Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

3 Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional

2 min read

Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional

Cara mengirim press release ke media wajib diketahui terutama bagi para penggiat humas dan jurnalitistik. Mengingat press release merupakan salah satu hal penting di dunia jurnalistik. Oleh sebab itu, cara mengirimkan press release tersebut tidak boleh dilakukan secara asal – asalan dan harus dengan langkah yang tepat.

Baca juga : manfaat backlink media nasional bagi website

Namun, sebelum memasuki inti dari artikel yaitu tahapan – tahapan yang perlu dilakukan dalam mengirimkan press release, kamu wajib terlebih dahulu mengetahui tentang ap aitu press release. Hal ini untuk memantapkan ilmu seputaran press release agar dikirimkan dengan tepat.

Penjelasan Seputar Press Release

Penjelasan seputar press release tersebut akan dideskripsikan secara jelas sebagai berikut agar kamu dapat memahami dengan sempurna apa itu press release, ciri-ciri, hingga cara mengirimkannya. Setiap bahasan sangat disarankan untuk dibaca secara lengkap, dipahami secara jelas, dan juga dipraktekkan secara tepat.

Oleh sebab itu, melalui berbagai penjelasan di bawah ini kamu tentu saja semakin menguasai dunia jurnalistik terutama di bidang press release. Hal ini akan menambahkan poin lebih terhadap karirmu yang bergerak di bidang humas atau jurnalistik.

Pengertian Press Release

Press release adalah sebuah berita berupa tulisan atau rekaman video hingga suara yang ditujukan kepada media dengan makna informatif kepada massa. Press release sering dikaitkan dengan berita-berita yang beredar dari berbagai media.

Ciri-ciri Press Release

Hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah ciri – ciri dari sebuah press release. Berikut ini adalah detail dari ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah press release, diantaranya yaitu:

  1. Merupakan berita yang ditujukan kepada media massa, sehingga penulisannya harus dilakukan dengan baik.
  2. Memiliki unsur – unsur berita yaitu 5w + 1h yaitu:
  3. What = apa berita yang disajikan tersebut
  4. Where = dimana berita tersebut terjadi
  5. Who = siapa saja yang terlibat di dalam berita tersebut
  6. When = kapan berita tersebut terjadi
  7. Why = mengapa berita atau kejadian tersebut dapat terjadi
  8. How = bagaimana alur cerita dari kejadian yang diberitakan tersebut
  9. Semua yang ditujukan kepada massa tidak hanya harus ditulis dengan baik tetapi benar adanya atau sesuai dengan fakta.
  10. Memiliki struktur penulisan yang tepat yaitu judul, subjudul, inti dari berita tersebut yang memiliki unsur berita 5w + 1h sesuai dengan deskripsi di atas.
  11. Memiliki gaya penulisan khusus ke umum, dimana berita yang disajikan disampaikan secara inti pada awalnya disusul dengan berita – berita tambahan atau informasi tambahan, baik dari inti berita itu sendiri maupun dari berita lain yang serupa.

Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional

Cara mengirim press release ke media merupakan inti yang perlu kamu pelajari seputar dunia press release ini. Sebab, cara pengiriman yang salah dari press release akan menyebabkan produk kamu tersebut tidak berhasil dipublish dan tidak terserap oleh media massa.

Baca juga : landasan hukum pers nasional di Indonesia

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips seputar cara mengirim press release tersebut ke media nasional Indonesia yang wajib kamu pahami, diantaranya yaitu:

1. Mencari Agensi Penerbitan Press Release

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengirim press release mu ke media adalah dengan mencari agensi penerbitan press release tersebut. Hal ini tentu saja sangat mudah kamu lakukan mengingat internet telah menjadi wahana riset seputaran agensi penerbit atau penyiar press release tersebut.

Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional

Dalam hal ini, Anda bisa melalui perantara saya yang merupakan agensi dalam penerbitan press release media nasional terpercaya. Untuk detailnya, Anda bisa mengaksesnya di alamat https://masdzikry.com/jasa-press-release-indonesia/.

2. Memahami Syarat-syarat yang Ditetapkan oleh Agensi

Setelah menemukan agensi yang tepat, tentu saja kamu harus memahami dengan jelas apa – apa saja syarat yang diterapkan sebuah agensi agar dapat menerbitkan atau menyiarkan press releasemu.

Pelajari syarat ini dan sesuaikan dengan produk press release milikmu agar presentase tingkat lolosnya press release tersebut menjadi lebih tinggi.

3. Menunggu Proses Seleksi dan Penerbitan

Cara terakhir yang dilakukan untuk mengirim press release ke media dalah dengan menunggu proses penyeleksi dan penyiaran atau penerbitan tersebut. Sebab, hasilnya telah kamu serahkan sepenuhnya kepada pihak agensi.

Baca juga : etika dan hukum pers di Indonesia

Beberapa tips diatas tadi perlu Anda pahami dan sangat disarankan untuk memastikan karyamu telah terkirim dengan baik agar tidak ada pengecualian dalam penerbitannya.

Penutup

Cara mengirim press release ke media di atas dapat kamu pahami dan ikuti agar dapat memantapkan produk jurnalistik milikmu tersebut dapat terserap oleh massa.

Pastikan pula berita yang kamu sampaikan merupakan berita positif yang sesuai kaidah dan persyaratan dari agensi penyiaran atau penerbitan press release tersebut.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.