Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Perangkat Router: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

1 min read

Perangkat Router

Router merupakan sebuah alat yang bisa diibaratkan sebagai perantara, jadi perangkat router ini berguna untuk menghubungkan satu atau beberapa jaringan internet, baik itu jaringan yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya karena metode yang berbeda, semisal untuk topologi star, ring dan lain-lain.

Pengertian Router

Router ialah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat yang mengirimkan sebuah paket data melalui jaringan internet menuju ke perangkat lain atau proses mengirimkan paket ke perangkat lain.

Baca juga : pengertian dan jenis-jenis server komputer

Routing sendiri merupakan sebuah proses yang terjadi saat mengirimkan paket data dari satu jaringan menuju ke jaringan lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan (Network, Ethernet, Protocol) dari stack protokol 7-Lapis OSI.

Fungsi Router

Router berfungsi untuk menghubungkan antar jaringan, jumlah jaringan yang dapat dihubungkan router dapat melebihi dari satu (tergantung dari slotnya).

Penggunaan router itu sendiri paling sering kita jumpai pada Cafe, Warnet, Kantor, Sekolah dan berbagai tempat usaha yang membutuhkan internet.

Router saat ini memiliki fitur nirkabel (wireless) yang memungkinkan setiap perangkat atau gadget di sekitarnya mampu menangkap sinyal radio dari router dan menerima gelombang yang dipancarkan oleh router. Sehingga perangkat dapat langsung terhubung dengan internet.

Jenis-jenis Router

Adapun terdapat dua jenis perangkat router yang sering diterapkan dalam jaringan komputer masa kini, diantaranya yaitu:

1. Static Route (Router Statis)

Merupakan jenis router yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis. Intinya manual input dan perlu user untuk menginput data secara manual ke router.

2. Dynamic Route

Merupakan jenis router yang mempunyai dan dapat membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya. Router paket yang akan ditempuh melalui routerakan dipilih dan di-update secata otomatis.

Penutup

Itulah tadi Pengertian dari router beserta fungsi dan Jenis-jenisnya, teknologi akan sering berkembang dan maju oleh karena itu kita harus tau apa yang bisa dilakukan oleh teknologi tersebut agar tidak gaptek. Sekian dari artikel apa itu router beserta fungsinya sekian terimakasih.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.