Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Memahami 8 Pengertian Saham Menurut Para Ahli

2 min read

Pengertian saham menurut para ahli

Jika berbicara mengenai ilmu ekonomi, maka saham adalah salah satu instrumen yang paling menarik untuk dipelajari. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu dengan mencari apa saja pengertian saham menurut pada ahli. Setelah itu, mulai juga belajar jenis-jenis saham yang sering digunakan saat ini.

Baca juga : tips cara trading tanpa modal untuk pemula

Saat ini sendiri ada banyak investor yang melirik keberadaan saham. Hal ini tidak lain karena saham dianggap sebagai salah satu instrumen pasar modal yang dapat menjanjikan keuntungan tingkat tinggi. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk terjun ke dunia tersebut?

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Apabila Anda ingin terjun dalam dunia saham, ada baiknya untuk mengetahui apa saja pengertiannya terlebih dahulu menurut para ahli. Dengan begitu, tentu akan lebih memahami mengenai apa itu saham. Berikut di bawah ini beberapa pengertian dari saham yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Sapto Raharjo

Perlu diketahui bahwa setiap ahli tentu memiliki pendapat mereka masing-masing mengenai apa itu saham. Termasuk pengertian saham menurut Sapto Raharjo. Menurutnya, saham merupakan salah satu benda yakni surat yang mempunyai nilai fungsi sebagai instrumen keuangan dibuktikan dengan sertifikat.

Keberadaan saham tersebut juga dapat dijadikan sebagai bukti dimana pemegangnya menanam modal dengan nilai yang tertera pada sertifikat tersebut. Nantinya, pemegang saham mempunyai kewajiban serta hak dalam memiliki saham pada sebuah perusahaan.

2. Sri Hermuningsih

Sri Hermuningsih juga memiliki pendapat tersendiri mengenai apa itu arti saham. Menurut pendapatnya, saham adalah surat berharga yang paling sering diperjualbelikan pada pasar modal. Lantas, apa yang dimaksud dengan pasar modal tersebut?

Menurut Sri Hermuningsih, pasar modal adalah tempat dimana berkumpulnya para investor yang ingin membeli maupun menjual saham mereka. Adapun keberadaan saham tersebut bermanfaat sebagai bukti bahwa sang pemilik sudah menyertakan modalnya pada perusahaan tertentu.

3. Husnan Suad

Menurutnya ahli yang bernama Husnan Suad, saham merupakan sebuah lembaran kertas yang dapat dijadikan sebagai bukti kepemilikan perusahaan. Saham tersebut dimiliki yakni dengan cara ikut menyertakan sejumlah modal dana pada perusahaan yang ada.

Tidak hanya itu saja, Husnan Suad juga menjelaskan apabila nantinya perusahaan mengalami peningkatan pendapatan, maka secara otomatis pemegang saham akan mendapatkan deviden atas saham yang sudah ia miliki tersebut.

4. Darmadji dan Fackhruddin

Beralih ke para ahli yang lainnya yakni Darmadji dan Fackhruddin. Kedua tokoh tersebut mengatakan tentang apa itu pengertian saham. Saham merupakan tanda yang dibuat untuk para pemegangnya dalam kontribusi modal yang ada pada sebuah perusahaan.

Baca juga : rekomendasi ea forex gratis untuk pemula

Adapun keberadaan saham tersebut hanya dapat diterbitkan dalam bentuk lembaran kertas saja. Meski begitu, tentu saja selembar kertas tersebut sangat berharga keberadaannya karena tertera nominal dana serta nama pemilik dari saham itu sendiri.

5. Irham Fahmi

Perlu diketahui bahwa pengertian saham menurut Irham Fahmi adalah salah satu benda yang dapat berfungsi sebagai instrumen pada pasar modal. Dimana keberadaan saham tersebut sangatlah populer serta dimiliki oleh banyak investor.

Ada banyak orang yang ingin berinvestasi di saham karena penawaran dalam proses pembagian devidennya berhasil membuat para investor ingin selalu menanamkan modal mereka untuk melakukan pembelian saham. Umumnya, besar modal yang dikeluarkan pemegang saham akan tertulis pada saham.

6. Kashmir

Seorang ahli yang bernama Kashmir pun juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian saham apabila dilihat secara umum. Yakni saham merupakan sebuah benda penting yang berupa surat berharga. Keberadaan saham tersebut mempunyai nilai harga yang ditanamkan oleh pemiliknya.

Tidak hanya itu saja, Kashmir juga menegaskan bahwa pemilik saham tersebut menyertakan modal dana untuk membantu kontribusi dalam memiliki perusahaan yang merupakan penerbit dari saham itu sendiri. Seperti itulah tokoh tersebut menjelaskan mengenai apa itu saham.

7. Taufik Hidayat

Tokoh ahli lainnya yang juga mengemukakan pendapat mengenai pengertian saham adalah Taufik Hidayat. Ia bahkan langsung memaparkan mengenai definisi saham tersebut langsung pada bukunya. Lantas, apa yang dimaksud dengan saham menurut Taufik Hidayat tersebut?

Saham merupakan surat tertanda dimana seorang pemiliknya sudah melakukan kontribusi dalam menyertakan sejumlah modal dana kepada sebuah perusahaan tertentu. adapun pemegang saham ini nantinya juga akan menjadi pemilik perusahaan tersebut.

8. Rusdin

Terakhir, adalah pengertian saham menurut pendapat yang bernama Rusdin. Ia mengatakan bahwa saham pada dasarnya adalah sebuah surat yang berupa sertifikat resmi. Sertifikat tersebut diterbitkan oleh sebuah perusahaan tertentu.

Baca juga : harga jual akun gojek terbaru di Indonesia

Sebuah perusahaan tersebut mempunyai fungsi serta manfaat atas pemilik saham. Nantinya saham juga dijadikan bukti bahwa pemegang sudah menyertakan modal sehingga termasuk menjadi bagian dari salah satu pemilik perusahaan tersebut.

Penutup

Itulah informasi mengenai pengertian saham menurut pada ahli. Setelah mengetahui berbagai pengertian yang sudah dijelaskan di atas, Anda tentu semakin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu saham. Apabila ingin terjun dalam dunia saham maka ada baiknya untuk mempelajari proses investasinya juga.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.