Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

5 Tips Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses dengan Mudah

2 min read

Tips Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses

Cara mengatasi wifi menolak akses – Seperti yang kita tau, koneksi internet menggunakan Wi-Fi memanglah cocok bagi pengguna internet yang ingin streaming film, dan video, karena bisa dibilang koneksinya lancar jaya serta memiliki banyak kuota dan unlimited.

Baca juga : mengenal fungsi firmware pada komputer

Namun setiap hal pasti memiliki kesalahan atau kekurangan, seperti Wi-Fi terkadang saat kita ingin menghubungkan perangkat kita ke WiFi namun akses ditolak terus, padahal sudah memasukkan passwordnya dengan benar.

Jika Anda mengalami hal tersebut tentang WiFi menolak akses, Anda tidak perlu khawatir karena saya akan bagikan 5 tips untuk cara mengatasi WiFi menolak akses, untuk perangkat yang digunakan untuk mengatasi WiFi menolak akses yang hanya diperlukan hanya Smartphone Agan dan juga bisa menggunakan laptop.

Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses

Terdapat berbagai cara untuk mengatasi WiFi menolak akses untuk selengkapnya simak artikel dibawah ini:

1. Mengganti Alamat IP WiFi

Untuk langkah pertama, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi WiFi menolak akses yaitu dengan mengganti Alamat IP (IP Address) Kenapa cara ini bisa dibilang cukup Ampuh? Karena bisa saja Alamat IP Anda telah digunakan oleh perangkat lain atau orang lain. Hal tersebut juga bisa memicu terjadinya WiFi menolak akses.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan topologi ring

Untuk Caranya Cukup Mudah, tinggal kalian masuk ke bagian WiFi>Prefence Wi-Fi>Alamat IP. Kemudian kalian ubah alamat IP nya, Contoh: IP Awal (192.168.1.10) Kalian Ganti (192.168.1.12) kalian menganti sesuai keinginan kalian contoh (192.168.1.xx) hanya saja jangan sampai melebihi angka 256/255.

Jika masih bingung cukup lakukan cara dibawah ini:

  • Kalian Tahan Icon WiFi di menu bar.
  • Setelah itu kalian nyalakan WiFi.
  • Jika sudah nyala kalian klik WiFi yang sudah tersambung dengan perangkat Anda.
  • Kalian Cari Opsi Pengaturan IP, Klik Satu Kali.
  • Terdapat 2 pilihan (DHCP & Static) Pilih opsi Static.
  • Lalu masukkan atau Ganti Alamat IP Agan.
  • Setelah itu Kalian Sambungkan Kembali. Done.

2. Buka Akses Perangkat yang Terblokir di Jaringan WiFi

Jika Anda menggunakan WiFi orang lain, bisa saja sedang diblokir secara permanen, tentu nya bisa saja hal ini dapat terjadi karena alamat IP dan Mac address pada perangkat Anda telah diketahui oleh pemilik WiFi.

Ini disebabkan karena pemilik tersebut bisa mengontrol siapa saja yang memakai jaringan WiFi nya dan jika terdapat Alamat IP atau Perangkat yang mencurigakan tentunya akan diblokir oleh Pemiliki WiFi karena menggunakannya tanpa ijin terlebih dahulu.

Padahal Anda memasukkan password dengan benar. Perangkat yang terhubung dengan WiFi bisa dipantau melalui router dan akan terlihat IP Address pengguna WiFi. Salah satu cara agar bisa menggunakan WiFi adalah meminta atau berbicara pada pemilik agar diberikan akses ke jaringan WiFi.

3. Restart WiFi

Cara yang terakhir untuk mengatasi WiFi menolak akses, langkah ini merupakan cara yang paling mudah dan paling sering digunakan, restart? Yup hanya restart tinggal tekan aja power on off nya.

Baca juga : cara membuat reminder di komputer windows

Cara satu ini merupakan cara termudah Anda bisa merestart nya melalui router WiFi Anda jangan asal restart router orang lain ya!, Setelah Anda matikan routernya, hidupkan lagi routernya dan tunggu hingga proses restart selesai.

Cara ini bisa Anda praktekkan pada WiFi rumah Anda sendiri jangan praktekkan pada router WiFi orang lain atau WiFi kedai/kafe ya! Karena bisa memicu terjadinya kericuhan. Cara ini cukup aman tanpa perlu memanggil petugas.

4. Menggunakan Device Lain

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan Device atau perangkat lain untuk menyambungkan atau disambungkan ke wifi, jika saja perangkat lain yang anda gunakan tidak mengalami masalah seperti menolak akses, berarti MAC address anda telah terblokir, atau terjadi kerusakan komponen WiFi.

5. Restart Phone (Nyalakan Kembali)

Cara terakhir untuk mengatasi WiFi menolak akses adalah dengan cara matikan perangkat lalu nyalakan perangkat itu lagi, hal ini terdengar seperti cara yang sepele, tetapi juga bisa mengatasi WiFi menolak akses pada smartphone atau device tertentu. Jika device sudah nyala coba sambungkan lagi ke WiFi.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi WiFi menolak akses dengan mudah, jika masih belum bisa mengakses WiFi dengan menggunakan cara tadi lebih baik Anda hubungi petugas dan Anda akan diberikan pengarahan langsung.

Mungkin penyebab WiFi menolak akses adalah karena device yang anda gunakan untuk menyambungkan ke WiFi telah ditolak akses nya atau lebih tepatnya diblokir, atau mungkin perangkat atau device anda yang mengalami trouble atau masalah.

Jika terdapat salah kata mohon dimaafkan, dan jika memiliki saran kalian bisa tulis dikolom komentar, Sekian Terimakasih. Semoga bermanfaat.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.