Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring dalam Jaringan

2 min read

Topologi ring

Dalam sebuah jaringan komputer, akan ada dua atau lebih komputer yang saling terhubung. Untuk menghubungkan semua komputer, diperlukan topologi agar koneksi lebih efisien dan efektif, salah satunya menggunakan topologi ring. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan topologi ring dalam jaringan yang perlu anda ketahui.

Baca juga : pengertian dan macam komponen router

Topologi ring sendiri ialah topologi jaringan yang rangkaiannya berbentuk lingkaran. Dalam implementasinya, komputer satu akan terhubung ke komputer dua, dari komputer dua terhubung ke komputer tiga, begitu seterusnya sampai kembali ke komputer satu. Susunan ini membentuk lingkaran, sehingga dinamakan ring.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring

Setiap topologi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini yang membuat teknisi jaringan bisa menentukan pilihan dengan menyesuaikan kondisi di lapangan.

Kelebihan Topologi Ring

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan topologi ring dalam jaringan komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Dapat diaplikasikan dengan mudah

Dalam kondisi tertentu, instalasi jaringan komputer harus diselesaikan dengan waktu yang cepat. Dengan begitu, diperlukan topologi yang dapat dirancang lebih mudah untuk meminimalkan waktu instalasi. Topologi ring dianggap menjadi salah satu topologi yang paling mudah dalam proses implementasinya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, implementasinya dilakukan dengan menghubungkan komputer satu dengan komputer kedua. Lalu komputer dua ke komputer tiga, begitu seterusnya sampai kembali ke komputer pertama.

2. Memiliki biaya pemasangan yang relatif lebih murah

Semakin rumit topologi jaringan, akan semakin banyak kabel yang diperlukan dalam proses instalasinya. Dibandingkan dengan topologi mesh, bus ataupun tree, biaya instalasi topologi ring jauh lebih murah. Ini tidak lepas karena kabel yang diperlukan tidak terlalu banyak.

Anda bisa membandingkan dengan topologi lain dengan jumlah komputer yang sama. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi ring, Anda bisa menentukan pilihan akan menggunakan topologi yang mana.

3. Performa koneksi yang dihasilkan cukup bagus

Sebuah jaringan komputer sebaiknya memiliki koneksi yang bagus antar komputernya. Proses transfer data akan lebih stabil sehingga akan menghemat lebih banyak waktu. Topologi ring memiliki koneksi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis topologi lainnya.

Hal ini tidak lepas dari cara kerja topologi ring yang canggih. Setiap komputer akan menjadi penguat sinyal yang akan membuat koneksinya menjadi lancar.

4. Berbagai error dalam konfigurasi jaringan dapat dilacak dengan mudah

Instalasi jaringan yang sudah dilakukan dengan baik tidak menjamin akan tetap baik-baik saja dalam kurun waktu tertentu. Kesalahan pasti akan terjadi, sehingga teknisi harus segera menemukan masalah untuk segera diatasi. Dengan memilih topologi ring, kesalahan akan lebih mudah untuk ditemukan. Topologi ini juga lebih efektif untuk meminimalkan kesalahan tabrakan data dalam proses pengiriman.

Kekurangan Topologi Ring

Setelah membahas kelebihan topologi ring, kali ini kita berlanjut ke beberapa hal mengenai kekurangan topologi ring dalam jaringan komputer yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Jaringan akan lumpuh total apabila ada kesalahan konfigurasi pada satu perangkat

Topologi ring ini menerapkan instalasi point to point atau komputer satu ke komputer kedua. Hal ini dapat menyebabkan jaringan lumpuh jika salah satu komputer mengalami masalah. Namun masalah itu akan mudah ditemukan sehingga bisa dilakukan perbaikan untuk memulihkan jaringan kembali. Seorang teknisi memang harus siaga untuk menjaga jaringan agar tetap hidup.

2. Proses pengembangan jaringan yang terbilang cukup sulit

Jika ingin mengembangkan jaringan dengan menambah jumlah komputer, jaringan dipastikan akan dilumpuhkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar komputer baru bisa langsung diinstal agar terhubung dengan jaringan dan berdampak kurang bagus jika dilakukan untuk sebuah jaringan komputer yang sedang aktif digunakan.

3. Jumlah komputer yang terhubung mempengaruhi pengiriman data

Meski topologi ring memiliki koneksi yang stabil, namun untuk urusan kecepatan pengiriman data sangat dipengaruhi jumlah komputernya. Semakin banyak komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut, maka durasi pengiriman datanya akan semakin lama. Kelebihan dan kekurangan topologi ring harus diperhatikan dengan baik, agar tidak menyulitkan dalam penggunaannya.

4. Harus ditangani oleh ahli

Untuk melakukan instalasi topologi ring, diperlukan kemampuan yang baik, khususnya dalam hal penyelesaian masalah. Jaringan komputer dengan topologi ini sangat rentan lumpuh, sehingga harus segera ditemukan permasalahannya untuk bisa diselesaikan. Hal ini tentu akan lebih mudah dilakukan oleh orang yang sudah benar-benar ahli.

Kesimpulan

Sebelum menggunakan topologi ini, pengetahuan mengenai konsep topologi ring harus dipahami dengan baik. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi ring sudah barang tentu bisa memutuskan akan menggunakan topologi yang mana. Pemilihan topologi harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan, hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam instalasi dan penyelesaian masalahnya.

Kelebihan dan kekurangan topologi ring ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam proses pemilihannya. Meski memiliki beberapa kekurangan, penggunaan topologi ini terbilang masih banyak. Khususnya di kantor-kantor maupun sekolah.

Penutup

Demikian informasi mengenai keunggulan dan kelemahan topologi ring. saya harap penjelasan diatas bisa menambah wawasan anda mengenai topologi jaringan komputer khususnya ring. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.