Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

4 Tips Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Aplikasi

2 min read

Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Kini, video bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti menonton film, dokumendasi dan lainnya. Namun seringkali memerlukan ukuran penyimpanan cukup besar. Hal ini bisa diatasi dengan mengkompresnya secara manual. Lantas bagaimana cara kompres video di laptop tanpa aplikasi?, simak lanjut dibawah ini.

Baca juga : cara membuat reminder di komputer windows

Perlu Anda ketahui, dalam melakukan kompres video sendiri terdapat dua metode yang berbeda. Yaitu secara online tanpa perlu software tambahan dan offline menggunakan program semacam handbrake.

Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Penggunaan situs online menjadi pilihan tepat bagi yang tidak ingin repot install aplikasi. Namun, karena situs atau website bersifat online, maka diperlukan kuota internet untuk aksesnya. Berikut beberapa situs online yang disarankan, diantaranya yaitu:

1. Melalui Situs You Compress

Situs kompres video ini memungkinkan pengguna bisa memperkecil ukuran video, audio, dan gambar. YouCompress bisa diakses secara gratis dan dapat mendukung berbagai format file seperti MP4, MP3, JPG dan GIF.

Hasil kompres file terutama video melalui situs ini tidak tertandai dengan watermark situs. Cara melakukan kompres menggunakan YouCompress seperti berikut:

  • Buka website youcompress.com pada browser.
  • Input file video yang ingin dikecilkan ukurannya.
  • Kemudian pilih Upload File & Convert.
  • Tunggu proses hingga selesai kemudian klik Download.

2. Melalui Situs Video Smaller

Layanan kompres video ini bisa diakses melalui laman www.videosmaller.com secara gratis. Namun yang perlu diingat, situs ini memiliki batas maksimal video sebesar 500 Mb untuk bisa diproses.

Baca juga : cara membuka situs yang diblokir di komputer

Berikut ini beberapa langkah sederhana seputar cara kompres video di laptop tanpa aplikasi tambahan melalui situs online video smaller, yaitu:

  • Buka web browser pada laptop dan kunjungi situs VideoSmaller di http://www.videosmaller.com/.
  • Masukkan video yang ingin di proses dengan menekan menu browse.
  • Centang opsi Use low compression level (best quality) agar hasil output video tetap berkualitas bagus.
  • Kemudian klik Upload Video. Tunggu prosesnya hingga selesai dan file video bisa langsung di download.

3. Melalui Situs Aconvert

Pilihan ketiga untuk melakukan kompres video adalah situs Aconvert. Selain bisa mengkompres video, Aconvert juga bisa support pada file berformat PDF dan dokumen word.

Terdapat banyak pilihan untuk format hasil video, yakni AV, MP4, dan juga MOV. Berikut langkah-langkah melakukan kompres video di situs ini:

  • Kunjungi laman Aconvert dengan mengetik https://www.aconvert.com/video/ pada address bar browser.
  • Input file video yang ingin di proses dengan cara klik pada menu Choose File.
  • Pada bagian Option, rubah menjadi Change size, bitrate or frame rate.
  • Rubah konfigurasi sesuai keinginan. Lalu, mulai proses kompres dengan menekan tombol Convert Now.
  • Tunggu hingga semua proses selesai dan video hasil kompres bisa di unduh.

Cara Kompres Video di Laptop secara Offline

Pilihan kompres video selanjutnya bisa dilakukan dengan cara offline. Biasanya cara ini mewajibkan pengguna melakukan install sebuah aplikasi kompres video. Namun, ada rekomendasi cara lain yang bisa dilakukan offline dan tanpa perlu install (portable).

Menggunakan Aplikasi Handbrake

Salah satu pilihan kompres video secara offline adalah Handbrake. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk software portable yang bisa diunduh di situs resmi https://handbrake.fr/ secara gratis.

Baca juga : pengertian dan manfaat backlink media nasional

Tidak perlu melakukan install aplikasi, pengguna cukup melakukan unzip pada file tersebut untuk dapat digunakan. Langkah-langkah mengkompres videonya sebagai berikut:

  • Klik file dengan nama Handbrake.exe pada folder unzip.
  • Input file atau folder video yang ingin di proses.
  • Atur kualitas output video pada menu Preset.
  • Tentukan lokasi penyimpanan hasil kompres di kolom Save As.
  • Mulai proses dengan menekan tombol Start Encode.

Penutup

Itulah beberapa pilihan cara kompres video di laptop tanpa aplikasi yang bisa dilakukan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi.

Menggunakan situs online memang mudah dan cepat, namun butuh kuota internet untuk aksesnya. Bagi pengguna yang tidak tersambung internet, ada baiknya menggunakan aplikasi software portable seperti Handbrake.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.