Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Memahami Perbedaan UI dan UX dalam Design Aplikasi

1 min read

Perbedaan UI dan UX dalam Design Aplikasi

Masih banyak orang yang salah kaprah mengenai kedua istilah tersebut dan juga banyak orang yang menganggap bahwa UI ataupun UX merupakan suatu hal yang sama atau memiliki pengertian yang sama. Lantas apa perbedaan ui dan ux ini? simak lebih lanjut dibawah ini.

UI dan UX sendiri merupakan hal yang berbeda meskipun terdapat satu huruf yang sama. Dua bidang tersebut memiliki keterkaitan dan hubungan dalam satu sama lain dalam implementasinya.

Pengertian UI (User Interface)

UI dapat diartikan sebagai User Interface Design atau yang bisa juga disebut dengan UI Design yang merupakan sebuah proses untuk membuat suatu produk desain komputer yang dapat terlihat dan menarik secara visual.

Tujuan dari UI sendiri ialah membuat interaksi dengan pengguna sesederhana mungkin dan seefisien mungkin, yang artinya membuat produknya dibuat senyaman mungkin untuk pengguna.

Baca juga : tujuan mempelajari teknik komputer dan jaringan (TKJ)

Proses desain diharuskan seimbang antara elemen visual dan teknis untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak hanya bisa dioperasikan tetapi juga dapat disesuaikan atau menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Untuk itu seorang UI desainer diharuskan memiliki prinsip tentang dasar dalam mendesain seperti mengetahui tentang filosofi warna, tahu betul jenis font atau huruf yang cocok, dan juga antarmuka aplikasi yang estetis, modern yang membuat pengguna nyaman.

User Interface Design sendiri sering terlibat dalam berbagai proyek, semua proyek ini melibatkan banyak sekali interaksi manusia yang juga membutuhkan keterampilan dan pengetahuan.

Pengertian UX (User Experience)

UX atau bisa kita sebut User Experience atau User Experience Design (UX Design) merupakan sebuah proses untuk meningkatkan kepuasan para penggunanya seperti kesenangan pengguna, kebutuhan pengguna.

User experience juga berarti pengalaman dari pengguna, bagaimana cara merasakan saat menggunakan sebuah produk yang meliputi aspek-aspek pengalaman, pengaruh, arti dan nilai dari interaksi antara manusia dan komputer.

Baca juga : pengertian dan jenis-jenis arsitektur komputer

Untuk mengetahui apakah suatu produk yang sudah dibuat bisa membuat nyaman pengguna atau malah membuat pengguna tidak nyaman, bisa dicontohkan saat membuat website atau aplikasi apakah terdapat navigasi dalam aplikasi atau website tersebut.

Seperti apa tata letaknya sudah pas, apakah kombinasi warna dari website tersebut membuat nyaman dan juga apakah aplikasi nya dapat dijalankan dengan lancar atau adakah tata letak yang tidak beraturan, yang bertanggung jawab atas itu merupakan User Experience Desainer.

Tugas Seorang UX Desainer meliputi proses pembuatan UI, sehingga orang terkadang bunggung karena UX juga berhubungan dengan UI. Sederhana saja bahwa UI itu berada di lingkup atau area UX sehingga memang keduanya tidak dapat dipisahkan.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan UI Design dan UX Design mempunyai perbedaan dalam skill dan setnya. Lebih sederhananya lagi UX merupakan kegiatan meriset terhadap kebutuhan pengguna, membuat dan mengumpulkan data terhadap penggunanya.

Kemudian akan dibuatkan visualnya atau proyeknya oleh UI Design. Diantara keduanya memiliki istilah yang berbeda tetapi saling berhubungan dan membutuhkan.

Suatu produk haruslah memiliki tampilan visual yang bagus dan tak hanya bagus dan menarik saja tetapi bisa memudahkan penggunanya dan tidak membuat pengguna kesusahan atau pusing saat menjalankan atau memakai produk yang sudah dibuat.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.