Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

6 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

1 min read

Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi

Bagi pengguna PC atau laptop pasti pernah mengalami atau merasakan gangguan pada keyboard perangkat. Entah itu tidak berfungsi, tidak bisa diklik, dan lain sebagainya. Lalu, apa yang menjadi penyebab keyboard tidak berfungsi? Pada tulisan ini akan mengupas hal-hal yang menjadi penyebab keyboard bermasalah.

Baca juga : cara kompres video di laptop tanpa aplikasi

Keyboard yang rusak atau bermasalah sering membuat pengguna menjadi repot. Apalagi saat ini semua aktifitas sering dilakukan dari rumah, seperti belajar mengajar, kerja, rapat, dan lain sebagainya.

Keyboard yang bermasalah akan menghambat semua aktifitas. Untuk itu, pengguna harus pintar-pintar dalam mengatasi hal tersebut. Pengguna juga tidak perlu buru-buru membeli yang baru.

Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi

Ada berbagai penyebab kenapa keyboard pada laptop bermasalah. Tidak melulu karena usia keyboard sudah tua, tetapi ada hal lain.

Penyebab ini kadang tidak diperhatikan oleh pengguna sehingga si pengguna buru-buru membawanya ke tempat servis. Padahal dengan mengetahui penyebabnya, pengguna bisa saja mengatasi masalah itu sendiri. Berikut penyebab keyboard laptop bermasalah:

1. Terkena Tumpahan Air

Tumpahan air yang mengenai keyboard laptop akan menyebabkan konslet. Tidak hanya konslet, tetapi bisa menyebabkan rusaknya keyboard pada laptop.

Oleh karena itu, jangan meletakkan air minum atau benda cair lainnya di dekat laptop. Hal ini untuk menghindari rusaknya keyboard.

2. Terkena Debu dan Kotoran yang Menumpuk

Penyebab kedua keyboard bermasalah adalah menumpuknya debu yang masuk di sela-sela keyboard. Apalagi laptop yang jarang dibersihkan.

Baca juga : cara mengirim press release ke media

Laptop yang setelah digunakan lalu tidak ditutup atau dirapatkan juga bisa menyebabkan debu masuk ke sela-sela keyboad dan komponen yang ada didalamnya.

3. Kerusakan pada Software dan Hardware

Selain kedua penyebab yang sudah disebutkan, ada faktor lain yang cukup berpengaruh terhadap rusaknya keyboard laptop yaitu bermasalahnya software dan hardware.

Gangguan di hardware biasanya karena rusaknya atau longgarnya bantalan di keyboard-nya. Pada software, biasanya tidak selaras dengan keyboard laptop.

Cara Mengatasi Keyboard Bermasalah

Dari berbagai penyebab di atas, masalah tersebut tentunya bisa diatasi. Jangan terburu-buru membawa ke bengkel laptop apalagi mengganti keyboard.

Jika penyebabnya tidak serius, masalah tersebut bisa diatasi sendiri. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah mengatasi keyboard yang bermasalah, diantaranya yaitu:

1. Bersihkan Debu dan Kotoran dari Sela-sela Keyboard

Jika beberapa keyboard laptop tidak bisa dipencet, bisa jadi itu terhambat oleh debu maupun kotoran. Sebaiknya sela-sela keyboard segera dibersihkan agar laptop bisa berfungsi dengan normal.

Cara membersihkannya mudah, cukup ditiup atau dibersihkan dengan kapas. Jika agak membandel, maka bersihkan dengan kain basah.

2. Restart Laptop

Jika keyboard tiba-tiba tidak berfungsi, langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah me-restart laptop. Kemungkinan ada yang bermasalah dengan software-nya.

Baca juga : peran operator produksi bagi perusahaan

Apalagi jika pada fisik keyboard tidak terjadi apa-apa. Cara me-restart laptop cukup mudah. Pertama, klik pada jendela windows dan klik pada “ Restart” tunggu beberapa saat sampai laptop hidup kembali.

3. Lakukan Restore Windows

Jika sudah menggunakan cara-cara di atas dan belum berhasil, cobalah untuk melakukan restore windows. Aktifitas ini berfungsi mengembalikan sistem laptop yang bermasalah ke kondisi awal. Restore windows juga bisa untuk memulihkan keyboard yang bermasalah karena software.

Penutup

Itulah beberapa penyebab keyboard tidak berfungsi dan langkah mengatasinya. Tidak perlu panik ketika mendapati keyboard yang tidak berfungsi karena ada berbagai macam cara untuk mengatasinya.

Sebaiknya, cek secara berkala kondisi laptop beserta keyboardnya. Saat membersihkan atau memperbaiki keyboard, sebaiknya tetap berhati-hati untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.