang Sehat atau Mengalami Demam Tinggi

Tips bagi perusahaan agar tetap produktif di masa pandemi yang selanjutnya yaitu tidak memaksa karyawan masuk apabila dirasa kurang sehat dan mengalami demam dengan suhu tinggi.

Termometer bisa Anda manfaatkan dalam mengecek suhu semua karyawan sebelum memasuki kantor agar mengetahui suhu tubuh dengan pasti. Anda wajib memulangkan mereka, ketika salah satu karyawan tersebut mempunyai gejala korona atau demam dengan suhu badan yang tinggi.

4. Melakukan Isolasi Mandiri Terhadap Karyawan yang Selesai Dinas

Melakukan perjalanan ke berbagai tempat atau kota lain termasuk hal yang wajar bagi pegawai negeri atau swasta. Akan tetapi, di tengah pandemi kunjungan dinas dapat dianggap tabu karena bisa membuat penyebaran virus corona semakin cepat.

Baca juga : jenis-jenis rekening bca masa kini

Apabila pegawai Anda baru selesai dinas dari luar kota, maka isolasi mandiri adalah solusi yang tepat. Anda perlu merumahkan mereka dengan jangka waktu minim 14 hari agar menekan penyebaran virus korona.

5. Menghindari Jabat Tangan dan Menerima Banyak Tamu

Seperti yang kita tau, varian COVID-19 bisa dengan cepat menular melalui jabat tangan dan bersalaman. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari berjabat tangan dengan karyawan lain di perusahaan tempat Anda bekerja. Walaupun sulit, cara ini harus Anda mulai dari sekarang.

Anda bisa mengganti cara sapaan dengan melambaikan tangan atau sedikit membungkuk ketika menemui rekan kerja. Tentu, Anda tidak boleh melakukan pertemuan secara langsung dengan para tamu, manfaatkan aplikasi video semacam ZOOM, Google Meet, TeamLink, JioMeet dan sebagainya.

6. Menerapkan Work From Home secara Bergantian (Shift)

Dalam hal ini, berbagai pekerjaan cukup sulit bila diterapkan di perusahaan yang belum terbiasa menjalankan metode shift secara bergantian.

Langkah ini, perlu Anda diskusikan secara mendalam dengan para karyawan dan rekan kerja Anda agar tidak kekurangan sumber daya manusia dan terjadi benturan waktu dengan karyawan lainnya.

Informasi Tambahan

Sekedar informasi yang mungkin bisa berguna bagi Anda selaku HR atau pemilik bisnis yang tengah kesulitan dalam mengelola data dan kinerja karyawan di era pandemi corona. Anda bisa menggunakan layanan Professional dari Riliv for Company yaitu Employee Assistance Program.

Riliv for Company ini mempunyai berbagai program untuk meningkatkan kinerja karyawan Anda dalam bentuk kerjasama Employee Assistance Program, diantaranya yaitu:

  • Konten mindfulness, bertujuan untuk meningkatkan fokus dalam bekerja dan keseimbangan dengan metode istirahat efektif.
  • Konseling dengan psikolog professional, hubungi secara langsung dengan psikolog berpengalaman tanpa perlu repot untuk membuat jadwal di jam tertentu.
  • Kelas untuk karyawan, temukan metode maksimal dari kinerja karyawan Anda yang didampingi oleh pakar professional dari dunia psikologi, karir ataupun mindfulness
  • Asesmen psikologis terpercaya, melihat berbagai masalah yang dihadapi oleh karyawan dari sudut pandang berbeda dalam menemukan solusi yang tepat.
  • Meningkatkan produktivitas, meditasi dapat dilakukan dengan efektif dan tidak memakan waktu lama bagi setiap karyawan agar lebih produktif.
  • Harga yang terjangkau, layanan kami memiliki harga yang lebih terjangkau yang terdiri dari beberapa paket khusus.

Kesimpulannya, kesehatan mental para kaywaran Anda harus diperhatikan agar mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Jika Anda ingin bekerjasama dengan kami Riliv Indonesia, Silahkan hubungi 085785875736 – Indra atau 0895609798517 – Taya untuk informasi lebih lanjut.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar beberapa informasi sederhana mengenai tips bagi perusahaan agar tetap produktif ketika pandemi menyerang di Indonesia.

Baca juga : kode promo mola TV terbaru

Apabila ada pertanyaan dan saran terkait hal ini, Anda bisa bertanya pada kolom komentar di bagian bawah artikel ini. Cukup sekian dan seperti biasa, terimakasih, sampai jumpa di artikel keren lainnya.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.